Hanya sedikit karakter dalam cerita di seri One Piece yang jahat seperti sosok Marshall D. Teach atau yang biasa dikenal sebagai Blackbeard. Blackbeard memulai karir bajak lautnya sebagai salah satu kru di kapal Moby Dick milik whitebeard, sampai kemudian dia mengkhianati rekannya sendiri yaitu Thatch. Hal itu dia lakukan untuk mencuri buah iblis miliknya yaitu Yami Yami no Mi.

Bukan hanya itu, Blackbeard juga menjadi orang yang secara tidak langsung bertanggung jawab atas tewasnya Portgas D. Ace dan juga Whitebeard. Selain kejahatannya, salah satu hal yang membuat Blackbeard menjadi sosok mengerikan adalah bagaimana dia mampu memakan dua buah iblis sekaligus.

Anggota CP-9, Jabra, pernah mengatakan bahwa jika ada manusia memakan lebih dari satu buah iblis maka tubuhnya akan meledak. Karena, manusia biasa tidak akan sanggup menahan dua kekuatan buah iblis sekaligus. Hal inilah yang kemudian menjadi pertanyaan besar. Tetapi, ada beberapa teori yang cukup populer yang berkembang di kalangan fans.

Teori Cerberus

Teori ini merupakan salah satu teori yang sangat populer di kalangan para fans, di mana pada intinya teorinya sendiri menyebutkan bahwa sebelum Blackbeard bergabung dengan Whitebeard dan memakan buah iblis Yami Yami dan Gura Gura, sebenarnya dia sudah memakan buah iblis lainnya yaitu Mythical Zoan yang disebut Inu Ini no Mi, Model: Cerberus. Seperti yang kita ketahui, binatang mitologi Cerberus memiliki tiga kepala.

Berdasarkan hal tersebut, teorinya menyebutkan bahwa Blackbeard mungkin bisa menggunakan lebih dari satu buah iblis akibat hal tersebut. Tepatnya, Blackbeard bisa memiliki tiga kekuatan buah iblis. Ada banyak petunjuk yang dihadirkan untuk mendukung teori ini. Misalnya ada tiga kepala tengkorak dalam bendera kelompok bajak lautnya, kemudian dia memiliki tiga pistol, dan juga tiga pedang.

Teori Chimera

Seperti halnya teori Cerberus, teori ini juga pada dasarnya mengadaptasi cerita tentang hewan mitologi Chimera di mana intinya ada beberapa kepribadian dalam diri Blackbeard. Dalam teori ini disebutkan bahwa hal ini bukan karena efek dari Blackbeard memakan buah iblis sebelumnya, tetapi bawaan sejak lahir. Hal ini bahkan “dikonfirmsi” oleh Marco yang menyebutkan bahwa tubuh Blackbeard memang unik.

Meskipun jarang seklai terjadi, terdapat beberapa kasus di mana janin dalam kandungan bisa “menyerap” satu sama lainnya. Peristiwa ini sendiri dikenal sebagai “Vanishin twin.” Pada dasarnya, proses ini menghadirkan seseorang dengan DNA ganda dan juga beberapa hal genetik lainnya, yang pada akhirnya menghadirkan sebuah abnormalitas terhadap tubuh bayi setelah lahir.

Sehingga, kesimpulannya, ada kemungkinan beberapa “orang” dalam diri Blackbeard tanpa kita ketahui yang mana menjadi alasan mengapa dia bisa memakan lebih dari satu buah iblis. Seperti disebutkan di atas, seorang manusia normal biasa tidak akan bisa melakukan hal tersebut. Artinya ada beberapa orang dalam diri Blackbeard.

Efek Yami Yami no Mi

Teori ini berfokus pada efek yang dihadirkan oleh buah iblis Yami Yami no Mi, buah iblis bertipe Logia yang memberikan penggunanya kemampuan untuk bisa menciptakan dan mengendalikan kegelapan. Buah iblis ini bisa menyerap apa pun seperti halnya fenomena lubang hitam (black hole).  Dia juga bisa mengendalikan kegelapan seperti halnya elemen lain. Hal ini pernah diperlihatkan ketika dia bertarung melawan Ace.

Yang juga menarik dari buah iblis ini adalah salah satu efek yang dimiliki yaitu mampu menetralisir kemampuan buah iblis lainnya. Hal ini juga yang diperkenalkan ketika Blackbeard bertarung melawan Ace. Ketika kekuatan ini diaplikasikan, Ace tidak mampu menggunakan Mera Mera no Mi miliknya yang mana hal inilah yang menjadi alasan mengapa Ace bisa ditangkap dan diserahkan kepada angkatan laut.

Banyak fans meyakini bahwa dengan kemampuan untuk menetralisir buah iblis lainnya, hal ini pun berlaku kepada pemiliknya. Jika memang demikian, rasanya wajar jika kemudian Blackbeard sangat menginginkan buah iblis ini, dan mungkin bukan hanya tiga buah iblis yang bisa dia miliki melainkan sebanyak apa pun yang dia inginkan, karena buah Yami Yami mampu menetralisir kekuatannya dan kembali aktif jika digunakan.

Hasil Rekayasa Dr. Vegapunk

Teori terakhir yang berbeda dari tiga teori di atas adalah adanya kemungkinan bahwa apa yang terjadi kepada Blackbeard adalah karena efek rekayasa yang dilakukan oleh Dr. Vegapunk. Dalam teorinya disebutkan bahwa Blackbeard mengalami perubahan dalam tubuhnya berkat sosok Vegapunk. Vegapunk bertemu Blackbeard sebelum cerita One Piece dimulai.

Diketahui bahwa Vegapunk berasal dari salah satu wilayah di Grand Line, dan Blackbeard pun sama meskipun lokasi pastinya tidak diketahui. Sebagian meyakini bahwa Blackbeard lahir di Drum Island ada juga yang meyakini bahwa Blackbeard lahir di Karakuri Island. Yang pasti, Blackbeard lahir di wilayah yang bersalju.

Tetapi, logikanya, jika memang Blackbeard merupakan salah satu subyek eksperimen yang dilakukan oleh Vegapunk, pastinya pihak Pemerintah Dunia akan mengetahui hal tersebut. Meskipun kemungkinannya sangat kecil, melihat apa yang dilakukan Judge terhadap anak-anaknya memunculkan dugaan bahwa spekulasi ini bisa saja benar.

Ada banyak sekali penjelasan mengenai apa yang terjadi dengan Blackbeard dan bagaimana dia bisa memiliki kemampuan lebih dari satu buah iblis dalam cerita One Piece. Bahkan, dengan Blackbeard sudah memiliki dua buah iblis bukan tidak mungkin dia memiliki tiga buah iblis sekaligus. Hal ini tentunya akan menjadi tantangan besar bagi Luffy yang diprediksi akan menjadi lawan terakhirnya. Apakah Luffy akan sanggup menghadapi Blackbeard? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.