Topi Jerami yang dikenakan oleh Luffy merupakan salah satu benda yang paling ikonik dalam dunia One Piece. Topi Jerami tersebut diketahui sudah dimiliki oleh tiga generasi bajak laut berbeda, yang mana masing-masing mereka menggunakan topi jerami tersebut dalam petulangan besar untuk mencapai kesuksesan yang mereka impikan. Ada sejarah panjang yang dimiliki oleh topi jerami tersebut yang mungkin tidak disadari Luffy.

Topi jerami tersebut sudah diwariskan dari raja bajak laut, kemudian salah satu penguasa samudra, dan sekarang berada di tangan anggota Worst Generation paling kuat dan populer. Topi jerami tersebut sudah bersama dengan Luffy sejak dia masih kecil dan sudah menjadi salah satu simbol dari karakternya.

Bahkan, saking ikoniknya, ada banyak orang-orang di luar krunya yang justru memanggilnya bukan dengan nama aslinya, Monkey D. Luffy, melainkan dengan sebutan topi jerami. Topi jerami juga menjadi nama dari kru bajak laut yang dia buat dan juga menjadi salah satu benda yang ada di bendera bajak laut milik kelompok mereka.

Diantara ketiga generasi bajak laut yang pernah memiliki topi jerami tersebut, Gol D. Roger diketahui menjadi sosok pertama yang memiliki topinya. Masih belum diketahui apakah pernah ada orang lainnya yang mengenakan topi tersebut sebelum Roger, atau dia benar-benar menjadi orang pertama yang mengenakan topi jerami tersebut.

Roger pertama kali diperlihatkan mengenakan topi jerami tersebut saat dia bertemu dengan sosok Rayleigh dan keduanya pun memutuskan untuk memulai petualangan legendaris mereka sebagai sebuah kelompok bajak laut. Dalam cerita kilas balik Kozuki Oden, diperlihatkan bagaimana Roger sudah mewariskan topinya kepada Shanks. Saat itu usia Shanks sendiri masih kecil, dan dia pun menjadi bagian dari kru bajak lautnya.

Shanks sendiri terus mengenakan topi jerami tersebut sampai dia menjadi salah satu penguasa samudra alias Yonko. Barulah ketika dia di desa Foosha dan bertemu dengan Luffy, Shanks kemudian memberikan topi tersebut kepada Luffy. Dan Luffy sendiri masih terus memakainya sampai sekarang, dan bahkan dia anggapa sebagai salah satu harta karunnya.

Namun, tidak diketahui seberapa berharga topi jerami tersebut bagi sosok Roger. Meskipun begitu, rasanya masuk akal jika topi jerami tersebut juga memiliki arti yang sangat mendalam dan berharga bagi Roger mengingat dia adalah pemilik pertama topi jerami tersebut. Bagi Shanks, topi jerami tersebut merupakan “warisan” yang diberikan oleh sosok “ayah” sekaligus kaptennya.

Roger sendiri memiliki arti yang sangat besar dalam hidup Shanks, di mana Roger sudah memberikan banyak sekali inspirasi bagi hidup Shanks. Sehingga, wajar jika topi jerami tersebut sangatlah berarti bagi Shanks. Bagaimana kemudian Shanks memberikan topi jerami tersebut kepada Luffy memberikan bukti bahwa dia percaya kepada Luffy.

Shanks membuat Luffy berjanji bahwa dia harus menjadi sosok bajak laut yang hebat dan kuat saat mengembalikan topi jerami tersebut kepadanya. Luffy sendiri saat ini sudah menjadi sosok bajak laut yang hebat, dengan nilai buruannya yang sudah melampaui 1 milliar Belly. Sebenarnya, Shanks memiliki kesempatan untuk bertemu Luffy saat di Marineford. Namun, Shanks memutuskan untuk tidak menemuinya dalam keadaan Luffy tidak sadarkan diri.

Shanks sendiri sudah menjadi sosok panutan bagi Luffy dan juga menjadi sosok yang menginspirasinya untuk menjadi seorang bajak laut. Inilah alasan mengapa topi jerami tersebut menjadi barang yang sangat penting bagi Luffy. Ada beberapa momen-momen penting di sepanjang serinya yang menghadirkan topi jerami yang dikenakan Luffy.

Salah satunya adalah ketika Luffy mendapatkan topi jerami tersebut dari Shanks, yang menjadi simbol mewarisi semangat dari satu generasi ke generasi lainnya. Momen lainnya adalah ketika Luffy menaruh topi jerami tersebut ke kepala Nami, setelah dia meminta tolong kepada Luffy untuk mengalahkan Arlong dalam arc Arlong Park.

Momen tersebut menjadi simbol persahabatan mereka dan menganggap Nami sebagai salah satu anggota dari kelompok Topi Jerami. Yang menarik adalah nama kelompok Topi Jerami baru pertama kali disebutkan pada arc Alabasta. Smoker adalah orang pertama yang menyebut kru Luffy dengan sebutan tersebut, saat memberikan laporan kepada pihak Pemerintah Dunia.

Sejak saat itulah kelompok bajak laut Luffy dikenal dengan sebutan kelompok bajak laut Topi Jerami. Momen lainnya adalah ketika topi jerami tersebut bertemu kembali dengan sang pemilik lama, Shanks, dalam arc Marineford. Topi jerami tersebut jatuh dari kepala Luffy saat dibawa oleh Jinbei, saat Luffy tidak sadarkan diri akibat serangan Sakazuki.

Shanks sendiri menyerahkan topi jerami itu kepada Buggy untuk diserahkan kepada Luffy. Shanks tidak ingin janji yang dia buat bersama Luffy dilanggar, karena situasi tersebut. Kesimpulannya adalah topi jerami merupakan benda yang paling bersejarah dalam cerita One Piece. Hal ini mengingat betapa simbolisnya benda tersebut bagi kehidupan tiga generasi bajak laut. Menarik tentunya apa yang akan dilakukan oleh Luffy selanjutnya. Apakah dia akan memberikannya kepada generasi baru lainnya? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.