Cerita puncak dari chapter 1030 kemarin adalah kita akhirnya melihat bagaimana Law dan Kid “membangkitkan” kemampuan buah iblis mereka. Dalam akhir chapternya, kita melihat Kid terhempas ke luar istana akibat teknik “Ikoku” milik Big Mom. Robot tengkorak dari besi yang dia ciptakan pun tidak berefek apa-apa kepada Big Mom. Kid sendiri hampir saja tewas setelah Big melakukan serangan epik dari gabungan Napoleon dan Hera.

Namun, sempat muncul momen flashback dari percakapan Law dan Kid tentang membangkitkan buah iblis mereka. Keduanya beranggapan bahwa kekuatan tersebut hanya digunakan untuk serangan terakhir mereka. Hal ini dikarenakan kekuatan yang dikeluarkan belum stabil dan bisa membunuh mereka. Law pun menggunakan teknik “Kroom” dan “Anesthesia” di mana teknik ini membuat Law bisa mengoperasi Big Mom dari dalam tubuhnya.

Di sisi lain, Kid pun melakukan hal yang sama. Dia menggunakan teknik yang disebut “Assign” di mana Kid mengubah Big Mom menjadi sebuah magnet raksasa. Semua benda-benda yang terbuat dari material besi atau baja tertarik ke tubuh Big Mom. Napoleon dan semua senjata dari pasukan Kaido tertarik oleh magnet di tubuh Big Mom. Kid kemudian mengakhiri serangannya dengan teknik “Punk Crash.”

Reddit - Dive into anything

Namun, terdapat sebuah teori bahwa apa yang diperlihatkan di chapter 1030 tersebut sebenarnya bukanlah awakening yang sebenarnya. Melainkan kemampuan sebelum kemudian mereka menggunakan awakening mereka. Fakta bahwa mereka saling berdiskusi mengenai penggunaan awakening menandakan bahwa situasinya memang sudah mengharuskan mereka untuk melakukan hal tersebut alias sudah bahaya.

Berdasarkan teorinya, kemampuan awakening keduanya dibagi menjadi dua. Yang pertama, kemungkinan kemampuan awakening Law membuatnya mampu untuk membuat ruangan-ruangan yang lebih kecil dan lebih kuat yang berasal dari berbagai objek seperti pedangnya. Sedangkan, sebelumnya Law hanya melapisi atau menghasilkan ruangan (room) dengan membuat kubah di sekitarnya.

Kedua, kemungkinan awakening Kid mampu membuatnya mengendalikan magnet yang ada di sekitarnya. Seperti yang kita ketahui, ketika buah iblis berjenis Paramecia membangkitkan kekuatannya, maka mereka akan mampu memanipulasi lingkungan sekitarnya, bukan hanya tubuh dari penggunanya. Itulah yang terjadi kepada Big Mom di panel terakhir chapter 1030 kemarin.

Mengapa kemudian Kid dan Law baru sekarang menggunakan kekuatan awakening buah iblisnya? Mereka sadar bahwa Big Mom bukanlah lawan biasa. Seperti yang kita ketahui, Big Mom memiliki lapisan kulit yang sangat kuat. Seperti halnya Kaido, tidak mudah untuk bisa melukai atau menyerang Big Mom. Masih belum diketahui apakah yang melapisi tubuh Big Mom tersebut adalah Kenbunshoku Haki tingkat tinggi atau Haoshoku Haki seperti halnya Kaido.

Kemungkinan mereka berdua sedang merencanakan sesuatu di mana dengan menggunakan kemampuan terbaru mereka ini, keduanya mencoba untuk “menguliti” Haki yang melapisi tubuh Big Mom. Caranya adalah dengan memanfaatkan teknik terbaru Law tersebut, di mana dia mampu menembus kulit dari Big Mom. Bahkan, Big Mom diperlihatkan mengeluarkan darah dari mulutnya.

Serangan tersebut menjadi sebuah alternatif dari bentuk Haoshoku atau Busoshoku Haki yang melapisi serangan, seperti yang diperlihatkan oleh Luffy kepada Kaido. Apa yang diperlihatkan tersebut kemungkinan adalah cara Oda Sensei untuk bisa membuat Law tetap pada jalurnya, sebagai rival dari Luffy, tanpa harus memberikan juga peningkatan kekuatan Haki kepada Law.

Ketika Big Mom sudah terluka parah, Kid langsung menyerangnya dengan kekuatannya. Kemungkinan Kid tahu bahwa jika tubuh Big Mom dilapisi Haki, tetapi tidak dengan darahnya. Sehingga, Kid memanfaatkan darah Big Mom tersebut untuk mengubahnya menjadi magnet. Seperti yang dibahas dalam artikel sebelumnya, terdapat unsur besi di dalam darah. Kid memanfaatkan hal tersebut dan hasilnya seperti yang kita lihat di chapternya.

Jadi, pada intinya, apa yang diperlihatkan di akhir chapter 1030 ini kemungkinan bukanlah upaya penuh untuk bisa menghabisi Big Mom. Tetapi, semua itu merupakan upaya dari keduanya untuk membuat Big Mom kalah. Dimulai dari upaya Law dengan menyerang organ dalam Big Mom, yang kemudian membuat Kid bisa menggunakan kemampuan terbarunya. Jika serangan ini memang efektif, bisa dipastikan peran dari Big Mom di arc ini akan berakhir.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.