Dengan diperkenalkannya klan Otsutsuki menjelang akhir series Naruto, ada banyak kemungkinan baru yang bisa terjadi dimana series sekuelnya, Boruto: Naruto Next Generation, sejauh ini sudah cukup berhasil mengeksplor hal tersebut. Salah satu kekuatan dalam ceritanya yang cukup banyak menarik perhatian adalah sebuah segel yang disebut sebagai Karma.

Karma sendiri saat ini sudah menjadi pusat cerita di series Boruto, dengan adanya beberapa karakter yang memiliki tanda ini, salah satunya adalah sang protagonis utama, Boruto. Dan baru-baru ini, sebagian besar misteri dari karma diungkapkan kepada para fans. Yang menarik adalah Karma ternyata terbagi menjadi dua jenis. Apa saja?

Apa Itu Karma

Karma adalah sebuah kekuatan yang bisa digunakan oleh anggota klan Otsutsuki. Kemampuan Karma akan membuat anggota Otsutsuki menyegel tubuh milik seseorang dan kemudian menggunakannya sebagai wadah dari Otsutsuki. Segel tersebut mengandung data biologis dari sosok Otsutsuki tersebut, dan bertindak sebagai “data cadangan” jika suatu saat mereka terluka parah atau tewas dalam pertempuran.

Animestc.net

Biasanya, seorang Otsutsuki sudah menentukan pilihannya untuk siapapun yang kemudian akan menjadi wadahnya atau akan diberikan kemampuan Karma. Namun, dalam kasus tertentu seperti Isshiki Otsutsuki, seperti yang dijelaskan Amado, Isshiki melakukannya dengan sangat terpaksa kepada Jigen karena dialah satu-satunya orang saat itu yang melintas di depannya. Kondisi Isshiki sendiri dalam keadaan sekarat.

Bagaimana Karma Bekerja

Kekuatan Karma memberikan kekuatan dan kemampuan yang sangat dahsyat, kepada orang yang sudah terhubung dengan kekuatan ini. Tapi, pada akhirnya, perlahan namun pasti jika segel Karma tersebut terlalu lama menyatu dengan wadahnya maka tubuh orang tersebut akan kehilangan kendali tubuhnya dan akan menjadi sepenuhnya milik Otsutsuki tersebut dan sosoknya pun akan menjadi sosok yang sempurna.

CBR.com

Namun, seperti yang diperlihatkan dalam chapter sebelumnya ketika Isshiki akhirnya menggunakan Karma yang ada di tubuh Kawaki, jika kemudian seorang Otsutsuki menggunakan segel Karma yang sudah lama dia “simpan” di tubuh seseorang maka, segel Karma di tubuh orang tersebut akan hilang.

Karma Hitam dan Putih

Apa yang dijelaskan dalam dua poin diatas sebenarnya merupakan pengertian secara umum dari Karma hitam, segel Karma yang selama ini diperlihatkan kepada para fans di serinya. Namun, yang menarik adalah di chapter 55 kemarin para fans diperkenalkan dengan jenis segel Karma baru. Meskipun secara bentuknya mirip dengan Karma yang kita kenal, namun dari segi warna, segel Karma yang ada di tubuh Code tersebut berwarna putih.

mangaread.org

Menurut penjelasan Code sendiri, Karma tersebut merupakan sebuah Karma yang gagal. Karena itulah, dia tidak bisa menjadi wadah bagi Isshiki Otsutsuki dan Isshiki sendiri lebih memilih Kawaki sebagai wadahnya. Meskipun begitu, kita kemudian mendapatkan penjelasan lain dari jiwa Isshiki. Menurutnya, Code masih berpeluang menjadi sosok yang paling kuat di alam raya ini.

Meskipun Code tidak bisa menjadi wadah bagi jiwa Otsutsuki, tapi dia sudah menerima kekuatan murni dan alami dari Otsutsuki. Hal tersebut secara tidak langsung membuat Code menjadi bagian dari klan Otsutsuki. Berbeda dengan Kawaki dan mereka yang memiliki Karma hitam, Code memiliki peluang untuk menjadi seorang dewa baru, menjadi sosok Otsutuki sempurna dengan cara memakan buah chakra. Mungkin Masashi Kishimoto bisa memberikan penjelasan lain mengenai Karma ini di chapter yang akan datang. (Featured image: wallpapercave.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.