Arc Wano Country saat ini masih terus berjalan meskipun sudah lebih dari dua tahun berjalan dan ratusan chapter berlalu. Hal ini membuat arc Wano Country menjadi arc terpanjang di seri One Piece saat ini, mengalahkan arc terpanjang sebelumnya yaitu arc Dressrosa. Dan sepertinya arc Wano masih belum akan berakhir dalam waktu dekat ini.

Meskipun arc Wano masih belum akan berakhir dalam waktu dekat, tetapi para fans sendiri bisa menantikan berbagai cerita atau arc menarik lainnya pasca Wano. Ada banyak poin-poin penting yang sudah dihadirkan sebelumnya, menanti untuk dieksplor lebih lanjut. Lalu, apa saja cerita yang bisa dihadirkan di seri One Piece pasca arc Wano?

Tentang Para Shichibukai

Shichibukai merupakan salah satu kekuatan besar dalam cerita One Piece. Tetapi, dalam peristiwa Reverie pada akhirnya sistem yang dibuat oleh Pemerintah Dunia ini dibubarkan karena dianggap justru memberikan ancaman dibandingkan memberikan keamanan. Shichibukai sendiri adalah para bajak laut kuat yang menjalin kerja sama dengan angkatan laut. Mereka mendapatkan imunitas hukum, dengan timbal balik mereka harus membantu para angkatan laut.

Salah satu contohnya adalah menangkap bajak laut kuat lainnya. Setelah sistem ini dibubarkan, para bajak laut tersebut kini kembali menjadi incaran para bajak laut. Dengan status tersebut, artinya para mantan Shichibukai ini bisa menjadi sekutu bagi kelompok Topi Jerami. Apalagi, mereka memiliki histori yang panjang dengan Luffy.

Misalnya Crocodile yang pernah dikalahkan oleh Luffy di Alabasta. Kemudian Dracule Mihawk yang menjadi mentor bagi Zoro saat time-skip terjadi. Selain itu, dengan sistem Shichibukai yang dibubarkan ini, mereka pun kembali ke “jati diri” mereka sebagai bajak laut. Menarik tentunya untuk melihat apa yang akan mereka lakukan untuk menghadapi Pemerintah Dunia.

Tentang Nasib Sabo

Dalam arc Reverie yang menjadi interlude antara babak kedua dan ketiga di arc Wano, sesuatu yang besar terjadi. Dalam surat kabar Morgan disebutkan bagaimana Sabo berada dalam kondisi yang kurang baik. Tidak diketahui apakah Sabo tewas atau tertangkap atau ada hal lainnya yang kritis. Yang pasti, reaksi dari orang-orang terdekat Sabo seolah tidak percaya dengan apa yang terjadi kepada Sabo.

Kita melihat bagaimana reaksi dari Koala, Dadan, dan Makino yang panik dan menangis melihat kabar tersebut. Sedangkan Dragon dan Ivankov tidak percaya dengan kabar tersebut. Sayangnya, mereka yang ada di Wano tidak mengetahui kabar tersebut karena keterbatasan akses informasi. Hal ini tentunya menjadi tanda tanya besar mengenai nasib dari Sabo.

Jika kabar tentang kematian Sabo benar adanya, hal tersebut tentu akan membuat Luffy sedih karena dia harus kembali kehilangan saudaranya. Dan tentunya para fans pun pensaran untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi kepada Sabo. Apakah dia baik-baik saja? Apakah dia dikurung di Mary Geoise? Bagaimana dengan komandan Pasukan Revolusi lainnya?

Tentang Sosok Shanks

Shanks adalah salah satu sosok misterius di seri ini. Kita tidak tahu banyak tentang Shanks, termasuk kita tidak tahu tentang asal-usulnya. Selain itu, dalam arc Reverie, kejutan muncul di mana Shanks pergi ke Mary Geoise untuk bertemu dengan para Gorosei. Dalam pertemuan tersebut, Shanks ingin membahas tentang sosok bajak laut yang sampai saat ini masih menjadi teka-teki. Para fans pun banyak berspekulasi mengenai sosok yang Shanks maksud.

Sebagian fans menduga bahwa bajak laut yang dimaksud Shanks adalah Blackbeard, namun ada juga yang berpendapat bahwa sosok yang dimaksud adalah Luffy. Ada juga fans yang berspekulasi bahwa pertemuan tersebut menjadi bukti bahwa sebenarnya Shanks ada di pihak Pemerintah Dunia. Dengan banyaknya misteri tentang Shanks, tentunya menarik untuk menghadirkan arc yang membahas tentang karakter populer ini.

Tentang Rencana Besar Blackbeard

Marshal D. Teach alias Blackbeard merupakan karakter villain yang muncul di seri ini. Blackbeard pada awalnya hanya seorang karakter biasa, sampai kemudian dia terus terlibat dalam momen-momen penting. Contohnya dalam perang Marineford atau dalam Payback War. Dengan popularitas dan kekuatan Blackbeard, saat ini dia pun menggantikan posisi Whitebeard sebagai salah satu Yonko.

Blackbeard sendiri diproyeksikan akan menjadi musuh terakhir yang dihadapi Luffy. Blackbeard juga diketahui menjadi manusia pertama di seri One Piece yang mampu memiliki kekuatan dua buah iblis. Dia dan kelompok bajak lautnya dikenal sering kali mencuri kekuatan buah iblis orang lain. Hal ini dikarenakan Blackbeard ingin membangun kru bajak laut yang kuat dengan semuanya memiliki kekuatan buah iblis.

Saat ini, Blackbeard masih memiliki misi untuk terus mencari buah iblis, dan mencurinya dari orang lain untuk kemudian diberikan kepada para krunya. Menarik untuk diketahui juga apa yang sedang direncanakan oleh Blackbeard, mengingat di chapter 956 dia meminta kepada krunya untuk siap berlayar.

Tentang Im

Di wilayah Mary Geoise, tepatnya di istana Pangaea, bukan hanya Gorosei yang tinggal di sana. Terdapat juga sosok misterius, yang bahkan jauh memiliki kekuasaan dibandingkan para Gorosei. Sosok misterius tersebut adalah Im. Sosok Im diketahui merupakan pemimpin tertinggi di Pemerintah Dunia, yang bahkan para Gorosei pun tunduk kepada sosok ini. Siapa sebenarnya Im? Bagaimana dia berada di posisinya sekarang?

Sejauh ini, sosok Im hanya muncul dalam bentuk siluet. Dia hanya terlihat memegang poster buronan dari beberapa karakter, dan diperlihatkan kesal terhadap beberapa karakter lain. Banyak teori-teori yang berkembang diantara para fans membahas tentang sosok Im. Namun, tentunya para fans masih menunggu informasi pasti dari Oda Sensei tentang siapa sebenarnya sosok Im.

Seri One Piece sudah banyak menghadirkan cerita menarik dalam dua dekade terakhir ini, dan dengan banyaknya hal-hal yang menarik untuk digali lebih dalam membuat Oda Sensei sepertinya tidak akan kehilangan ide untuk melanjutkan cerita setelah momen epik di arc Wano. Kita nantikan saja ya Geeks cerita seperti apa yang akan dihadirkan selanjutnya oleh Oda Sensei.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.