Ternyata Gomu Gomu bukanlah buah iblis biasa. Buah iblis yang sekarang dimiliki oleh Luffy tersebut ternyata merupakan buah iblis yang sangat penting, khususnya bagi Pemerintah Dunia. Bahkan, buah iblis ini dijaga oleh salah satu anggota CP-9 yang sekarang membelot ke kelompok bajak laut Beasts. Lalu, sebenarnya sepenting apa buah iblis Gomu Gomu?

Saat pertama kali buah iblis Gomu Gomu diperkenalkan di awal chapter, semuanya nampak biasa saja. Tidak ada hal yang terlihat istimewa dari buah iblis yang dimiliki oleh kelompok bajak laut Shanks tersebut. Semuanya sama saja seperti buah iblis pada umumnya. Namun, Shanks sendiri mengatakan bahwa buah iblis Gomu Gomu pada awalnya adalah sebuah harta karun, yang kemudian dia rebut.

Tanpa sengaja, buah iblis tersebut dimakan oleh Luffy yang mana membuat Shanks dan semua krunya panik. Namun, semuanya sudah terlambat di mana efek dari buah iblisnya sudah terasa. Luffy pun resmi memiliki kekuatan Gomu Gomu. Shanks sendiri mengatakan bahwa buah iblis tersebut akan dia gunakan untuk menghadapi Pemerintah Dunia, namun tidak disebutkan dengan jelas bagaimana caranya. Apakah tadinya Shanks yang akan memakan buah iblisnya? Bisa jadi.

Selama hampir dua dekade lebih para fans meyakini bahwa Gomu Gomu sama seperti halnya buah iblis lainnya, sampai kemudian fakta mengejutkan muncul di chapter 1017 kemarin. Dalam chapter tersebut dijelaskan bahwa ternyata Who’s Who dahulunya adalah mantan anggota CP9. Bahkan, disebutkan dia adalah rival dari Rob Lucci, dan selalu disandingkan dengannya.

Namun, karena sebuah kesalahan yang dia perbuat pada akhirnya dia harus dipenjara. Dan kesalahan tersebut adalah dia gagal menjaga buah iblis Gomu Gomu, yang berada di sebuah kapal untuk dipindahkan ke sebuah tempat. Berdasarkan hal tersebut rasanya masuk akal jika kemudian Shanks menganggap buah iblis tersebut adalah “harta karun” dan dia sempat marah ketika Luffy memakannya.

Yang menjadi pertanyaanya kemudian mengapa Gomu Gomu adalah buah penting bagi Pemerintah Dunia? Untuk jawaban pastinya sendiri kita masih harus menunggu konfirmasi dari Oda Sensei, namun bisa jadi hal tersebut ada kaitannya dengan potensi besar dari buah iblis tersebut. Hal itu bisa kita lihat selama ini, bagaimana Luffy mampu mengembangkan kekuatan Gomu Gomu sampai ke tahap yang paling tinggi.

One Piece Romance Dawn page 20 | Manga anime one piece, One piece manga, One piece chapterWas Shanks expected to eat the Gomu Gomu no Mi? - Anime & Manga Stack ExchangeSudah ada banyak musuh – dari pihak Pemerintah Dunia – yang berhasil dikalahkan berkat buah iblis tersebut. Contohnya Crocodile atau Donquixote Doflamingo, yang dikalahkan oleh kekuatan dahsyat dari Gomu Gomu. Apakah Gomu Gomu merupakan buah iblis buatan Pemerintah Dunia? Melihat efek dahsyat yang dihasilkan dan seberapa besar potensinya, kecil kemungkinan bahwa buah iblis Gomu Gomu adalah buatan Pemerintah – dalam hal ini buatan Dr. Vegapunk.

Karena ini masih berupa informasi awal, saat ini para fans hanya bisa berspekulasi mengenai buah iblis Gomu Gomu ini. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang sebenarnya terjadi pada 12 tahun yang lalu, dan mengapa kemudian Gomu Gomu menjadi harta karun penting bagi Pemerintah Dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.