Dengan dunia yang sangat besar dan luas seperti dalam seri One Piece, rasanya wajar jika ada banyak sekali misteri yang muncul di dalam ceritanya. Misteri ini menjadi “bahan bakar” bagi para fans untuk kemudian menciptakan atau menghadirkan berbagai teori atau spekulasi yang menarik. Dan tentunya ada banyak sekali teori atau spekulasi yang berkembang di kalangan para fans.

Salah satu teori yang berkembang adalah tentang harta karun yang ada di dalam Mary Geoise. Seperti yang dijelaskan dalam ceritanya, Doflamingo sempat mengancam Pemerintah Dunia dan kaum naga langit bahwa dia akan membocorkan rahasia besar yang selama ratusan tahun ini mereka simpan rapat-rapat, jika mereka tidak kembali menerima Dofy menjadi naga langit.

Lalu, harta karun apa yang mungkin disimpan oleh mereka? Inilah yang kemudian menjadi pertanyaan besar bagi para fans, yang mana kemudian memunculkan banyak sekali teori dan spekulasi. Berikut adalah beberapa teori dan spekulasi yang berkaitan dengan harta karun di Mary Geoise.

Pohon Buah Iblis

Ini merupakan salah satu teori klasik dan juga banyak diketahui oleh para fans. Seperti yang kita ketahui, masih belum banyak informasi yang dibagikan tentang buah iblis, termasuk dari mana asalnya. Teori menyebutkan bahwa ada kemungkinan buah iblis berasal dari sebuah pohon yang ada di Mary Geoise. Hal inilah yang mungkin bisa menjadi penjelasan mengapa pihak angkatan laut memiliki kekuatan buah iblis dahsyat.

Dalam teorinya disebutkan bahwa di Mary Geoise terdapat sebuah pohon buah iblis yang tersembunyi, di mana buah iblis tersebut dibagikan hanya kepada mereka yang setia pada pihak Pemerintah Dunia. Sayangnya, hal ini memunculkan sebuah “efek samping” bagi mereka. Seperti yang diketahui, setelah penggunanya tewas maka kekuatan buah iblis akan masuk ke buah terdekat. Inilah alasannya mengapa banyak orang lain kemudian memiliki kekuatan buah iblis. Dan hal ini pun menjadi sebuah kerugian tentunya bagi pihak pemerintah karena mereka tidak bisa mendapatkan kembali buah iblis tersebut.

Topi Jerami Raksasa

Dalam salah satu chapter diperlihatkan bagaimana sosok Im marah terhadap beberapa karakter seperti Blackbeard, Vivi, dan tentunya Luffy. Saat melihat Luffy, Im seolah mengingat akan masa lalu. Dan dia pun pergi ke sebuah ruang penyimpanan di mana terdapat sebuah topi jerami raksasa yang mirip yang digunakan Luffy.

Banyak teori yang menyebutkan bahwa topi jerami tersebut merupakan milik Joy Boy. Dan itulah harta karun besar yang selama ini disembunyikan oleh Pemerintah Dunia. Hal ini dikarenakan ada fakta mengerikan di baliknya, yaitu bagaimana mereka membunuh Joy Boy untuk membentuk Pemerintah Dunia.

Uranus

Senjata Kuno merupakan senjata yang diyakini digunakan oleh Kerajaan Kuno untuk mempertahankan diri mereka. Disebut-sebut senjata kuno tersebut merupakan senjata yang paling dahsyat di dunia. Dan diketahui ada tiga senjata kuno yaitu Uranus, Neptunus, dan Pluton. Untuk Neptunus dan Pluton sendiri sudah diketahui bentuknya.

Neptunus merupakan putri Shirahoshi, dan Pluton adalah kapal dengan daya hancur luar biasa. Sementara Uranus sampai saat ini masih misterius dan belum diketahui bentuknya. Teori menyebutkan bahwa pihak pemerintah kemungkinan memiliki senjata kuno terakhir ini yang disembunyikan atau disimpan di suatu tempat.

Im

Pada awalnya, kita diperkenalkan bahwa Gorosei adalah pemimpin tertinggi dari Pemerintah Dunia. Namun, ternyata ada sosok yang jauh lebih berkuasa dari mereka yaitu Im. Sama sekali tidak ada informasi yang diketahui dari sosok Im ini, yang mana hal tersebut memunculkan banyak teori di kalangan fans. Banyak yang menyebutkan bahwa Im adalah satu-satunya orang yang berasal dari abad yang hilang.

Ada juga yang menyebutkan bahwa Im mengenal sosok Joy Boy. Bahkan, ada juga yang mengatakan bahwa Im adalah sosok yang menghabisi nyawa Joy Boy. Pada intinya, kemungkinan Im adalah sosok yang penting dan juga kuat. Karena itulah teorinya sendiri berpendapat bahwa harta karun Mary Geoise yang dimaksud Dofy adalah Im. Kemungkinan penduduk di dunia pun tidak tahu tentang sosok Im, karena itulah dunia mungkin akan geger saat mengetahui tentang sosok Im ini.

Poneglyph

Poneglyph merupakan sebuah artefak yang biasanya berisi berbagai informasi tentang masa lalu, atau petunjuk mengenai jalan menuju Laugh Tale. Poneglyph sendiri tersebar di hampir seluruh dunia. Dengan pentingnya isi dari Poneglyph tersebut, wajar jika kemudian pihak Pemerintah Dunia pun memiliki atau menyimpan sebuah Poneglyph yang dianggap sangat penting isinya. Mungkin berisi potongan informasi terakhir tentang rahasia dunia atau hal lainnya.

Ada juga teori yang menyebutkan bahwa kemungkinan Road Poneglyph terakhir yang menunjukan jalan menuju Laugh Tale tersimpan di sana. Karena itulah pihak pemerintah berusaha untuk menutup rapat-rapat rahasia ini. Mereka tidak ingin ada orang lain tahu bahwa Mary Geoise menyimpan Road Poneglyph terakhir yang bisa menjadi petunjuk bagi para bajak laut menuju Laugh Tale.

Pihak Pemerintah Dunia adalah kelompok yang memegang otoritas segala hal yang ada di cerita One Piece. Dengan sejarah yang panjang, dan juga penuh misteri, membuat para fans pun pensaran tentang apa yang hal yang selama ini ditutupi oleh mereka. Pemerintah Dunia sendiri sepertinya sengaja menutup rapat rahasia tersebut, agar tidak ada orang yang bisa menggeser kekuasaan mereka.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.