Luffy memang tergolong yang cukup kuat dalam alam semesta One Piece. Namun, Luffy tentu masih membutuhkan pertolongan dari karakter lain dalam setiap petualangannya. Oleh sebab itu, di Impel Down, ada beberapa karakter yang cukup berjasa menolong Luffy dari kejaran antek-antek Angkatan Laut. Karakter yang paling berjasa bagi Luffy selama di penjara mengerikan itu adalah Bon Clay.

Alasan pertama adalah, Bon Clay membantu Luffy mengalahkan Minotaurus. Makhluk ini merupakan peliharaan Sadi yang mendapat tugas untuk menjaga tahanan level Tiga. Minotaurus merupakan makhluk setengah sapi yang memiliki ketahan tubuh luar biasa dan cukup kuat. Namun berkat adanya Bon Clay, Luffy berhasil lolos dari makhluk penjaga tersebut.

Selanjutnya, Bon Clay berhasil mengalahkan Hanyabal. Bon Clay berhasil mengelabui si sipir penjaga itu dengan menyamar menjadi Nami. Perlu kalian ketahui, Hanyabal merupakan salah satu penjaga Impel Down yang cukup mengerikan. Namun berkat kelicikan Bon Clay, akhirnya sipir itu bisa diatasi dengan mudah.

Bon Clay juga sempat menolong Luffy dari cengkraman Magellan. Makhluk hitam besar itu juga bagian dari sipir mengerikan Impel Down. Magelan menjadi lawan yang menyusahkan bagi Luffy, sebab dia memiliki pengalaman bertarung bertahun-tahun, dan kekuatan buah iblis yang luar biasa. Meski, sebenarnya Bon Clay juga takut pada sipir penjaga itu. Namun dia tetap menolong Luffy yang tampaknya akan kalah telak dari Magellan.

Setelah hampir berhasil menuju gerbang kebebasan. Masih ada satu rintangan terakhir yang dihadapi oleh Luffy cs agar bisa lolos dari Impel Down. Yaitu, melewati sebuah gerbang yang menjadi akses keluar masuk di Impel Down. Saat itu, mereka memang telah mencuri sebuah kapal Angkatan Laut. Namun untuk bisa keluar, mereka harus mendapat izin dari penjaga gerbang yang juga merupakan sipir Impel Down. Untuk itu, Bon Clay menyamar menjadi Magellan agar bisa mendapatkan izin tersebut. Rentetan kejadian di atas, juga membuktikan bahwa Bon Clay adalah karakter yang berjasa selama pelarian di Impel Down.