Di chapter 1000 yang rilis awal tahun lalu, kita diperlihatkan hal menarik dari Zoro. Zoro tampak menggunakan teknik milik Kinemon untuk menghentikan serangan Big Mom. Teknik tersebut sangat menarik karena untuk pertama kalinya Zoro menggunakan teknik orang lain. Sepanjang sejarahnya di One Piece, Zoro tidak pernah sekalipun menggunakan teknik orang lain. Zoro selalu yakin bahwa teknik miliknya sudahlah cukup dalam mengalahkan musuh.

Tidak diketahui mengapa Zoro menggunakan teknik Kinemon tersebut, tetapi ada kemungkinan Zoro menyadari bahwa musuhnya bukanlah lawan yang biasa. Zoro sendiri sepertinya sudah melihat teknik bernama Foxfire Style sejak di arc Dressrosa. Ketika melihat Luffy mendapatkan serangan dari Big Mom, tanpa pikir panjang, Zoro lantas menggunakan Foxfire Style. Itu dilakukan semata-mata hanya untuk melindungi rekannya, Luffy.

Walau Zoro baru pertama kali menggunakan Foxfire Style, tetapi ia berhasil membelah Promotheus. Nah selain itu, ada yang unik dari Foxfire Style. Teknik tersebut mirip dengan teknik Zoro bernama Hiryu: Kaen atau Flaming Flash. Yang menjadi pertanyaan besar adalah apakah Flaming Flash Zoro setara dengan Foxfire? Masih belum diketahui, tetapi yang jelas Zoro berhasil meniru teknik yang menjadi ciri khas Kinemon. Lantas bagaimana cara Zoro bisa menirukan Foxfire secara sempurna?

Mungkin Zoro memiliki kemampuan khusus di mana ia mampu menirukan teknik orang lain setelah ia mengamati tekniknya. Zoro kemungkinan besar dapat menirukan teknik orang lain berkat kemampuan di mata sebelah kirinya yang selalu tertutup. Bisa jadi bahwa selama ini, mata tersebut pernah diam-diam dibuka, dan kemudian melihat teknik musuh dan menghapalnya. Jika diumpamakan, mata tersebut mirip Sharingan yang dimiliki oleh Kakashi Hatake di seri Naruto.

Seperti yang kita ketahui bahwa Sharingan mampu membuat sang pengguna menirukan berbagai jurus orang lain. Kakashi pun selalu menutup matanya sehingga tidak ada orang lain yang mengira bahwa Kakashi memiliki Sharingan. Mungkin saja bahwa selama ini mata Zoro selalu ditutup untuk menutupi kemampuannya, agar tidak ada orang lain yang mengetahuinya. Berkat mata tersebut, Zoro dapat menirukan teknik orang lain tanpa perlu berlatih.

Namun Geeks semua itu masih sebatas teori, dan Oda memang selalu merahasiakan segala sesuatunya hingga akhirnya akan terungkap dalam ceritanya. Apakah Oda akan menjelaskan kemampuan Zoro di masa depan? Kita tunggu aja ya Geeks kejutan apa yang coba Oda hadirkan dalam serinya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/