Dalam urusan Haki, diantara trio monster kru Topi Jerami mungkin Luffy adalah yang paling mahir dan paling tangguh dari dua lainnya. Luffy selama dua tahun khusus belajar tentang Haki di Rusukaina bersama dengan Rayleigh. Sedangkan Zoro dan Sanji mungkin hanya melatih Haki miliknya sebagai salah satu menu latihan selama time-skip, dan bukan fokus utama.

Luffy bahkan diperlihatkan terus meningkatkan level kemampuan Haki miliknya di sepanjang cerita. Misalnya di arc Wano Country ini Luffy meningkatkan kemampuan Armament Haki miliknya setelah berlatih bersama Hyogoro. Sedangkan di arc sebelumnya Luffy berhasil meningkatkan kemampuan Observation Haki miliknya, setelah dia bertarung melawan Katakuri. Luffy pun pada akhirnya bisa melihat ke masa depan.

Namun, meskipun Luffy mampu melihat ke masa depan, kemampuan Observation Haki miliknya masih tidak lebih peka dibandingkan Sanji. Hal ini diperlihatkan beberapa kali dalam ceritanya. Yang pertama adalah pada chapter 998 kemarin, di mana saat Luffy dan Jinbe menuju lantai empat, Sanji menghilang. Dia ternyata pergi ke lantai tiga.

Yang menarik adalah Jinbei dan Luffy justru tidak merasakan adanya bahaya di lantai tiga. Sedangkan Sanji justru mampu merasakannya dengan jelas. Dan ternyata di lantai 3 terdapat sosok Black maria yang berhasil memancing Sanji untuk datang ke ruangan tersebut. Meskipun sebagian fans beranggapan ini bukan Observation Haki, dan lebih kepada “insting” Sanji terhadap wanita, namun tetap saja menarik.

Contoh yang paling baru adalah di chapter 1034 kemarin, di mana Sanji kembali melanjutkan pertarungannya melawan Queen. Dalam chapternya diperlihatkan bagaimana Queen ternyata mampu menggunakan teknik Germa 66, termasuk Stealth Black milik Sanji. Kemampuan tersebut membuat Queen bisa menghilang atau berkamuflase.

Kemudian dalam chapternya kita melihat bagaimana Queen yang menghilang berusaha menghajar kembali Osome, geisha yang terluka dan mengaku dipukul oleh Sanji. Saat hendak menyerang, Sanji pun berhasil menghentikan Queen. Sanji mampu tahu di mana posisi atau lokasi dari Queen berada. Dia bisa merasakan keberadaan dari Queen. Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya Sanji berhadapan dengan sosok yang menghilang.

Dalam arc Thriller Bark, Sanji harus berhadapan dengan Absalom yang memiliki kekuatan Suke Suke no Mi. Demi menyelamatkan Nami, Sanji pun melakukan segala hal untuk bisa mengalahkan Absalom. Pada saat itu, Sanji menggunakan trik untuk bisa mengetahui keberadaan dari Absalom. Sanji tidak menggunakan Observation Haki miliknya.

Dan inilah yang membedakannya dengan pertarungan melawan Queen, di mana Sanji diperlihatkan tidak memerlukan trik atau apa pun. Sanji bisa langsung merasakan hawa keberadaan Queen dan langsung menyerangnya. Luffy memang bisa menggunakan Observation Haki, bahkan bisa melihat ke masa depan. Tetapi, dia belum tentu bisa merasakan hawa dari orang lain seperti halnya Sanji yang memang peka terhadap hal tersebut.

Oda Sensei sendiri pernah menjelaskan bahwa Sanji memang memiliki keahlian dalam hal Observation Haki, Zoro dalam hal Armament Haki, dan Luffy dalam hal Haki Penguasa. Bagaimana Sanji bisa dengan jelas mendengar suara wanita dari lantai 3 dan juga bagaimana Sanji bisa merasakan hawa keberadaan Queen yang menghilang, seolah mempertegas bahwa sanji memang adalah spesialis Observation Haki di kelompok Topi Jerami.

Ini menjadi sebuah peningkatan kekuatan yang cukup dahsyat bagi Sanji, di mana dia adalah salah satu dari trio monster kelompok Topi Jerami. Menarik tentunya melihat apa lagi yang bisa dilakukan Sanji dengan teknik Observation Haki miliknya tersebut. Apakah teknik Haki ini akan bisa membuat Queen kalah dalam pertarungannya? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.