Franchise Dragon Ball merupakan salah satu franchise paling populer dan terlama. Sudah banyak seri yang ditelurkan dari franchise ini, juga berbagai judul lainnya yang tayang di berbagai medium. Dengan franchisenya yang sudah berjalan lama, dan juga cerita yang sudah banyak dihadirkan, rasanya wajar jika kemudian ada banyak sekali pertanyaan dan misteri yang muncul di kalangan para fans.

Contohnya adalah mengapa kelompok Heeters Force harus menunggu begitu lama untuk bisa mengambil alih kekuasaan Frieza? Mengapa Yamcha selalu gagal hampir di segala hal? Semua hal itu masih menjadi misteri sampai saat ini. Dan salah satu pertanyaan atau misteri yang menarik adalah mengapa energi Saiyan dari Broly berwarna hijau.

Seperti yang kita ketahui, Broly merupakan seorang Saiyan legendaris (Legendary Super Saiyan), yang dikatakan hanya muncul dalam jangka waktu seribu tahun sekali. Karena sudah dianggap menjadi sebuah ancaman yang sangat besar, King Vegeta pada akhirnya meninggalkan Broly di planet Vampa bersama dengan ayahnya sampai kemudian mereka ditemukan oleh para pasukan Frieza.

Dan jika Geeks perhatikan sering kali Broly dihadirkan dengan nuansa warna hijau, mulai dari pakaian yang dia kenakan sampai warna rambutnya. Dan hal ini sangat berbeda dengan para Saiyan pada umumnya. Sebagai perbandingan, Super Saiyan lainnya biasanya memiliki warna aura yang kekuningan atau keemasan, kecuali jika seorang Saiyan menggunakan energi yang berbeda, contohnya Super Saiyan Blue.

Terkadang, Goku juga diperlihatkan memiliki aura yang kemerahan, apalagi di seri-seri terdahulu. Lalu, mengapa kemudian Broly memiliki warna hijau yang sangat berbeda dari Saiyan lainnya? Jawabannya ada pada film Dragon Ball Super: Broly. Dalam film tersebut kita diberi tahu bahwa kekutan Broly “memiliki sistem yang terbalik dari Saiyan normal lainnya.

Dalam salah satu adegan di filmnya, kita melihat bagaimana transformasi Vegeta menjadi Super Saiyan. Dalam salah satu momen, diperlihatkan bagaimana rambutnya sempat berubah menjadi hijau sebelum kemudian berubah menjadi pirang seperti yang kita ketahui saat ini. Dan yang menarik adalah rambut Broly pun sempat berubah menjadi pirang dalam pertarungan melawan Gogeta, namun auranya sendiri tetap hijau.

Broly Goku Sragon Ball Z Benci

Di akhir pertarungannya, Broly menggunakan Ikari atau energi kemarahannya. Inilah yang kemudian menjadi pembeda antara Goku dan Vegeta. Ketika Broly mengaktifkan mode Ikari atau mode kemarahannya (Wrath State), Broly bisa menggunakan kekuatan dari form Great Ape sambil tetap berada di form manusianya. Ketika Broly menyerap banyak sekali energi dari from Great Ape, inilah yang kemudian menjadi penyebab rambutnya berubah dari pirang ke hijau.

Berdasarkan dari penjelasan di atas, ada perubahan warna energi dari Broly di mana yang asalnya kuning kemudian berubah menjadi hijau. Hal ini tentunya di luar standar, di mana Saiyan pada umumnya berubah dari hijau menjadi kekuningan atau keemasan. Meskipun aspek dari konsep perubahan warna aura Super Saiyan ini belum pernah dibahas sebelum film Broly, tetapi pada akhirnya Akira Toriyama mengaplikasikan hal tersebut dengan berbagai ide lainnya.

Dan dari ide tersebut, kita kemudian diperkenalkan dengan berbagai variasi transformasi. Dan yang perlu dicatat adalah jika film sebelumnya bukan bagian dari canon, maka film Dragon Ball Super: Broly adalah bagian dari cerita canon serinya. Artinya penjelasan tentang perubahan aura hijau Broly tersebut pun merupakan bagian dari canon serinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.