Ada sebuah konspirasi besar yang mungkin muncul di balik peristiwa hilangnya buah iblis Gomu Gomu 12 tahun yang lalu, yang membuat Who’s Who harus dipenjara. Lalu, konspirasi apa yang dimaksud? Sebuah fakta menarik muncul di chapter terbaru One Piece di mana kita diberi tahu bahwa ternyata Who’s Who dahulu pernah menjadi bagian dari Pemerintah Dunia.

Dalam chapter 1017 kemarin dijelaskan bahwa ternyata Who’s Who dahulunya adalah mantan anggota CP9. Hal ini diketahui setelah dia menggunakan berbagai teknik ‘Rokushiki’ yang merupakan milik Pemerintah Dunia – seperti Tekkai, Ranyaku, dan Soru – saat bertarung melawan Jinbei. Bahkan, menurut pengakuannya sendiri Who’s Who adalah rival dari Rob Lucci, dan selalu disandingkan dengannya.

Berdasarkan hal tersebut, artinya dari segi kekuatan Who’s Who merupakan sosok yang kuat. Rob Lucci sendiri diperlihatkan sangat tangguh saat menghadapi Luffy di arc Enies Lobby, yang artinya Who’s Who tidak jauh berbeda dengan Lucci. Meskipun begitu, pada kenyataanya Rob Lucci yang justru menjadi perhatian Pemerintah Dunia dan bahkan dia yang diangkat menjadi kepala CP9.

Menurut Shanks, di chapter Romance Dawn, buah iblis Gomu Gomu merupakan salah satu buah iblis paling langka di lautan. Namun, apakah memang sepenuhnya salah Who’s Who ketika buah iblis tersebut hilang? Apakah kemudian hukumannya memang harus dipenjara? Bagaimana jika semua itu merupakan sebuah skema besar dari konspirasi yang ada?

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa Who’s Who dahulu merupakan rival dari Rob Lucci. Rob Lucci sendiri merupakan sosok yang sangat kejam, yang tidak segan untuk membunuh siapa pun. Selain menjadi anggota CP9, dia juga merupakan bagian dari kelompok mata-mata pemerintah yaitu CP-0. Pertanyaannya bagaimana jika apa yang terjadi pada 12 tahun lalu sebenarnya merupakan perbuatan Rob Lucci untuk menyingkirkan Who’s Who?

Memang kita tidak pernah tahu seperti apa persaingan yang terjadi antara Who’s Who dan Rob Lucci. Namun, dari apa yang diceritakan oleh Who’s Who di chapter 1017 kemarin dan bagaimana ekspresinya ketika dia menceritakan hal tersebut, bisa disimpulkan bahwa Who’s Who seperti membenci atau menaruh dendam terhadap sosok Rob Lucci.

one-piece-1017-16 — ImgBBJika memang persaiangan atau rivalitas mereka sehat, maka hubungan keduanya mungkin akan mirip seperti Shanks dan Mihawk atau mungkin Luffy dan Eustass Kidd. Karena itulah, bisa jadi Rob Lucci memang sengaja membuat sebuah konspirasi besar untuk menyingkirkan Who’s Who. Apakah artinya Shanks mengenak sosok Rob Lucci? Kecil kemungkinan Rob Lucci mengenal sosok Shanks.

Skema yang mungkin disiapkan oleh Rob Lucci adalah membuat Who’s Who lengah sehingga penjagaanya terhadap buah iblis Gomu Gomu melemah, dan tidak sadar bahwa buah iblisnya sudah dicuri oleh bajak laut. Rob Lucci tidak peduli siapa yang kemudian mencuri buah iblisnya, dan kebetulan kelompok Shanks yang kemudian berminat terhadap buah Gomu Gomu. Setelah buah iblisnya dicuri, Who’s Who pun harus menanggung resikonya, sampai kemudian dia mengetahui fakta yang sebenarnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.