Banyak fans yang menyebutkan bahwa kru bajak laut Topi Jerami adalah salah satu kru bajak laut terkuat dalam cerita One Piece saat ini. Melihat perkembangan mereka pasca time-skip, bisa dibilang asumsi para fans tersebut memang ada benarnya. Meskipun perubahan drastis terjadi para trio monster, tetapi kru lainnya pun sama-sama mendapatkan peningkatan.

Hal ini diperlihatkan di chapter 989 kemarin di mana kita diperlihatkan kualitas dari kru Topi Jerami, yang banyak orang menganggap kualitas mereka sudah setara dengan kru para Yonko. Mereka tidak lagi takut atau menghindari pertarungan secara langsung seorang Yonko atau para komandannya. Mereka justru mendatangi mereka dan menantang mereka untuk bertarung.

Contohnya adalah ketika Franky, Brook, Jinbe, Robin, Zoro, dan Sanji melakukan serangan terhadap Big Mom dan juga All-Stars dari kelompok bajak laut Beast. Seperti yang disebutkan oleh Franky, mereka sadar bahwa kemampuan mereka tidak lagi sama seperti dahulu. Mereka sekarang dianggap bisa mengimbangi kekuatan para Yonko dan juga para krunya.

Berbicara mengenai kru para Yonko, Oda Sensei sering kali menggunakan hierarki yang sama untuk kelompok bajak laut Yonko di New World. Sistem Hierarki tersebut adalah kapten dan tiga orang komandan terkuatnya. Hal ini diaplikasikan terhadap para Yonko yang ada. Misalnya di kelompok Big Mom, kita mengenal Big Mom serta Katakuri, Cracker, dan Smoothie.

Kemudian di kelompok bajak laut Beast kita mengenal Kaido dan tiga All-Stars yaitu King, Jack, dan Queen. Di kelompok bajak laut Rambut Merah, kita mengenal Shanks dan Benn Beckman, Yasopp, dan Lucky Roo. Yang juga menarik adalah bahkan pihak angkatan laut pun menerapkan sistem yang sama. Satu orang Fleet Admiral dan tiga orang admiral. Saat ini tiga orang admiral tersebut adalah Kizaru, Fujitora, dan Ryokugyu.

Bagaimana dengan kelompok bajak laut Topi Jerami? Seperti yang disebutkan di atas, kelompok bajak laut Topi Jerami saat ini sudah dianggap setara dengan kru bajak laut Yonko lainnya. Bahkan, Luffy sendiri dianggap sebagai Yonko kelima. Mengingat mereka adalah salah satu kelompok bajak laut terkuat, kelompok Topi Jerami tentunya akan mengikuti tren ini.

Monkey D. Luffy sudah barang pasti ada di posisi kapten, sedangkan Roronoa Zoro dan Sanji Vinsmoke akan menjadi dua komandan terkuatnya. Satu orang lainnya kemungkinan adalah Usopp. Untuk Sanji dan Zoro, rasanya kita semua sudah setuju dan tidak perlu diragukan lagi. Jinbe mungkin memang adalah kekuatan baru yang sangat besar bagi kelompok Topo Jerami, tetapi kecil kemungkinan dia akan menjadi komandan ketiga.

Oda Sensei pernah mengatakan bahwa dia senang untuk menghadirkan karakter yang terlihat lemah, justru memiliki kekuatan yang dahsyat. Hal inilah yang diaplikasikan kepada Monkey D. Luffy. Dan berdasarkan hal tersebut, Usopp adalah karakter yang pas dengan ucapan Oda Sensei tersebut. Lagipula, Usopp adalah salah satu kru awal dari kelompok Topi Jerami.

Dibandingkan dengan Sanji dan Zoro, memang peningkatan kekuatan Usopp tidak terlalu signifikan. Tetapi, perlahan Usopp berubah menjadi sosok yang kuat. Apalagi, banyak yang meyakini bahwa Usopp akan mendapatkan kemampuan Hakinya. Dia tentu akan berubah menjadi sosok yang sangat kuat. Salah satu alasan besar lainnya mengapa Usopp akan menjadi salah satu dari tiga komandan Yonko adalah ayahnya, Yasopp.

Seperti disebutkan di atas, Yasopp merupakan salah satu komandan dari kelompok Shanks. Kita semua tahu bahwa Oda Sensei sangat senang untuk menghadirkan paralel atau kesamaan antara satu dengan yang lain. Kita mungkin akan melihat paralel antara ayah dan anak di mana merek sama-sama menjadi salah satu komandan di kelompok bajak laut mereka masing-masing.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.