Shanks merupakan salah satu dari beberapa karakter yang populer dalam cerita One Piece, tapi masih menjadi sebuah misteri besar mengenai kekuatannya, selain Gol D. Roger dan juga Monkey D. Luffy. Selain asal usulnya, misteri tentang seberapa kuat Shanks masih membuat para fans penasaran. Jika saat ini saja Shanks sudah kuat, bagaimana dengan kekuatan penuhnya.

Ada beberapa contoh kejadian atau momen yang memperlihatkan kekuatan dari Shanks. Pertama adalah ketika Shanks menyelamatkan Luffy dari serangan Sea King. Dia mengalahkan monster laut raksasa tersebut hanya dengan kekuatan Haki yang dia miliki. Kemudian rivalitasnya dengan Mihawk juga bisa menjadi bukti lain dari kekuatan Shanks, dimana seperti yang kita ketahui bahwa Mihawk adalah ahli pedang terkuat di dunia.

Darimana semua kekuatan tersebut berasal? Terdapat sebuah teori menarik mengenai hal tersebut, dimana disebutkan bahwa Gol D. Rogerlah yang mewarisi semua kekuatan yang dia miliki kepada Shanks. Seperti yang sudah kita ketahui, Roger adalah sosok raja bajak laut di dunia One Piece. Tentunya tidak mudah untuk bisa mendapatkan gelar tersebut.

Aminoapps.com

Selain Roger harus berhasil mengelilingi atau menaklukan semua pulau yang ada, dia juga harus mengalahkan para rivalnya. Berbicara mengenai pertarungan, Roger dikenal sebagai pengguna pedang dan juga pengguna Haki. Sejauh ini, tidak diketahui apakah Roger memiliki kekuatan buah iblis. Namun, sebagian fans meyakini bahwa Roger tidak memiliki buah iblis dan hanya mengandalkan Haki.

Roger diperkirakan dulunya adalah ahli pedang terkuat. Dia mampu menguasai seragan untuk jarak pendek maupun serangan jarak jauh. Zoro adalah contoh seorang ahli pedang yang sering menggunakan serangan jarak dekat atau jarak pendek. Sedangkan Mihawk adalah contoh untuk ahli pedang yang sering menggunakan serangan jarak jauh. Misalnya saat menghancurkan es di Marineford, atau saat akan menyerang Whitebeard.

Haki juga menjadi kelebihan dari Roger. Kita bisa melihat dalam pertarungan melawan Oden dan Whitebeard, bagaimana Roger menggunakan Haki miliknya melapisi pedang yang dia gunakan dan menang. Saat melawan Kozuki Oden, sosok samurai terkuat di Wano itu tidak mampu menahan serangan Roger yang dahsyat. Sedangkan saat bertarung melawan Whitebeard, akibat efek Armament Haki tingkat tinggi membuat sebuah efek luar biasa bahkan sebelum pedang keduanya saling bersentuhan.

Aminoapps.com

Sayangnya, di akhir petualangannya setelah dia berhasil menuju Laugh Tale, Roger memutuskan untuk menyerahkan diri kepada pihak angkatan laut. Roger merasa bahwa hidupnya sudah tidak akan lama lagi akibat penyakit yang dia derita. Dan Roger sendiri sadar bahwa dia perlu mewariskan semua yang dia ketahui kepada seseorang, yang memiliki potensi.

Karena Roger saat itu belum memiliki anak – Ace belum lahir – Roger kemungkinan memilih sosok anak muda yang dekat dengannya dan memiliki potensi, yang tidak lain adalah Shanks. Bisa jadi itulah alasan mengapa Shanks kemudian mewariskan topi jerami milik Roger dan memiliki pedang Gryphon yang mirip dengan milik Roger. Sedari kecil, Roger sudah melatih Shanks untuk menjadi kuat agar bisa menjadi penerusnya.

Roger – bersama dengan Rayleigh – melatih Shanks bagaimana menggunakan pedang dan bagaimana menggunakan Haki dengan baik. Selain itu, Shanks juga mungkin dilatih untuk meningkatkan kemampuan Haki ataupun berpedangnya. Inilah mungkin yang menjadi alasan mengapa Shanks bisa menjadi sosok yang kuat seperti sekarang, menjadi sosok yang dihormati. Bagaimana menurut kalian Geeks? (Featured Image:

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.