Rasanya semua Geeks sudah pasti mengenal sosok Silvers Rayleigh. Sosok Rayleigh sendiri pertama kali diperkenalkan di arc Sabaody, dimana dia awalnya diperkenalkan sebagai tukang pelapis cat kapal yang hendak pergi menuju pulau duyung. Hal ini diketahui dari Shakkey, pemilik salah satu bar di sana. Namun, siapa sangka jika Rayleigh ternyata bukanlah sosok tukang cat kapal biasa.

Rayleigh dulunya merupakan wakil kapten dari kelompok bajak laut Roger, dan pernah berlayar bersama sampai ke Laugh Tale. Kemampuannya yang luar biasa, dianggap mampu menandingi kekuatan Roger. Dia sudah pensiun sebagai seorang bajak laut sejak puluhan tahun lalu. Meskipun begitu, Rayleigh tetap memiliki kekuatan yang sangat dahsyat yang diakui oleh banyak orang.

Berbicara mengenai Rayleigh, ada salah satu hal menarik dari penampilannya. Jika Geeks perhatian pada bagian pelipis mata kanannya, kita bisa melihat bekas luka sayatan. Luka tersebut mirip dengan yang dimiliki oleh Zoro. Hanya saja bedanya luka Rayleigh ada di bagian pelipis kanan matanya, sedangkan Zoro di bagian kiri. Pertanyaannya adalah apa yang terjadi? Siapa yang pernah melukai mata Rayleigh?

The Parallels between Zoro and Rayleigh : OnePieceMelihat dari kekuatannya yang sangat luar biasa, Geeks tentu berpikir bahwa mungkin mustahil ada orang yang berhasil melukai Rayleigh sampai di bagian matanya. Dalam momen flashback saat pertemuan pertamanya dengan Roger, kita tidak diperlihatkan bagian wajah dari Roger. Sehingga, kita tidak tahu apakah luka tersebut memang sudah lama ada atau merupakan luka “baru.”

Namun, terdapat sebuah teori yang menarik mengenai luka Rayleigh tersebut. Dalam teorinya menjelaskan bahwa luka tersebut bisa jadi ada kaitannya dengan kekuatan dari Rayleigh, dan bagaimana dia mengendalikan kekuatan tersebut. Seperti yang dijelaskan di atas, bekas luka Rayleigh mirip dengan bekas luka Zoro. Artinya, bukan tidak mungkin penyebabnya sama.

Lalu, apa penyebabnya? Seperti yang banyak dispekulasikan sejak lama, bekas luka di mata kiri Zoro kemungkinan diakibatkan oleh hasil latihannya bersama Dracule Mihawk saat time-skip selama 2 tahun. Di sisi lain, ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa bekas luka di mata kiri Zoro merupakan cara untuk bisa mengendalikan kekuatannya, terutama kekuatan Conqueror Haki.

One Piece Rayleigh Wallpaper Pictures - Global AnimeBerdasarkan hal inilah bisa disimpulkan bahwa bekas luka di mata kanan Rayleigh kemungkinan memiliki tujuan yang sama, yaitu mengendalikan kekuatan Conqueror Haki miliknya – sebelum kemudian Rayleigh bisa menguasainya dan tidak perlu lagi takut untuk membuka mata. Dan bekas luka tersebut merupakan hasil latihannya dengan sosok yang dia anggap sebagai guru.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Eiichiro Oda menghadirkan tema “meneruskan warisan” dan selalu menghadirkan berbagai kesamaan hal, baik kejadian ataupun karakter dari masa lalu dan sekarang. sosok Silvers Rayleigh sendiri banyak disebut-sebut memiliki kemiripan dengan sosok Roronoa Zoro. Jika memang begitu, maka artinya asal-usul mengenai bekas luka tersebut pun akan sama – atau setidaknya memiliki kemiripan. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Oda Sensei akan memberikan penjelasan mengani bekas luka Rayleigh tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.