Monkey D. Luffy adalah pengguna buah iblis Paramecia, yaitu Gomu Gomu no Mi, yang mana kekuatannya adalah mampu merubah wujud si penggunanya menjadi elastis seperti karet. Meskipun secara kasat mata nampaknya buah iblis karet ini terlihat biasa saja, atau tidak ada yang spesial, tapi Luffy berhasil menemukan bagaimana caranya untuk memaksimalkan potensi buah iblis miliknya.

Cara yang paling sering Luffy gunakan dalam meningkatkan kemampuan tersebut adalah mengaktifkan mode “Gears”, yang membuatnya bisa bertarung dengan menggunakan seluruh kemampuannya. Saat ini, Gear Fourth atau Gear Empat menjadi Gear terkuat Luffy. Dan bahkan Gear ini sudah pernah digunakan untuk mengalahkan Doflamingo di arc Dressrosa.

https://f3mshep.tumblr.com/

Berbeda dengan gear lainnya yang dimiliki Luffy, Gear 4 memiliki beberapa bentuk yang bisa digunakan dalam berbagai form. Contohnya ketika Luffy bertarung melawan Donquixote Doflamingo, Luffy memperlihatkan salah satu form dari Gear 4 yaitu Boundman. Pada awalnya, para fans percaya bahwa Boundman merupakan satu-satunya hal yang bisa dilakukan oleh gear 4.

Namun, hal tersebut kemudian terbukti salah ketika Luffy menggunakan form lainnya ketika menggunakan gear 4 yaitu Tankman ketika dia bertarung menggunakan Charlotte Cracker. Ketika Luffy bertarung melawan Charlotte Katakuri, Luffy menggunakan form baru lainnya dari gear 4 yaitu Snakeman. Inilah yang kemudian menjadi dasar munculnya teori bahwa Luffy akan mendapatkan form lainnya di Gear 4 ini.

Otakuorbit.com

Menurut salah satu teori yang berkembang, bentuk Gear 4 terbaru dari Luffy akan ada kaitannya dengan Sumo atau gulat khas jepang. Ada beberapa hal yang mendukung argumen tersebut. Pertama, salah satu hal yang dilakukan oleh Luffy ketika dia pertama kali datang ke Wano adalah bertarung melawan Urashima, seorang samurai dari Flower Capital dan juga seorang pesumo level yokozuna. Dalam dunia sumo, yokozuno merupakan ranking tertinggi yang bisa dimiliki seorang pesumo.

Luffy sendiri berhasil menandingi kekuatan Urashima dengan menggunakan Gear 3, dan pada akhirnya berhasil mengalahkannya. Secara teknis, saat ini Luffy merupakan juara sumo di wilayah Wano dan mengalahkan Kawamatsu. Kedua, Luffy juga kembali mengikuti pertandingan sumo ketika dia berada di penjara Udon. Disinilah Luffy pertama kali mengetahui tentang Ryuo.

Luffy kemudian diperkenalkan dengan Ryuo oleh sosok Hyogoro. Pertarungan sumo di penjara Udon jauh lebih mematikan dan menantang. Jika terjatuh, mereka akan tewas. Jika mereka kalah, mereka akan menjadi budak bagi kelompok Beasts. Luffy bahkan harus menghadapi Big Mom di arena sumo tersebut – Big Mom yang hilang ingatan – dan pada momen ini juga Luffy berhasil melepaskan gelang peledak miliknya dan kakek Hyo di momen kritis.

Eseroran.com

Namun, Luffy pada saat itu belum menguasai Ryou sepenuhnya dan saat itu Luffy berhasil menggunakan Ryou karena dalam keadaan terdesak. Kemudian petunjuk ketiga, Oda kemungkinan sudah memberikan petunjuk mengenai form selanjutnya dari Gear 4 Luffy pada momen yang terjadi di pertempuran Onigashima ini. Luffy saat ini bertarung melawan Kaido dan Big Mom di atas Onigashima yang sedang terbang.

Disadari atau tidak, Onigashima yang terbang ini terlihat seperti sebuah ring sumo raksasa. Oda sepertinya menaikan tensi cerita, dimana jika Luffy kalah dalam pertarungan ini maka nasib Wano akan berakhir buruk. Dan jika kemudian ada pengguna buah iblis terjatuh ke laut dari Onigashima, maka tidak ada resiko lainnya selain tewas.

Sumo merupakan salah satu hal yang banyak dihadirkan oleh Oda Sensei. Sebelum Wano, di arc Sabaody kita diperkenalkan dengan sosok Sentomaru yang mana seluruh gerakannya terinspirasi dari berbagai serangan dalam olahraga sumo. Dengan semua petunjuk tersebut, rasanya bukan tidak mungkin memang jika form Gear 4 Luffy selanjutnya adalah Sumoman. (Featured Image: Opfanpage.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.