Hawkeye adalah serial Marvel yang sebentar lagi akan segera tayang di saluran streaming Disney+. Serial solo Hawkeye ini akan bercerita tentang Clint Barton (Jeremy Renner) dan Kate Bishop (Hailee Steinfeld) yang harus bekerja sama untuk mengalahkan musuh bersama. Para villain yang datang dari masa lalu Clint ketika menjadi Ronin ini harus segera mereka kalahkan agar Clint bisa pulang ke keluarganya sebelum natal tiba. Siapa saja villain yang akan dihadapi oleh Clint dan Kate ini? Berikut 5 villain yang dipastikan akan hadir di serial Hawkeye!

Kazi

Dari nama dan penampilannya, Kazi memang tampak seperti villain yang biasa saja. Namun, sejarahnya di Marvel Comics justru lebih hebat dari penampilannya. Kazi adalah satu-satunya villain yang membuat Hawkeye tuli, di komik Hawkeye Vol. 4 #15, Kazimierz Kazimierczak alias Kazi alias Clown adalah pembunuh bayaran yang disewa oleh Tracksuit Draculas untuk melukai Hawkeye.

Dalam upayanya, Kazi berhasil membuat Hawkeye tuli dengan menusukan anak panah ke telinga Hawkeye. Akibat kejadian tersebut, Hawkeye menggunakan alat bantu dengar dan belajar bahasa isyarat. Di serialnya nanti, Clint Barton terlihat menggunakan alat bantu dengar juga saat melarikan diri dari Tracksuit Dracula, kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh Kazi yang di serialnya diperankan oleh aktor asal Irlandia benama Francis Martin “Fra” Fee.

Echo

Echo adalah karakter Marvel yang pertama kali melakukan debutnya di komik Daredevil Vol. 2 #9 (1999). Di komiknya, Maya Lopez alias Echo diadopsi sebagai anak angkat oleh seorang villain terkenal bernama Wilson Fisk alias Kingpin. Echo kemudian dibesarkan sebagai pembunuh bayaran dengan kemampuan yang mirip seperti Taskmaster, yaitu mampu mengikuti gerakan orang yang dilihatnya.

Di trailer terbaru Hawkeye, Echo terlihat bertarung melawan Clint, kemudian di cuplikan lainnya dia bersama Kazi dan Tracsuit Dracula terlihat menembaki Clint dan Kate yang melompat dari jembatan. Ada kemungkinan serial Hawkeye ini akan menjadi latar belakang karakter Echo sebelum nanti dia muncul kembali di serial solonya yang akan datang.

Tracksuit Dracula

Sebagai sebuah geng mafia yang kejam, Tracksuit Dracula pertama kali diceritakan di komik Hawkeye Vol. 4 (2012) yang ditulis oleh Matt Fraction dan digambar oleh David Aja. Dan karena serial Hawkeye ini sangat terinspirasi komik Hawkeye karya Matt Fraction, tidak aneh jika Tracksuit Dracula menjadi salah satu ancaman yang harus dihadapi oleh Hawkeye.

Sama seperti di komiknya, geng mafia yang terkenal kejam ini sering terlihat membawa senjata api dan bahkan bom molotov dalam setiap aksinya. Selain itu, mereka juga terkenal dengan ciri khasnya yang sering mengenakan celana training dan jacket tracksuit berwarna merah. Di trailer terbaru Hawkeye terlihat juga seorang Tracksuit Dracula yang mengenakan pakaian tracksuit berwarna hitam, kemungkinan dia adalah ketua kelompok Tracksuit Dracula yang akan mengejar Clint dan Kate sepanjang serial.

Yelena Belova

Setelah kemunculan terakhirnya di credit scene Black Widow (2021), ketika dia bertemu dengan Val yang menyuruhnya untuk menargetkan Clint, banyak penggemar yang berspekulasi bahwa Yelena Belova (Florence Pugh) akan menjadi salah satu villain di serial Hawkeye. Sebelumnya Valentina Allegra de Fontaine alias Val (Julia Louis-Dreyfus) memberi tahu Yelena bahwa Clint adalah orang yang bertanggung jawab atas kematian kakaknya, yaitu Natasha Romanoff alias Black Widow.

Dengan berpegangan pada dendam tersebut, kemungkinan besar Yelena akan menjadi salah satu villain yang harus dihadapi oleh Clint dan Bishop, setidaknya sampai Yelena mengerti bahwa kakaknya tidak dibunuh oleh Clint. Sepertinya akan menarik melihat kembalinya Yelena di serial Hawkeye, yang kabarnya akan menjadi Black Widow berikutnya.

Swordman

Di Marvel Comics, Jack Duquesne alias Swordman adalah mentor sekaligus figur ayah Clint muda di karnaval yang sangat ahli dalam menggunakan pedang dan pisau. Swordman yang menyadari bahwa Clint muda mempunyai potensi dalam menggunakan busur panah, kemudian meminta bantuan pada sahabatnya yang bernama Trick Shot untuk mengajari Clint cara memanah.

Walaupun kisah mereka dimulai sebagai sekutu, pada akhirnya Clint dan Swordman menjadi musuh ketika Clint memergokinya mencuri uang karnaval. Diperankan oleh Tony Dalton, ada kemungkinan Jack Duquesne akan muncul sebagai villain dalam cerita flashback atau muncul pada masa sekarang sebagai mantan teman Clint yang menjadi musuh.

Itulah lima villain yang dipastikan akan hadir di serial Hawkeye. Di trailer terbaru Hawkeye terlihat bahwa Tracksuit Dracula, Kazi, dan Echo saling bekerja sama untuk mengalahkan Clint dan Kate. Sedangkan Yelena dan Jack masih belum terlihat sama sekali, ada kemungkinan mereka akan muncul di beberapa titik serialnya sebagai villain, sampai akhirnya menjadi sekutu atau setidaknya membiarkan Clint pergi. Masih perlu dilihat bagaima Clint dan Kate saling bekerja sama untuk mengalahkan para villain ini. Kita lihat saja nanti saat serial Hawkeye rilis di Disney+ pada tanggal 24 November 2021.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.