Sebentar lagi penggemar Indonesia akan bisa menyaksikan film Eternals di bioskop Indonesia. Dirilis pada tanggal 3 November 2021, film Eternals untuk pertama kalinya akan memperkenalkan ras kosmik Bumi yang merupakan bagian dari Marvel Cinematic Universe. Mereka adalah Eternals yang diciptakan untuk melindungi dan membimbing umat manusia. Di filmnya nanti, para Eternals ini akan menghadapi ras Deviants, yang bertujuan untuk membuat kekacauan di Bumi. Kedua ras kuat ini diciptakan oleh entitas kosmik yang jauh lebih kuat lagi, yaitu Dewa Ruang Angkasa yang disebut Celestials.

Celestials sebenarnya sudah diperkenalkan di MCU sejak lama. Sosok Celestials yang pertama kali terungkap adalah Eson the Searcher di film Guardians of the Galaxy (2014), di mana dia diperlihatkan menghancurkan sebuah planet dengan Power Stone, salah satu Infinity Stones. Celestials versi MCU masih terlihat mirip seperti desain awal yang dibuat oleh Jack Kirby di Marvel Comics. Mereka hadir seperti sosok yang mengenakan baju selam dasar laut. Selain Eson, ada juga sisa tengkorak Eternals yang disebut Knowhere. Dan di film Eternals nanti, para Celestials ini akan dieksplorasi lebih jauh lagi.

Di Marvel Universe, Celestials adalah sosok yang maha segalanya. Mereka terkenal sebagai entitas kosmik misterius yang sering menciptakan kehidupan dan juga menghancurkannya. Mereka hadir dengan fisik yang sangat kuat, pada beberapa titik mereka hadir sebagai sosok raksasa dengan tinggi 600 meter dan berat 10.000 ton. Para Celestials mempunyai keunikannya sendiri yang bisa dibedakan berdasarkan warna dan julukannya, misalnya Arishem the Judge yang berwarna merah atau Jemiah the Analyzer yang berwarna hijau. Dengan banyaknya Celestials di MCU, siapa sebenarnya yang paling kuat diantara mereka?

Ada banyak Celestials di Marvel Universe, beberapa diantaranya yang paling terkenal adalah Exitar the Executioner, Nezarr the Calculator, Eson the Searcher, Gammenon the Gatherer, Jemiah the Analyzer, Tefral the Surveyor, Gamiel the Manipulator, Devron the Experimenter, Arishem the Judge. Dan yang sudah muncul di MCU adalah Eson, serta Jemiah dan Arishem yang pertama kali terlihat di trailer film Eternals.

Sejak pertama kali muncul di Marvel Comics, tidak pernah ada data tertulis yang mengukur kekuatan masing-masing Celestials. Namun, Arishem the Judge adalah sosok yang paling sering terlihat memimpin para Celestials. Selain itu, dia juga lebih sering tampil daripada Celestials lain. Diceritakan bahwa Arishem the Judge adalah Celestials yang menentukan nasib banyak planet setiap 50 tahun sekali, termasuk salah satunya adalah Bumi. Arishem mempunyai kemampuan kosmik yang tidak terbatas, armornya saja bahkan bisa menahan serangan yang dapat menghancurkan sebuah planet dengan sekali tembak.

Namun, sebenarnya ada sosok lain lagi yang jauh lebih kuat dari Arishem, dia adalah Celestials bernama One Above All. Bagi OAA, Arishem tidak ada apa-apanya. Sementara posisi kekuatan Arishem masih tidak terlalu jauh dari Celestials lain, OAA mengukuhkan posisi sebagai Celestials terkuat. OAA sangat jarang diceritakan di Marvel Comics, tetapi di awal kemunculan Celestials, bahkan Arishem pun menurut padanya. Untuk menilai kekuatannya, hanya perlu menerjemahkan namanya, yaitu “Satu Tingkat Di Atas Semua”. Jadi dengan kata lain, OAA selalu lebih tinggi satu tingkat dari siapa pun.

Jika MCU mengambil arah yang sama seperti di Marvel Comics, kemungkinan Arishem the Judge adalah Celestials terkuat sejauh ini, sampai nanti akhirnya terungkap bahwa OAA ada di MCU juga. Namun, dengan statusnya yang “maha segalanya”, bukan berarti Celestials tidak bisa mati. Karena dalam beberapa kesempatan Celestials dapat terbunuh oleh kekuatan Phoenix Force atau pedang All-Black, yang kemungkinan akan muncul juga di MCU kedepannya. Jangan lewatkan film Eternals nanti, agar kita mengetahui lebih jauh siapa sebenanya Celestials.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.