Gecko Moria merupakan mantan penguasa sebuah wilayah di Thriller Bark, dan merupakan mantan Shichibukai. Sebagai salah satu Shichibukai, memang kekuatannya tidak bisa diremehkan. Tapi, jika harus dibandingkan dengan Shichibukai lainnya, kekuatan Moria sebenarnya tidak terlalu signifikan. Bahkan, bisa dibilang dia merupakan Shichibukai yang paling lemah dibanding yang lain.

Dulu, seperti yang diperlihatkan dalam flashback Kozuki Oden, Moria merupakan salah satu bajak laut tangguh dimana dia bisa bertarung melawan Kaido. Tapi, tetap saja untuk bertarung melawan Kaido adalah sebuah hal yang salah. Bajak laut Beasts justru menghancurkan kru Moria. Kekalahan dalam pertarungan di Wano tersebut menjadi titik awal Moria membentuk bajak laut Thriller Bark.

Sosok Moria sendiri terakhir kali diperlihatkan di chapter 925, dimana dia menyerbu Blackbeard di pulau Beehive demi mencari keberadaan Absalom dan membalas dendam kematiannya. Namun, justru Blackbeard berhasil mengalahkan Moria dengan mudah. Dan kemudian Blackbeard sendiri menawarkan Moria untuk bergabung dengan krunya. Sayangnya, sampai saat ini masih belum diketahui apa jawabannya.

Gazoku.com

Ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, Gecko Moria kemungkinan akan dibunuh oleh Blackbeard. Kedua, Moria mungkin akan bergabung dalam perang besar di Onigashima demi membalas dendam terhadap masa lalunya kepada Kaido. Hal ini bukan tanpa alasan. Mengapa Oda kemudian menghadirkan kembali karakter lama jika mereka hanya akan “dibunuh” secara off-screen?

Moria kemungkinan tidak akan ragu untuk ikut bergabung perang di Wano. Tujuannya tentu mengalahkan Kaido, baru kemudian dia mengalahkan Blackbeard. Secara logika, tujuannya sama dengan Luffy. Namun, memang harus diakui bahwa Moria dan Luffy sempat saling bertarung di arc Thriller Bark. Meskipun begitu, Luffy sendiri sudah pernah bergabung dengan musuh dalam menjalankan sebuah misi.

Mengingat Kaido benar-benar menghancurkan hidup Moria dan menghancurkan seluruh krunya, besar kemungkinan bahwa kebenciannya terhadap Kaido akan mengalahkan kebenciannya terhadap Luffy. Luffy akan memanfaatkan hal ini tentunya untuk mengalahkan Kaido. Dan Nightmare Luffy merupakan alasan Luffy mampu mengalahkan zombie Oars di Thriller Bark.

comicvine.gamespot.com

Luffy sendiri menjadi sosok yang tidak terhentikan, dengan ribuan bayangan dari berbagai kepribadian yang ada di Thriller Bark. Jika kemudian Moria akan bergabung dengan Luffy, mungkin kita akan kembali melihat Nightmare Luffy. Namun, dari mana Luffy akan mendapatkan suplai bayangan tersebut? pasukan aliansi sendiri berjumlah sekitar 5.000 orang. Moriah mungkin akan meminjam bayangan mereka untuk sementara lalu kemudian setelah selesai bayangan tersebut akan kembali ke tubuh asalnya.

Yang menarik adalah ada banyak elemen cerita di arc Wano yang sebenarnya pertama kali diperkenalkan di arc Thriller bark. Gecko Moria diperkenalkan di arc tersebut dan kita untuk pertama kalinya diperkenalkan nama Kaido. Kemudian Ryuma dan Shusui juga diperkenalkan, dan pertama kali kita mendengar nama Wano Country, rumah bagi para samurai, yang ada di New World.

Charlotte Lola, anak perempuan dari Big Mom, juga diperkenalkan untuk pertama kali, dan menjalin hubungan yang baik dengan Nami, menjanjikan bahwa ibunya akan membantu Nami dalam perjalannya. Kita juga diperkenalkan dengan sosok Oars yang bentuknya mirip seperti pulau Onigashima. Intinya sebenarnya sudah ada petunjuk sebelumnya mengenai arc Wano di Thriller Bark.

Aminoapps.com

Mungkin, dalam Nightmare 2.0 ini kita akan melihat sosok Nightmare Luffy yang akan menggunakan katana besar. Ketika di Thriller Bark, Nightmare Luffy memang membawa pedang besar namun tidak dia gunakan. Berbicara mengenai bayangan ini juga sesuai dengan ramalan yang pernah diucapkan oleh Toku bahwa “sembilan bayangan akan menghadapi Kaido” dan Moria sendiri memiliki kemampuan untuk memanipulasi dan mengendalikan bayangan.

Tentu akan ada bedanya ketika seseorang terkena kekuatan pukulan sembilan orang dan sembilan orang memukul secara bersamaan terhadap satu orang. Aset terbesar Kaido adalah daya tahannya yang luar biasa sehingga menembus pertahanannya akan menjadi kunci kemenangan yang paling penting. Menyimpan tenaga dari sembilan orang dan memberikannya kepada Luffy lebih efektif daripada sembilan orang secara masing-masing mencoba mengalahkan Kaido.

Nightmare Luffy akan membuat Luffy mengalami peningkatan kekuatan, meskipun untuk sementara. Dan ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengalahkan Kaido. Meskipun Luffy pada akhirnya akan diketahui sebagai sosok yang mengalahkan Kaido di mata dunia, namun kita semua tahu apa yang sebenarnya terjadi. Dan Luffy masih memiliki waktu untuk terus berkembang menjadi lebih kuat lagi. (Featured Image: OnePieceWorldProject)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.