Doctor Strange adalah karakter Marvel yang sangat sering diceritakan dalam berbagai kisah, dari mulai Marvel Comics, live-action Marvel Cinematic Universe, sampai di serial animasi What If…? yang saat ini telah memasuki minggu keempat penayangannya. Tiga episode What If…? sebelumnya memperlihatkan bagaimana realitas alternatif MCU bekerja dengan situasi yang sama, namun kisah dan karakternya yang relatif baru. Sementara ketiga episode awal berjalan masing-masing, ada kemungkinan di episode 4 yang akan tayang hari ini, Doctor Strange akan menjadi penghubung semua timeline di What If…?.

What If…? episode 4 kali ini akan menceritakan peristiwa alternatif dari film Doctor Strange, di mana Stephen Strange mengalami kecelakaan tragis yang merenggut fungsi tangannya. Namun di serial animasi ini, alih-alih dirinya yang terluka, justru kekasihnya yang meninggal dalam kecelakaan tersebut. Hal itu membuat Strange merasa bersalah dan menginginkan kekuatan besar agar bisa membangkitkan kekasihnya. Dalam pencarian kekuatan tersebut tampaknya Strange jatuh pada kegelapan dan membuatnya menjadi ‘terlihat’ jahat, sebelum akhirnya Strange dari alam semesta lain datang kepadanya!

Di salah satu trailer promosi episode 4, terlihat Strange yang kemungkinan berasal dari alam semesta lain masuk ke dalam sebuah portal yang mirip seperti portal Spider-Verse di film Spider-Man: Into the Spider-Verse. Portal tersebut tampaknya membawa Strange ‘baik’ pada alam semesta Doctor Strange jahat di What If…?. Hal itu terlihat pada cuplikan adegan berikutnya yang memperlihatkan Strange jahat bertarung dengan Strange baik. Di sini teori kita dimulai! Ada kemungkinan Strange baik mengetahui lebih dahulu adanya multiverse, kemudian dia berniat mencari varian dirinya untuk memberi tahu hal tersebut.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Strange jahat yang kaget dan tidak percaya justru malah menyerang Strange baik, sebelum akhirnya Strange jahat percaya bahwa multiverse benar-benar ada. Namun, sayangnya Strange baik entah bagaimana caranya sudah kembali ke alam semestanya sendiri, dan sekarang tugas Strange jahat untuk menyampaikan pada yang lain sekaligus menjawab semua pertanyaan multiverse. Dia kemudian mengunjungi semua alam semesta atau timeline di episode-episode sebelumnya dan bertemu dengan para karakternya, termasuk Captain Carter yang diperkenalkan di What If…? episode 1.

Walaupun ada kemungkinan alam semesta Doctor Strange jahat masih sama dengan alam semesta Captain Carter, yang jelas episode 3 tidak sama karena masih memperlihatkan Captain America dalam ceritanya. Bagaimanapun itu, tampaknya Strange akan memberi tahu semua karakter di masing-masing episode, termasuk episode yang akan datang, sehingga semua timeline di What If…? akan saling terhubung oleh kesadaran para karakter utamanya. Dari titik episode 4 ini, kemungkinan setiap episode mendatang akan saling terkait satu sama lain, dan Watcher tampaknya tidak akan suka dengan hal ini.

Walaupun terlalu dini dan gila untuk mengatakan bahwa Watcher akan menjadi penjahat utama yang dihadapi oleh para karakter utamanya di serial What If…?, tetapi sejauh ini hal itu yang bisa disimpulkan, mengingat hanya Watcher yang sadar sejak awal dan mengawasi semuanya. Yang jelas semuanya hanya akan bisa terjadi jika Doctor Strange jahat menghubungkan semua realitas dengan cara yang kita bahas di atas. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Kita buktikan saja kebenarannya nanti saat What If…? episode 4 tayang sore hari ini, jam 15.00 di Disney+.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.