Para fans dari franchise Digimon diajak kembali bernostalgia dengan reboot dari seri Digimon Aventure yaitu Digimon Adventure 2020. Meski pun begitu, pada kenyataanya seri reboot ini mendapatkan tanggapan yang beragam dari para fans. Sebagian mengatakan bahwa seri reboot ini tidak lebih menarik dan kualitasnya tidak lebih baik dari seri sebelumnya.

Meski pun semua itu hanya masalah opini, namun salah satu hal yang menjadi “keunggulan” dari seri terbaru ini adalah lebih banyaknya para monster yang mendapatkan Mega evolution. Dalam seri sebelumnya, hanya beberapa karakter saja yang mendapatkan Mega evolution. Namun, di seri terbaru ini kita melihat ada beberapa karakter lainnya yang mendapatkan hal yang sama.  Berikut adalah deretan para monster yang mendapatkan Mega evolution.

Taichi: WarGreymon & BlitzGreymon

Diperkenalkan di episode 30 Digimon Adventure 2020, salah satu monster favorit para fans, WarGreymon, mendapatkan Mega evolution menjadi MetalGreymon. Sebelumnya, MetalGreymon sendiri berevolusi dari Greymon, yang berevolusi dari Agumon. Pada saat menghadapi Devimon dan juga form ultimatenya, DoneDevimon, MetalGreymon mampu menggunakan kekuatan WarGreymon tanpa harus melakukan transformasi.

Selain berubah menjadi MetalGreymon, monster ini juga mendapatkan Mega evolusi lainnya menjadi BlitzGreymon. Yang menarik adalah BlitzGreymon merupakan karakter yang hanya ada di seri gamenya. Momen ini terjadi di episode 36, di mana form baru ini ikut membantu Koshiro dan AtlurKabuterimon mencegah stasiun luar angkasa jatuh ke bumi.

Yamato: MetalGarurumon & CresGarurumon

Episode 45 dari serinya menghadirkan kembali salah satu monster favorit fans lainnya yaitu MetalGarurumon, yang merupakan form Mega evolution dari WereGarurumon. WereGarurumon sendiri merupakan evolusi dari Garurumon yang sebelumnya berevolusi dari Gabumon. Yamato dan WereGarurumon berhasil mencapai form MetalGarurumon saat mereka berlomba dengan Machmon.

Mengikuti jejak Taichi, Yamato juga mendapatkan form Mega evolutin lainnya dari WereGarurumon yaitu CresGarurumon. Momen ini diperlihatkan dalam episode 56, di mana pada saat itu sang monster diperlihatkan bertarung di sebuah hutan berhantu melawan Zanbamon. Pertarungan tersebut kemudian memunculkan Mega evolution dari CresGarurumon.

Hikari: Holydramon & Orphanimon

Selain dua karakter utama, Taichi dan Yamato, karakter lainnya pun mendapatkan Mega evolution. Contohnya adalah Hikari.  Adik dari Taichi ini bisa dibilang beruntung karena bisa memiliki partner seekor Holy Digimon yaitu Gatomon/Tailmon. Monster ini mempertahankan Champion level sebagai dasar form mereka. Gatomon sendiri kemudian mendapatkan Mega evolution pertamanya menjadi Holydramon/Magnadramon, yang muncul di episode 50 untuk menghentikan rencana Millenimon. Sejak saat itu, serinya memberikan petunjuk mengenai Mega evolution lainnya yaitu Orphanimon. Hanya tinggal masalah waktu sebelum Oprhanimon benar-benar melakukan debutnya.

Takeru: Goddramon & Seraphimon

Adik dari Yamato, Takeru, juga mendapatkan Mega evolution kedua dari monster miliknya. Patomon merupakan monster partner miliknya yang sempat berevolusi menjadi Angemon. Angemon sendiri kemudian mendapatkan Mega evolution menjadi Goddramon yang muncul bersama Holydramon dalam pertarungan melawan Milleniumon. Goddramon berhasil menguras kekuatan lawan, yang mempermudah WarGreymon untuk menghancurkannya.

Digimon Adventure 2020 kembali menghadirkan Mega evolution lainnya dari MagnaAngemon, yaitu Seraphimon. Kemunculan Seraphimon sendiri diperlihatkan di episode 61 kemarin, ketika MagnaAngemon bekerja sama dengan Gravimon untuk mengembalikan Eldoradimon ke asalnya. Seperti halnya Orphanimon, hanya tinggal masalah waktu bagi Seraphimon muncul dengan lebih baik.

Sora: Hououmon

Episode 52 memperkenalkan kita pada sosok monster Hououmon, yang juga dikenal sebagai Phoenixmon, yang merupakan Mega form dari Garudamon. Garudamon adalah bentuk evolusi dari Birdramon, yang sebelumnya adalah Biyomon. Dalam pencarian Crest of Love, Sora berhasil membuat Biyomon mencapai Mega evolution untuk memadamkan erupsi gunung berapi.

Berkat hal tersebut, mereka berhasil menyelamatkan orang-orang yang mencoba menyelamatkan diri dari lahar panas. Seperti halnya Gatomon, Hououmon juga berada dalam kendali Holy Rings, yang mana hal tersebut membuat Hououmon bukan hanya monster yang mampu mencapai Mega evolution, tetapi juga menjadi salah satu monster penting di Digital World.

Mimi: Rosemon

Rosemon pertama kali diperkenalkan di episode 55, dan menjadi salah satu Mega evolution paling elegan. Rosemon sendiri merupakan mega evolution dari Lilimon, yang berevolusi dari Togemon dan berevolusi dari Palmon. Dikenal sebagai “Ratu dari Bunga-bunga,” Rosemon memiliki penampilan yang mirip dengan sosok Poison Ivy, lengkap dengan potensi bahaya dan kengerian yang dia hadirkan.

Koshiro: HerculesKabuterimon

Diperkenalkan di episode 59, HerculesKabuterimon merupakan hasil dari Mega evolution yang dilakukan oleh DigiDestined dalam membuka potensi penuh puncak kemampuan mereka. Dalam hal ini, Koshiro berhasil membuka potensi penuh Crest of Knowledge, yang mana hal tersebut membuatnya harus berhadapan dengan Nanomon. Nanomon sendiri berusaha untuk menjebak Koshiro dengan berbagai trik dan juga berbagai hal lainnya di sarangnya.

HerculesKabuterimon sendiri merupakan form Mega evolution dari Atlur Kabuterimon, yang berevolusi dari Kabuterimon, dan sebelumnya adalah Tentamon. HerculesKabuterimon memiliki cangkang emas yang sama dengan CresGarurumon, juga sedikit ada sentuhan samurai dalam desain karakternya.

Joe: Vikemon

Berkat Joe yang berhasil membuka potensi penuh monster partnernya, akhirnya Ultimate-level Zudomon berhasil mendapatkan Mega evolution menjadi Vikemon seperti yang diperlihatkan di epiosde 60. Vikemon sendiri muncul ketika Joe dan Zudomon bertarung melawan Olegmon. Vikemon sendiri berhasil mempertahankan kemenangan dan juga status dari Joe. Zudomon sendiri merupakan evolusi dari Ikkakumon yang sebelumnya adalah Gomamon.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.