Dengan arc wano dalam seri One Piece sudah mendekati puncak cerita, para pasukan aliansi kelompok Topi Jerami harus menerima fakta yang mengejutkan bahwa Luffy sudah kalah di tangan Kaido. Bukan hanya itu, Kaido juga mengumumkan ke seluruh Onigashima bahwa Luffy terjatuh ke laut. Pengumuman tersebut membuat para samurai di Onigashima kehilangan kepercayaan diri mereka untuk bertarung,

Namun, Momonosuke kemudian mampu meyakinkan mereka dengan menyatakan bahwa Luffy masih hidup. Bahkan, Luffy pun menitipkan pesan kepada Momo agar disampaikan kepada para samurai untuk terus berjuang sampai akhir. Luffy berjanji bahwa dia akan segera kembali dan mengalahkan Kaido. Di chapter 1015 juga, diperlihatkan bagaimana Luffy berkomunikasi dengan kelompok bajak laut Hati yang ada di dalam laut.

Meskipun belum ada penjelasan resmi, namun banyak yang meyakini bahwa komunikasi yang dilakukan Luffy tersebut adalah Voice of All Things. The Voice Of All Thing atau suara semesta merupakan sebuah kemampuan yang unik, yang diperkenalkan dalam seri One Piece. Sampai sekarang Eiichiro Oda masih belum mau memberikan informasi lebih tentang Voice Of All Things, oleh karena itulah belum ada penjelasan yang jelas atau detail tentang apa sebenarnya Voice Of All Things ini.

Berdasarkan apa yang ditunjukan di ceritanya, Voice Of All Things merupakan sebuah kemampuan yang tidak dimiliki semua orang. Seseorang yang memiliki kemampuan atau kekuatan ini, bisa mendengar suara apapun yang ada di dunia One Piece. Mereka bisa mendengar makhluk hidup lainnya selain manusia, atau yang lebih dahsyat lagi adalah Voice Of All Things bisa membuat seseorang mendengar benda mati, contohnya Poneglyphs.

Kemampuan ini pertama kali diperkenalkan di awal seriesnya, bersamaan dengan kemampuan lainnya seperti Haki. Untuk the Voice of All Thing, kemampuan tersebut pertama kali diperlihatkan di chapter 13 di manganya dan di episode 6 jika dalam versi animenya. Dan namanya sendiri baru disebutkan di chapter 507, di mana Silvers Rayleigh menjelaskan bahwa Roger memiliki kemampuan untuk mendengarkan Poneglyph yang ada di pulau langit.

Sejauh ini, mungkin bisa dihitung jari orang-orang yang diketahui memiliki kemampuan hal ini. Contohnya adalah Momonosuke, Kozuki Oden, dan Roger. The Voice of All Thing merupakan sebuah hal yang bisa menuntun seseorang yang ingin pergi ke pulau terakhir yaitu Laugh Tale, dan sangat sulit bagi mereka untuk bisa pergi ke Laugh Tale tanpa memiliki kemampuan ini.

Menurut Rayleigh, Roger mampu mendengar Poneglyph dan itulah bagaimana dia menemukan lokasi Laugh Tale dan memahami apa yang Poneglyph katakan. Lalu, apakah Luffy juga memiliki kemampuan untuk mendengar Voice Of All Things?  Sebagai karakter protagonis utama dalam cerita One Piece, dan calon raja bajak laut, Monkey D. Luffy juga sepertinya memiliki kemampuan ini.

Luffy pertama kali memperlihatkan kemampuan tersebut di chapter 647. Ketika Luffy berusaha untuk menghancurkan Noah, dia kemudian berhenti karena mendengar suara misterius, yang ternyata adalah suara Sea Kings yang dipanggil oleh Shirahoshi untuk menahan Noah agar tidak terjatuh ke pulau manusia duyung. Sea Kings sendiri kemudian menyatakan bahwa kejadian tersebut pernah terjadi sekali sebelumnya, dan sosok yang mereka maksud adalah Roger.

Voice of All Things kemudian kembali muncul di arc Zou, di mana Luffy dan Momo mendengar suara dari Zunesha. Luffy memang tidak mampu berkomunikasi dengan Zunesha, namun Momo yang bisa. Pedro kemudian mengatakan bahwa Roger dan Oden pun mengalami hal yang sama. Momo akhirnya memberikan perintah untuk melakukan apa pun yang harus dia lakukan pada saat itu, yaitu menghancurkan kapal milik Jack.

Sejauh ini masih belum diketahui bagaimana kekuatan penuh dari the Voice of All Things. Meskipun Roger dan Oden bisa menggunakan kemampuan tersebut dengan baik, mereka tidak bisa berkomunikasi dengan suara yang mereka dengar, karena satu dan lain hal. Di sisi lain, Momonosuke dan Shirahoshi menunjukan bahwa kemampuan ini memiliki hal lainnya, selain bisa memahami benda atau suara mereka juga memerintahkan makhluk lainnya.

Hal tersebut seolah menujukan jika ada tingkatan dari kemampuan tersebut yang belum diperlihatkan. Jika memang begitu, artinya level Luffy sudah jauh meningkat dengan bisa berkomunikasi secara “telepati” dengan Momonosuke. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya dan bagaimana peran Voice of All Things dalam petualangan kedepannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.