The Batman digadang-gadang akan menjadi film superhero DC pertama yang akan terasa seperti film horor. Hal itu karena filmnya menghadirkan sosok Batman yang brutal dalam memburu setiap penjahat Kota Gotham. Berbeda dengan versi live-action Batman sebelumnya, film ini akan menceritakan tahun kedua Bruce Wayne sebagai Batman di Earth-2. Di film yang diarahkan oleh sutradara Matt Reeves ini, Batman akan menghadapi seorang pembunuh berantai cerdas dan misterius bernama Riddler, begitu juga dengan para penjahat Kota Gotham lainnya, seperti Catwoman, Penguin, dan Carmine Falcone.

The Batman dibintangi oleh Robert Pattinson sebagai Bruce Wayne alias Batman, Zoƫ Kravitz sebagai Selina Kyle alias Catwoman, Paul Dano sebagai Edward Nashton alias Riddler, Jeffrey Wright sebagai Komisaris James Gordon, Andy Serkis sebagai Alfred Pennyworth, Colin Farrell sebagai Oswald Cobblepot alias Penguin, dan John Turturro sebagai Carmine Falcone. Setelah perilisan trailer barunya beberapa waktu lalu, banyak penggemar yang cukup yakin bahwa film The Batman akan menjadi salah satu film live-action terbaik DC dengan sinematografi yang memukau.

Melihat sinematografi apik di trailernya, banyak penggemar yang penasaran dengan anggaran film The Batman. Baru-baru ini, Deadline mengabarkan bahwa film The Batman telah menghabiskan anggaran sebesar 100 juta dolar atau sekitar 1,4 triliun rupiah. Walaupun nilainya tidak sebesar film superhero lain, tetapi di era pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, nilai tersebut bisa dibilang cukup berani.

Belum jelas apakah biaya tersebut adalah murni untuk produksinya atau termasuk biaya penundaan filmnya juga, mengingat awalnya film ini direncanakan rilis pada tahun 2021 ini. Sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Warner Bros. terkait kabar anggaran film The Batman.

Sekadar pembanding, anggaran The Batman ini sedikit lebih besar dari film Joker (2019) yang menelan anggaran sekitar 780 milliar rupiah, dan Birds of Prey (2020) yang menelan anggaran sekitar 1,15 triliun rupiah. Masih perlu dilihat secara keseluruhan akan seperti apa dampak dari anggaran tersebut pada filmnya. Kita buktikan saja nanti saat The Batman rilis pada tanggal 4 Maret 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.