Semangat D atau Tekad D (will of D) adalah salah satu dari sekian banyak misteri yang masih belum terpecahkan dalam cerita One Piece. Tekad D sendiri sering dikaitkan dengan beberapa orang, dan nama D tersebut ada di beberapa karakter contohnya Monkey D. Dragon, Monkey D. Luffy, Portgas D. Ace, dan masih banyak lainnya.

Mereka disebut sebagai orang-orang D atau people of the D. Kabarnya, orang yang memiliki D di tengah-tengah namanya seiring berjalannya waktu akan membawa kehancuran bersama mereka. Orang-orang dengan nama D juga sering menjadi musuh bagi para “dewa” yang dalam dunia One Piece, sering dikaitkan dengan kaum naga langit dan pemerintah dunia.

Tekad D sendiri sebenarnya sudah lama menjadi perbincangan di kalangan fans, namun sampai saat ini masih belum diketahui lebih banyak mengenai hal ini. Meskipun begitu, santer dispekulasikan bahwa Luffy akan menjadi – atau setidaknya menjadi salah satu – sosok yang akan mewujudkan tekad D tersebut. Dan sepertinya hal ini dibuktikan di chapter terbaru kemarin.

Dalam chapter 1011 kemarin, kita melihat bagaimana Kaido mencoba untuk kembali bangkit setelah terkena serangan dahsyat dari Luffy. Luffy memang berhasil menumbangkan Kaido berkat kemampuan Conqueror Haki. Di momen inilah sebenarnya detail mengenai tekad D muncul. Ada perbedaan besar antara versi terjemahan bahasa Inggris dan versi aslinya.

Dalam versi terjemahan yang dilakukan oleh Viz Media, Kaido mengatakan saat dia mencoba bangun, “semakin pelik/sulit situasinya, semakin lebar tertawamu!! Benarkan…?” Namun, menurut salah satu fan yang biasa menerjemahkan berbagai hal terkait One Piece, sebenarnya Viz sudah “salah” dalam menerjemahkan percakapan tersebut. Seharusnya kalimatnya adalah “semakin sulit situasi, semakin besar tertawamu. “Dan” semakin kau tertawa, kau….”

Berdasarkan hal tersebut muncul sebuah spekulasi bahwa bisa jadi hal tersebut ada kaitannya dengan tekad D. Karena, seperti yang kita ketahui, mereka yang memiliki tekad D akan selalu tersenyum atau tertawa tidak peduli situasinya. Bahkan, ketika mereka tewas pun mereka tewas dalam kondisi wajah yang tersenyum. Lalu, apa maksud ucapan Kaido?

Ada kemungkinan maksud dari Kaido adalah jika Luffy tertawa lebih banyak atau lebih sering, “sesuatu” pasti akan terjadi. Misalnya, “semakin kau tertawa, maka semakin kuat tekad D dalam dirimu.” Oda sepertinya dengan terang-terangan menyembunyikan maksud dari apa yang diucapkan oleh kaido. Kalimat ini dianggap sangat penting, karena para fans di Jepang sendiri ramai membicarakan terkait hal tersebut.

Pastinya ada makna besar yang terkandung dalam tekad D. Oda Sensei sendiri pernah mengatakan bahwa dia tidak akan mengungkapkan rahasia besar tentang tekad D, sampai waktunya dianggap tepat. Menurut Oda, untuk saat ini para fans bisa membacanya sebagai D saja. Tapi, ketika waktunya tiba Oda pastinya akan memberikan informasi lebih lanjut tentang arti sebenarnya dari D, yang akan merubah pandangan dari para fans.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.