Sanji Vinsmoke dan Roronoa Zoro merupakan dua kru Topi Jerami yang dianggap sebagai kru terkuat di bawah Luffy. Keduanya juga tidak kalah populer dibandingkan Luffy. Dalam sebuah kru bajak laut, masing-masing kru memiliki tugas dan perannya sendiri. Dan hal ini juga terjadi di kelompok Topi Jerami. Berdasarkan data Vivre Card, kita akhirnya tahu tugas dan peran dari Zoro dan Sanji.

Untuk Sanji sendiri, dia bertindak sebagai juru masak atau koki. Namun, di sisi lain, terkadang dia juga bertindak sebagai penasihat militer di Topi Jerami. Sejak peristiwa di Alabasta, Sanji sering kali diperlihatkan menjadi sosok yang menyelamatkan para kru, terutama ketika Luffy sedang sibuk atau tidak ada. Contoh nyatanya adalah sosok Mr. Prince yang diperkenalkan kepada Vivi.

Sanji juga sering memiliki rencana untuk sebuah misi penyerangan atau untuk misi tertentu, selain juga dia memiliki rencana terhadap seluruh kru. Ia adalah sosok yang penuh dengan strategi, penasihat militer atau ahli taktik. Tentunya penasihat militer dapat memutuskan cara terbaik yang harus dilakukan dalam situasi yang membingungkan dan kompleks.

Namun, harus dicatat bahwa posisi penasihat militer bukan berarti mengganti peran kapten dalam tim. Karena keputusan tetap akan diambil oleh sang kapten yaitu Luffy. Sanji kemungkinan memiliki kemampuan untuk menguatkan dan menyemangati kru lainnya, jauh lebih baik dibandingkan Zoro. Sanji juga adalah sosok yang ekspresif dan baik. Dan semuanya terjadi secara inisiatif, tidak ada ide sebelumnya Sanji ditunjuk sebagai “pemimpin” ketika Luffy tidak ada.

Adapun Zoro, dalam Vivre Card resmi mencatat bahwa dia merupakan swordsman atau ahli pedang di Topi Jerami, dan dia juga sering bertindak sebagai wakil kapten utama bagi Topi Jerami, saat Luffy berhalangan. Zoro memang sering mengambil inisiatif dan secara aktif memerintahkan kelompoknya untuk mengambil sebuah tindakan tertentu.

Ketika Zoro ada diantara para kru Topi Jerami, dan situasi dirasa sudah pelik, maka Zoro biasanya akan mengambil sebuah keputusan bulat. Salah satu contohnya adalah ketika mereka sedang berdiskusi tentang kembalinya Usopp bergabung dengan kru Topi Jerami. Meskipun sebagian besar kru bisa menerima kembali Usopp, namun Zoro memerintahkan untuk tidak melakukannya.

Zoro meminta mereka untuk menahan diri, sampai Usopp mengakui kesalahannya. Hal tersebut semata-mata dilakukan oleh Zoro untuk menjaga Luffy untuk tidak sembarangan membuat keputusan. Dan pada akhirnya mereka semua pun setuju dengan hal tersebut. Pengaruh dan wibawa Zoro memang dirasa pantas membuatnya menjadi seorang wakil kapten di kru Topi Jerami.

Meskipun Sanji hanya disebutkan sebagai juru masak dan penasihat militer, tetapi Sanji juga pernah mengisi posisi wakil kapten saat Luffy dan Zoro berhalangan. Sanji diperlihatkan bisa menenangkan dan menjelaskan setiap situasi yang mereka hadapi dengan tenang dan jelas, tanpa menambah kepanikan. Hal ini tentunya dibutuhkan untuk membuat kru yang lain memiliki pemikiran serupa.

Kekuatan dari Sanji memang selalu berada dibawah bayang-bayang Zoro dan Luffy. Luffy dan Zoro sering kali disebut monster dan memiliki kemampuan diatas kru yang lain. Memang, jika berbicara fakta di lapangan, kekuatan Sanji sangat jauh berbeda dengan Luffy. Sedangkan kekuatan Zoro dan Luffy jaraknya tidak terlalu jauh. Tapi, Sanji tidaklah selemah itu.

Sanji memiliki ketenangan dan beberapa hal lainnya yang tidak dimiliki Luffy dan Zoro. Kesimpulannya, kru Topi Jerami memang tidak memiliki hirarki seperti kelompok Beasts, atau kelompok bajak laut lainnya. Namun, jika harus diurutkan berdasarkan “posisi” maka, Zoro akan menjadi wakil kapten, dan Zoro akan menjadi Second Mate atau wakil kapten kedua setelah Zoro yang sekaligus juga adalah ahli strategi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.