Monkey D. Luffy adalah sosok yang paling kuat dan paling berpengaruh dalam cerita One Piece saat ini. Seperti halnya dalam kehidupan nyata, cerita tentang bajak laut pun terus bergulir. Era baru muncul menggantikan era yang lama. Setelah sebelumnya sosok Gol D. Roger menjadi nama yang berkuasa, kini giliran Luffy yang menjadi sorotan semua orang.

Hal ini pun sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh Marco dalam pertempuran di Onigashima. Sekarang adalah waktunya bagi era baru untuk muncul dan menjadi sorotan. Monkey D. Luffy menjadi “pelopor” bagi generasi baru untuk dikenal semua orang, melalui berbagai aksi yang sudah dia lakukan selama ini.

Salah satu contohnya adalah menghancurkan sistem Shichibukai. Shichibukai sendiri adalah sistem yang dibuat Pemerintah Dunia, di mana para bajak laut kuat menjalin kerja sama dengan pihak angkatan laut untuk menangkap dan membasmi bajak laut lainnya. Namun, Luffy diperlihatkan berhasil menghancurkan sistem tersebut meskipun secara tidak langsung.

Mengapa demikian? Pertama, Luffy berhasil mengalahkan tiga bajak laut Shichibukai yaitu Gecko Moria, Crocodile, dan Doflamingo. Kedua, sebagian besar Shichibukai lainnya – seperti Hancock, Kuma, Jinbe, Mihaw, dan Law – merupakan sekutu resmi dan tidak resmi dari kelompok Topi Jerami. Selain menghancurkan sistem Shichibukai, Luffy juga menjadi bajak laut yang berani menantang Pemerintah Dunia dan memaksa mereka untuk bertindak.

Beberapa contohnya adalah Luffy menyelamatkan Robin dan menyatakan perang terhadap Pemerintah Dunia di arc Enies Lobby. Di arc Sabaody, Luffy tidak segan untuk menghajar salah satu kaum naga langit. Ketiga, Luffy menyusup dan kabur dari fasilitas milik pemerintah yaitu penjara Impel Down. Dia bahkan membawa serta para tahanan level 6.

Terakhir adalah Luffy datang ke Marineford, ikut bergabung dengan kru Whitebeard, dan berhasil menyelamatkan Ace – sebelum kemudian Ace tewas di tangan Sakazuki. Sekarang, Luffy diperlihatkan sedang merusak tatanan atau sistem dari Yonko. Yonko sendiri merupakan empat kaisar samudra yang merupakan bajak laut dengan kekuatan dahsyat.

Luffy berhasil membuat dua Yonko, yaitu Kaido dan Big Mom, harus menjalin aliansi demi mengalahkan Luffy. Luffy juga adalah orang yang berhasil membuat Big Mom malu di mata dunia. Dalam surat kabar Morgans disebutkan bahwa Luffy berhasil “mengalahkan” Big Mom dalam arc Whole Cake Island. Luffy juga bahkan mampu membuat sebuah aliansi besar yaitu Straw Hat Grand Fleet.

Aliansi lainnya pun berhasil Luffy bentuk di Wano, yang menggabungkan berbagai ras dan latar belakang – bajak laut, ninja, samurai, dan Mink. Hal ini dilakukan karena mereka memiliki misi dan tujuan yang sama yaitu mengalahkan Kaido. Kemudian Luffy juga dianggap sebagai “pemimpin” dari Worst Generation dengan nilai buruan mencapai 1,5 milliar Belly.

Ini merupakan salah satu hal yang sangat luar biasa dari karakter Luffy sebagai protagonis utama di seri One Piece. Dia selalu mampu merubah orang-orang dan juga dunia di sekitarnya. Inilah alasan mengapa Mihawk beranggapan bahwa Luffy adalah orang yang paling berbahaya di dunia, apalagi dia memiliki “kekuatan” dahsyat tersebut.

Dengan asumsi bahwa Kaido dan Big Mom berhasil dikalahkan di arc Wano, yang mana ini menjadi jalan kehancuran bagi sistem Yonko dan mengubah peta kekuatan dunia, bagaimana kemudian dunia melihat sosok Luffy? Setelah arc Wano selesai, Luffy mungkin akan dikenal sebagai sosok yang bukan hanya setara dengan Yonko. Melainkan juga sosok yang jauh lebih hebat dari Yonko.

Dengan kemampuan Luffy untuk bisa merubah dunia di sekitarnya, ini pun menjadi ancaman besar bagi Pemerintah Dunia. Luffy akan menjadi satu-satunya orang yang mampu menghentikan sebuah kekuatan besar, yang bahkan angkatan laut sendiri tidak berani/mampu melakukannya. Luffy akan menghentikan pihak Pemerintah Dunia.

Luffy pun diprediksi akan menemukan Road Poneglyph terakhir dan menjadi sosok yang dekat dengan One Piece, serta mengetahui rahasia sebenarnya dari abad yang hilang. Selain armada besar kelompok Topi Jerami, Luffy pun masih memiliki pihak yang siap membantunya merubah dunia seperti Pasukan Revolusi dan juga Rayleigh. Hampir di setiap peristiwa besar, selalu ada keterlibatan Luffy di dalamnya. Mungkin, setelah arc Wano selesai, surat kabar Morgan akan siap memberikan Luffy gelar “Calon Raja Bajak Laut Baru.”

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.