Kita semua tahu bahwa Big Mom dan Kaido adalah dua karakter yang sangat kuat. Hampir tidak ada serangan yang mampu melukai tubuh keduanya, bahkan serangan yang dilapisi oleh Armament Haki pun sama sekali tidak berguna. Inilah yang membuat mereka sulit untuk dikalahkan. Pada awalnya, banyak yang berpikir bahwa Armament Haki keduanya sudah jauh di atas yang lain.

Namun, semua kemampuan tersebut dikarenakan Haki Penguasa level tinggi. Di chapter 1010 kemarin kita diberi tahu bahwa hanya sebagian orang yang bisa melakukannya. Haki Penguasa tingkat lanjut dilapisi kepada salah satu bagian dari tubuh. Namun, bagaimana jika mereka mampu melapisi seluruh tubuhnya dengan Haki Penguasa tingkat lanjut?

Hal ini tentunya akan membuat mereka seolah menggunakan baju pelindung yang tidak bisa hancur, dan hanya bisa ditaklukan dengan sebuah pukulan dahsyat atau dengan melemahkan armornya. Inilah alasan mengapa Haki Penguasa tingkat lanjut dan Ryuo tingkat lanjut mampu melukai Kaido. Ada bukti yang mendukung teori tersebut, misalnya ketika Big Mom terluka.

Ketika Big Mom sangat terkejut melihat foto dari Mother Caramel hancur, kita melihat bagaimana lututnya berdarah. Sebagian fans berpendapat bahwa hal itu terjadi karena mental Big Mom tidak stabil, yang mana hal itu membuatnya lemah. Meskipun ada benarnya, ada hal lain yang muncul dari peristiwa tersebut. Sebelum Big Mom terjatuh dan melukai lututnya, dia sempat melepaskan Haki Penguasa yang dia miliki.

Mengapa kemudian hal ini menjadi signifikan? Artinya setelah Big Mom melepaskan Haki Penguasanya miliknya, maka dia tidak akan bisa menggunakannya dalam jangka waktu tertentu. Inilah alasan mengapa sosok kuat seperti Kaido tidak melakukan hal yang sama seperti Big Mom. Dia tahu bahwa jika dia melepaskan Haki Penguasa miliknya, maka dia akan mengalami kesulitan.

Mungkin ini juga alasan mengapa Whitebeard tidak sekuat Big Mom dan Kaido saat Marineford. Whitebeard tentunya memiliki kemampuan yang sama dengan kedua Yonko tersebut, namun dikarenakan usianya yang sudah tua dan juga penyakit yang dia derita, membuatnya kesulitan dalam penggunaan Haki Penguasa. Dan karena hal inilah dia dapat dengan mudah diserang oleh pedang atau pun peluru.

Jika kemudian teorinya benar, maka bisa diasumsikan bahwa alasan mengapa Kaido dan Big Mom sulit untuk ditaklukan adalah karena Haki Penguasa tingkat lanjut yang mereka miliki. Bukan akibat biologis atau efek buah iblis. Apakah Luffy bisa mempelajarinya pada masa yang akan datang? ini tentunya merupakan kemampuan yang hanya bisa dilakukan oleh para karakter hebat di cerita One Piece.

Artinya, jika Luffy mampu melakukannya, maka dia membuktikan bahwa dia adalah salah satu legenda besar di serinya. Tentunya akan lebih baik jika Luffy memiliki kemampuan tersebut, karena lawan yang dihadapi di kemudian hari akan jauh lebih berat dan lebih besar. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.