Buah iblis menjadi salah satu elemen menarik yang muncul dalam cerita di seri One Piece. Buah ajaib ini mampu memberikan siapa pun orang yang memakannya sebuah kekuatan dahsyat, meskipun harus ada efek samping yang harus mereka terima yaitu kehilangan kemampuan untuk bisa berenang di laut. Pada dasarnya, buah iblis terbagi ke dalam tiga kategori.

Pertama adalah Paramecia, Zoan, dan yang paling langka adalah Logia. Yang menarik adalah dalam cerita One Piece diperlihatkan bahwa ternyata ada buah iblis yang dianggap tidak sempurna atau gagal. Buah iblis ini berbeda dari buah iblis kebanyakan karena dibuat oleh manusia. Lalu, buah apa saja yang dianggap sebagai buah iblis gagal?

Buah Iblis Buatan Vegapunk

Seperti yang kita ketahui, Dr. Vegapunk dikenal sebagai sosok yang paling cerdas di seluruh serinya. Dia berhasil meneliti dan menciptakan berbagai hal, termasuk buah iblis. Vegapunk ditugaskan untuk membuat “tiruan” dari buah iblis yang dimakan oleh Kaido puluhan tahun lalu. Mereka juga meminta Vegapunk meneliti tentang hal lainnya dari Kaido.

Inilah yang kemudian menjadi awal lahirnya buah iblis buatan manusia pertama, yang mana kemudian dianggap gagal baik oleh Vegapunk atau pun pihak pemerintah. Buah iblis ini berjenis Zoan, yang mana buah iblis gagal tersebut dimakan oleh Momonosuke. Namun, yang menarik adalah melihat bagaimana hasil yang diperlihatkan saat ini, banyak fans sebenarnya ragu apakah buah iblis buatan Vegapunk ini memang gagal atau sebaliknya.

Buah Iblis SAD dan SMILEs

Selain Vegapunk, sosok ilmuwan lainnya yang mencoba untuk membuat buah iblis versinya sendiri adalah Caesar Clown. Caesar juga merupakan salah satu ilmuwan cerdas, yang pernah bekerja sama dengan Vegapunk – dan juga Vinsmoke judge.

Caesar Clown sendiri bercita-cita mengalahkan Vegapunk dalam hal kecerdasan, dan membuat buah iblis adalah salah satu caranya. Dia menggunakan desain rancangan buah iblis milik Vegapunk untuk menciptakan dua buah iblis buatan, SAD dan SMILEs. Sayangnya, buah iblis ini dianggap sebagai buah iblis yang gagal melihat hasil atau efek yang dihasilkan.

Contohnya adalah bagaimana pengguna atau mereka yang memakan buah iblis SMILEs hanya memiliki dua pilihan, yaitu kehilangan semua emosinya kecuali tertawa atau mendapatkan kekuatan dari buah iblis tersebut. Tetapi, perlu dicatat bahwa buah iblis SMILEs ini hanya menirukan kemampuan dari buah iblis Zoan yang asli.

Mengapa Dianggap Gagal?

Untuk secara garis besarnya, Geeks juga tentunya sudah paham bahwa efek atau hasil yang ditimbulkan dari buah iblis buatan ini tidak sempurna. Berbeda dengan buah iblis asli atau alami, yang mana efek atau kemampuan yang dihasilkan pasti sangat luar biasa. Dan tentunya tidak ada resiko kegagalan, seperti kehilangan emosi dasarnya.

Tetapi, untuk alasan pastinya mengapa buah iblis buatan dianggap buah iblis gagal masih belum diketahui. Bisa jadi, buah iblis buatan ini dianggap gagal karena ada sesuatu yang hilang atau yang tidak ada dari buah iblis yang asli. Hal ini dikarenakan buah iblis buatan diketahui hanya mengekstraksi DNA dari binatang atau manusia.

Contohnya buah iblis Vegapunk menggunakan DNA Kaido dan buah iblis SMILE menggunakan DNA dari berbagai binatang. Alasan lainnya mungkin teknologi yang digunakan oleh manusia untuk menciptakan buah iblis tidak mampu untuk membuat buah iblis yang sempurna. Seperti yang kita ketahui sampai saat ini, kita masih belum tahu tentang asal-usul buah iblis.

Terdapat sebuah teori yang menyebutkan bahwa buah iblis mungkin berasal dari bulan. Dan seperti yang diperlihatkan dalam serinya, teknologi penduduk bulan sangat jauh berkembang. Sehingga rasanya wajar jika kemudian manusia melakukan sesuatu hal yang sama, maka hasilnya akan berbeda karena teknologi yang digunakan pun berbeda, teknologi di bumi belum secanggih dan semodern teknologi bulan.

Yang juga menarik dari buah iblis buatan ini adalah sampai sejauh ini, baru buah iblis berjenis Zoan saja yang mampu “ditirukan” oleh para ilmuwan. Jika Geeks perhatian, belum ada buah iblis buatan berjenis Logia atau Paramecia. Mungkin karena dalam benda-benda atau material yang umum kita jumpai tidak terdapat DNA di dalamnya. Hanya berupa atom-atom saja. Lagi-lagi, ini juga mungkin berpengaruh dengan keterbatasan teknologi yang dipakai oleh para ilmuwan di bumi.

Tema tentang buah iblis memang selalu menarik untuk dibahas. Karena, ini menjadi salah satu misteri besar yang dihadirkan dalam ceritanya, yang mana di sisi lain buah iblis ini terus menjadi salah satu elemen penting di hampir setiap arc. Mungkin, sebelum cerita di serinya selesai, Oda Sensei akan memberikan penjelasan lengkap mengenai asal-usul buah iblis.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.