Buah iblis kembali menjadi pembicaraan hangat di kalangan fans One Piece setelah apa yang diperlihatkan pada chapter 1030 kemarin. Dalam chapter tersebut diperlihatkan bagaimana Eustass Kid dan Trafalgar Law mendapatkan kemampuan baru, yang diyakini sebagai ‘awakening’ atau kebangkitan dari buah iblis mereka – Jiki Jiki no Mi dan Ope Ope no Mi.

Dengan kebangkitan buah iblis tersebut, diperlihatkan bagaimana mereka mampu menghajar Big Mom. Memang, masih belum diketahui bagaimana nasib selanjutnya dari Big Mom, apakah dia masih hidup atau terluka. Namun, membahas mengenai kebangkitan buah iblis ini tentunya menarik mengingat kompleksitas dari mekanisme terkait dengan buah iblis yang masih menjadi sebuah misteri besar.

Awakening atau kebangkitan sendiri pada intinya adalah sebuah proses di mana pengguna buah iblis mampu menggunakan seluruh kekuatan atau menggunakan kekuatan penuh dari buah iblis yang mereka miliki. Hal ini bisa dilihat dari efek yang mereka hasilkan dan juga bagaimana dahsyatnya kekuatan tersebut. Lalu, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apa yang dibutuhkan pengguna buah iblis untuk bisa membangkitkan buah iblisnya?

Teori: Bagaimana Kekuatan Awakening Zoan Sebenarnya?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kita masih belum mengetahui bagaimana mekanisme pasti dari buah iblis. Artinya kita pun belum tahu tahapan apa saja yang harus dilalui oleh pengguna buah iblis sebelum kemudian mereka bisa membangkitkan kemampuan buah iblisnya. Sehingga tidak ada penjelasan pasti mengenai kebangkitan buah iblis. Namun, dilihat dari apa yang terjadi selama ini, kemungkinan kebangkitan buah iblis ada kaitannya dengan seberapa sering dan seberapa paham penggunanya terhadap kekuatan dan juga buah iblis mereka.

Hal ini bisa dilihat dari beberapa karakter yang sudah berhasil membangkitkan kemampuan buah iblisnya. Contohnya adalah Doflamingo. Usianya saat ini diperkirakan adalah 41 tahun dan dia sudah memakan buah iblis Ito Ito no Mi sejak usianya masih 10 tahun. Artinya, Doflamingo sudah memiliki buah iblis tersebut selama 31 tahun. Tentu dengan jangka waktu tersebut Dofy sudah sangat menguasai buah iblisnya.

Inilah mungkin alasan mengapa kemudian dia mampu membangkitkan buah iblisnya dan menggunakan teknik birdcage untuk mengurung Dressrosa. Kemudian kita melihat sosok Katakuri, yang usianya saat ini diperkirakan adalah 48 tahun. Dia sudah memakan buah iblis Mochi Mochi no Mi ketika usianya masih 5 tahun, yang artinya Katakuri sudah menguasai buah iblisnya selama 43 tahun.

Awakened Devil Fruit Users : r/OnePiece

Kemudian contoh lainnya, sosok Gild Tesoro sudah menguasai buah iblis miliknya selama 12 tahun, dan Douglas Bullet selama 32 tahun. Namun, yang perlu menjadi catatan penting dalam hal ini adalah semuanya masih spekulatif. Meskipun waktu mungkin memiliki peran penting untuk bisa membangkitkan kekuatan buah iblis, namun dipastikan bahwa itu bukanlah satu-satunya faktor.

Pasalnya ada juga karakter yang sudah lama memiliki buah iblis, namun masih belum ada tanda-tanda dia sudah membangkitkan kemampuannya. Contohnya adalah Buggy. Kekuatan tekad juga mungkin memiliki peran untuk bisa membangkitkan kemampuan buah iblis. Ketika seseorang mampu menembus batas kekuatan mereka, maka bisa dipastikan mereka pun akan mengalami peningkatan atau membuka peluang baru dari kekuatan yang mereka miliki.

Selanjutnya, seberapa sering pengguna buah iblis tersebut melatih atau menggunakan kemampuan buah iblisnya. Sudah menjadi logika umum bahwa kemampuan harus terus dilatih dan diasah agar semuanya semakin hebat dan terbiasa. Sama halnya dengan pengguna buah iblis, di mana mereka memang akan mendapatkan kekuatan secara instan setelah memakan buah iblis.

Teori: Lebih Kuat Awakening atau Haki di One Piece?

Namun, ketika mereka tidak melatih kekuatan tersebut bukan tidak mungkin jika kekuatan buah iblis tersebut menjadi tidak berguna. Dan tentunya hal itu tidak bisa juga membuat mereka membuka peluang untuk membangkitkan kekuatan buah iblisnya. Buggy kembali menjadi contoh nyata dari hal ini. Semakin kekuatannya diasah, maka semakin besar peluang mereka bisa membangkitkan buah iblisnya.

Kemungkinan terakhir adalah seberapa “cocok” kekuatan buah iblis dan penggunanya. Seperti yang pernah disebutkan Doflamingo, buah iblis dan penggunanya adalah dua entitas yang berbeda. Hal ini mungkin bisa menjelaskan bahwa meskipun ada banyak karakter yang memiliki kemampuan buah iblis, selama keduanya dirasa “tidak cocok” maka kebangkitan tersebut tidak akan pernah terjadi.

Pertanyaan besar terakhir adalah apakah semua buah iblis mampu untuk dibangkitkan? Tidak ada jawaban pasti mengenai hal ini. Kemungkinan semua jenis buah iblis mampu dibangkitkan, dengan syarat semua kemungkinan di atas terpenuhi. Kita nantikan saja ya Geeks akan seperti apa kebangkitan buah iblis Gomu Gomu milik Luffy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.