Di awal seri One Piece, Monkey D. Luffy memperkenalkan dirinya sebagai sosok yang jujur yang rela melakukan apapun demi melindungi teman-temannya dan juga krunya.  Inilah yang kemudian menjadi salah satu hal yang membuat fans menyukai sosok Luffy. Tidak peduli seberapa kuat dan seberapa kejamnya musuh yang dia hadapi, Luffy akan menghadapi mereka dengan determinasi yang sama.

Ketika Luffy memulai petualangannya sebagai bajak laut, bahkan sampai saat ini, Luffy masih sering dianggap sebagai sosok yang underdog atau sosok yang kurang begitu diperhatikan. Meskipun begitu, sebagai kapten dari kelompok bajak laut Topi Jerami, Luffy tidak peduli dengan semua itu dan tetap melanjutkan petualangannya demi menjadi seorang raja bajak laut.

Luffy sendiri perlahan tumbuh dengan pesat. Dalam arc yang sedang berlangsung sekarang, kita melihat bagaimana Luffy harus menghadapi musuh paling kuat yang pernah dihadapi Luffy selama ini, yaitu para Yonko. Mereka adalah Kaido dan juga Big Mom. Inilah tantangan yang harus dihadapi oleh Luffy saat ini, dan jika Luffy berhasil menang, bisa dipastikan status underdognya akan menghilang. Luffy akan muncul sebagai sosok yang hebat, dan disamakan dengan sosok lainnya seperti Roger, Whitebeard, dan Oden.

Meskipun Luffy pada awalnya muncul sebagai seorang bajak laut yang diremehkan, perlahan dia mulai mendapatkan reputasinya. Sosok Luffy sendiri pertama kali mendapatkan sorotan setelah dia berhasil menyelamatkan Robin dalam peristiwa di Enies Lobby. Kemudian dia juga berhasil keluar dan masuk penjara Impel Down tanpa terdeteksi – bahkan membawa kabur tahanan level 6.

Puncaknya, Luffy mulai dikenal oleh seluruh dunia dalam peristiwa di Marineford, dimana Sengoku mengumumkan bahwa Luffy adalah anak dari Monkey d. Dragon. Luffy kemudian berhasil mengalahkan Donquixote Doflamingo, dan menyelamatkan Sanji dari Big Mom. Dalam arc tersebut, Luffy berhasil kabur dan mempermalukan Big Mom di mata dunia – yang mana hal itu membuat Big Mom marah dan akhirnya pergi ke Wano.

Dengan semua pemberitaan dan kabar mengenai Luffy – serta reputasinya di mata Pemerintah Dunia – surat kabar Morgan kemudian menyebutkan bahwa Luffy adalah sosok Yonko yang baru. Dia adalah sosok kaisar lautan kelima. Hal ini dilihat juga dari nilai buruan Luffy yang sudah mencapai 1 milliar Belly lebih, sehingga wajar jika kemudian surat kabar Morgan memberikan julukan tersebut.

Yang menjadi pertanyaan kemudian apakah Luffy akan sanggup menghadapi Kaido dan Big Mom? Luffy berhasil dikalahkan dengan mudah di awal pertarungan mereka. Namun, setelah sempat berlatih selama beberapa waktu, akhirnya Luffy sekarang bisa menandingi kekuatan Kaido. Masih belum diketahui seberapa besar peluang menang dari Luffy atas Kaido, yang pasti Luffy akan berada satu langkah di puncak kejayaan jika berhasil mengalahkan Kaido – dan Big Mom.

Namun, perlu diingat bahwa tantangan masih belum selesai setelah Kaido dan Big Mom kalah. Masih ada banyak musuh kuat lainnya menanti Luffy di depan sana, misalnya adalah Blackbeard, yang juga sama-sama mengincar One Piece. Luffy memang bukanlah sosok Roger, namun dengan semangat yang dia miliki, Monkey D. Luffy bisa lepas dari sosok karakter yang underdog dan mulai menulis sejarah namanya sendiri di dunia One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.