Mengapa Monkey D. Dragon sangat berhasrat untuk menghancurkan pihak Pemerintah Dunia, yang mana dalam hal ini adalah kaum naga langit, dan bukan pihak angkatan laut? Hal inilah yang masih menjadi misteri sampai saat ini dan membuat fans penasaran. Dragon merupakan salah satu karakter yang sangat misterius sampai sekarang. Kita masih belum tahu banyak tentang karakter ini.

Dengan karakternya yang masih menjadi misteri, para fans pun banyak yang berspekulasi dan melontarkan teori terkait Dragon. Ada banyak teori yang beredar tentang sosok Dragon dan juga masa lalunya. Misalnya ada teori yang menyebutkan bahwa Dragon dahulunya adalah seorang perwira angkatan laut. Ada juga teori yang menyebutkan bahwa Dragon adalah mantan agen Ciper Pol.

Namun, kecil kemungkinan bahwa Dragon dahulunya adalah angkatan laut. Hal ini dikarenakan hampir tidak ada yang mengenali sosoknya. Juga, hampir tidak ada satu pun yang menyadari kehadirannya pada saat Reverie sebelumnya. Kemudian, ketika Wapol diperlihatkan foto dari Dragon, Wapol justru mengatakan bahwa dia tidak mengenal Dragon.

Melihat dari reaksi Wapol tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa Dragon pada awalnya tidak dikenal oleh banyak orang. Selain itu, mereka juga tidak menganggap Dragon sebagai ancaman besar jika memang Dragon dipecat atau keluar dari angkatan laut dan memiliki posisi yang tinggi. Hal berbeda diperlihatkan ketika ada angkatan laut populer yang keluar, contohnya adalah Kuzan.

Kita tentu tahu bagaimana terkejutnya orang-orang ketika Kuzan memutuskan untuk keluar dari angkatan laut. Dan itulah reaksi orang-orang yang seharusnya jika memang Dragon dahulunya adalah angkatan laut dan memliki posisi penting. Berdasarkan penjelasan di atas, artinya bisa disimpulkan bahwa Monkey D. Dragon bukanlah mantan perwira angkatan laut.

Lalu, bagaimana dengan teori bahwa Dragon adalah mantan agen Cipher Pol? Teori ini mungkin masih bisa masuk akal, karena mereka memang bergerak di balik bayang-bayang. Mereka adalah sosok misterius yang memiliki tugas rahasia. Ide bahwa Dragon dahulu pernah menjadi agen Cipher Pol lalu memutuskan keluar karena tidak tahan dengan semua tugasnya, dan memutuskan untuk menghancurkan mereka, juga dirasa masih masuk akal.

Tetapi, ada sebuah masalah kecil dalam teori ini yaitu sampai sejauh ini diketahui belum pernah ada agen Cipher Pol yang keluar atau dikeluarkan dari organisasi ini. Sehingga kita belum pernah melihat ada karakter yang memiliki posisi mantan agen Cipher Pol. Sedari awal mereka direkrut untuk menjadi agen Pemerintah Dunia, melayani mereka, dan bekerja sebagai pembunuh atau mata-mata bagi mereka.

Sehingga teori tersebut memunculkan pertanyaan, bagaimana mungkin Dragon bisa dengan mudah keluar dari organisasi tersebut? Belum lagi, Dragon pasti memiliki informasi rahasia yang dia bawa semasa masih aktif di CP. Mereka semua sudah dicuci otak sejak kecil. Jika Dragon memang pernah menjadi bagian dari Cipher Pol, bagaimana mungkin Dragon bisa bertahan dari program cuci otak Pemerintah Dunia?

Pertanyaan yang kemudian muncul terkait semua penjelasan di atas adalah bagaimana jika Dragon sangat ingin menghancurkan kaum naga langit bukan karena dia dahulunya adalah mantan angkatan laut atau agen pemerintah, melainkan karena sudah menjadi warisan dari klan atau keluarganya? Seperti yang kita ketahui, Dragon merupakan bagian dari klan D seperti halnya Luffy, Roger, Garp, Law, dan masih banyak lainnya.

Dan kita juga tahu bahwa klan atau keluarga D adalah musuh bagi semua orang. Mereka dibenci dan tidak disukai oleh hampir semua orang. Tetapi, para keturunan D secara “rahasia” mewariskan nama tersebut dari generasi ke generasi. Mengapa kemudian harus secara rahasia? Mengapa mereka menjadi musuh bagi semua orang? Itulah yang juga masih menjadi sebuah pertanyaan besar.

Spekulasi yang banyak beredar di kalangan fans menyebutkan bahwa klan D memiliki koneksi dengan kerajaan kuno, seperti yang dijelaskan oleh Dr. Clover. Kerajaan Kuno memiliki musuh yang mengancam keutuhan kerajaan mereka dan itulah mengapa mereka kemudian mewariskan informasi yang terjadi saat itu melalui Poneglyph. Dan pemerintah Dunia sendiri, dengan semua kekuatannya, berusaha untuk menghapus kerajaan Kuno dari sejarah.

Mengingat betapa berpengaruhnya klan D dan bagaimana pihak WG begitu membenci klan D, ada kemungkinan bahwa klan D dahulu merupakan penguasa di kerajaan tersebut. Mereka mungkin adalah keluarga sekaligus kekuatan yang pada saat itu berhasil menguasai dan mengendalikan dunia. Tetapi, kemudian banyak negara-negara kecil atau wilayah kecil yang lelah dikendalikan oleh pemerintah dan mereka pun memutuskan untuk melawan dan menghancurkan mereka.

Dan alasan Pemerintah Dunia (setelah berhasil menghancurkan Kerajaan Kuno) membangun organisasi yang kita ketahui saat ini adalah untuk menggantikan posisi klan D tersebut sebagai penguasa dunia. Para penguasa tersebut sengaja menghapus klan D dan sejarah Kerajaan Kuno karena jika hal tersebut diketahui banyak orang, maka orang-orang tidak akan lagi menghormati kaum naga langit dan Pemerintah Dunia, dan mereka justru akan mendukung klan D.

Di sanalah Dragon kemudian muncul. Dragon adalah sosok yang dianggap sebagai kriminal yang paling berbahaya dan ditakuti oleh orang-orang di Pemerintah Dunia seperti halnya Roger. Hal ini bisa dilihat dari reaksi orang-orang ketika mendengar nama Dragon. Jadi, Dragon mungkin memiliki kesamana dengan Roger, yaitu dia sudah mengetahui sejarah sebenarnya dari dunia ini.

Itulah mengapa Dragon lebih ditakuti dan lebih populer dibandingkan Whitebeard, yang notabene sama mengerikannya dengan Roger. Dragon sadar betapa jahat dan serakahnya Pemerintah Dunia yang sebenarnya dan bagaimana mereka menghancurkan dan mengambil alih kekuasaan nenek moyangnya. Karena itulah kemudian dia membentuk Pasukan Revolusi, untuk mengambil alih kembali warisan nenek moyangnya.

Dan bagi para pengikut Dragon, ini adalah upaya mereka untuk merebut kembali wilayah yang berada dalam kekuasan Pemerintah Dunia. Menurut “ramalan” yang ada dalam ceritanya, disebutkan bahwa klan D akan kembali membawa badai besar. Dan badai tersebut mungkin akan dihadirkan oleh Dragon dan klan D lainnya di akhir cerita.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.