Peristiwa Rumbling dalam cerita Attack on Titan merupakan peristiwa yang paling mengerikan sepanjang seriesnya. Peristiwa ini bukan hanya akan berakibat musnahnya para manusia, namun juga hancurnya seluruh dunia. Disebutkan bahwa dalam peristiwa Rumbling tersebut puluhan juta Wall Titan akan dikerahkan berkat kekuatan dari Founding Titan yang kemudian akan mengaktifkan mereka.

Peristiwa Rumbling sendiri sebenarnya sudah ada sejak dahulu. Ini adalah ancaman besar yang disebutkan oleh Karl Fritz, saat pertama kali dia dan para penduduk Eldian memutuskan untuk pindah ke pulau Paradis. Hal ini dijelaskan oleh Willy Tybur dalam sebuah pertunjukan di distrik penampilan di Liberio.  Menurut Willy, itu adalah bentuk perlindungan mereka dari serangan negara luar.

Hal itu juga yang pada akhirnya membuat Marley memutuskan mengirimkan Reiner, Bertolt, Annie, dan Marcel. Mereka ditugaskan mencari tahu tentang kekuatan Founding Titan, kunci dari bangkitnya momen Rumbling. Disaat mereka sudah mengetahui siapa pemilik Founding Titan, merekapun diminta untuk mengambilnya. Semua itu semata-mata demi mencegah peristiwa kiamat tersebut terjadi.

Benarkah Ada Jutaan Titan?

Yang menarik kemudian adalah apakah memang ada jutaan Wall Titan di pulau Paradis? Terdapat sebuah pembahasan menarik dari salah satu fan di akun Youtube Otakos. Menurut penuturannya, apa yang selama ini disampaikan – mengenai adanya puluhan juta Wall Titan di Paradis – kemungkinan adalah bohong. Hal ini dilihat dari tingkat rasional jumlah Titan dan juga luas wilayah pulau Paradis sendiri.

Pertama kita hitung terlebih dahulu keseluruhan luas dari Wall Maria, Sheena, dan Rose. Dalam salah satu episode dijelaskan bahwa jarak dari Wall Maria ke Rose adalah 100 km. Jarak dari Wall Rose ke Sheena adalah 130 km. Jarak dari Wall Sheena ke pusat kota adalah 250 km. Keliling dari Wall Maria sendiri secara keseluruhan adalah 3.026 km. Total luas area yang ada dibalik Wall Maria sendiri adalah 723.822 km.

Thereviewmonster.blog

Jika dijumlahkan, keliling dari total 3 dinding yang ada di pulau paradis berkisar pada angka 6.900 km atau sekitar 6.900.000 m. Kemudian yang kedua adalah menghitung berapa ukuran tubuh dari Wall Titan. Diketahui bahwa tinggi dari Wall Titan berkisar antara 45 – 50 meter. Lebar bahu rata-rata pria dewasa adalah 39,6 cm dan tingginya sendiri adalah rata-rata 1,7 meter. Berdasarkan hal ini, jika kemudian tinggi dari Wall Titan adalah 50 meter, maka lebar bahunya sekitar 12,5 meter.

Dengan mengetahui data-data tersebut kita kemudian bisa menarik kesimpulan berapa sebenarnya jumlah Wall Titan di pulau paradis. Penghitungannya adalah 6.900.000 meter luas ketiga tembok dibagi rata-rata lebar bahu dari Wall Titan yaitu 12,5 meter. Maka, hasil yang didapatkan adalah 552.000. Jadi, sebenarnya jumlah titan yang menjadi Wall Titan di ketiga tembok sebenarnya berjumlah 550 ribu Titan yang saling bergandengan.

Apakah kemudian dengan angka tersebut dunia bisa hancur? Jawabannya tentu saja bisa. Angka ini juga bisa dibilang lebih masuk akal dibandingkan dengan “ancaman” sebelumnya yang menyebutkan bahwa akan ada puluhan juta Titan yang akan menyerbu wilayah lain, yang mencoba untuk menganggu kedamaian di Paradis. Momen Rumbling sering kali dilihat dari sudut pandang tertentu, sehingga terlihat bahwa Titan yang muncul sangatlah banyak.

Mengapa Puluhan Juta Titan Tidak Rasional?

Jumlah penduduk pulau Paradis, sebelum Colossal Titan menyerang dan berbagai kejadian lainnya muncul, mencapai satu juta orang. Namun, angka tersebut berkurang drastis dengan adanya bencana kelaparan dan berbagai hal lainnya. Jumlah militer Marley sendiri mencapai 1 juta pasukan yang dibagi menjadi 50 divisi. Dengan jumlah pasukan tersebut, Marley sudah banyak diperhitungkan oleh semua negara di dunia.

Jumlah tersebut juga cukup untuk bisa menghancurkan pulau Paradis. Maka, berkaca pada hal itu rasanya tidak logis jika kemudian jumlah Wall Titan memang kemudian mencapai puluhan juta. Ada beberapa hal yang mungkin akan terjadi jika jumlah Wall Titan memang mencapai puluhan juta. Pertama, Pulau Paradis akan menjadi wilayah/negara superpower dengan jumlah Titannya yang melimpah

Minuto90.com

Kedua, jika jumlah Wall Titan memang berjumlah lebih dari puluhan juta, maka sejak awal Pulau Paradis akan hancur dan tenggelam bahkan sebelum Rumbling terjadi. Pasalnya, jumlah Wall Titan jauh melebihi jumlah penduduk di dalam tembok-tembok tersebut. Udara juga akan terasa sesak dan panas, karena mereka semua harus berbagai udara, di wilayah yang bisa dibilang sangat sempit.

Eren sendiri hanya membutuhkan ribuan Titan saja untuk meratakan satu kota atau wilayah. Ini tentunya dirasa lebih masuk akal dibandingkan mengerahkan jutaan Titan hanya untuk menghancurkan wilayah. Belum lagi mereka hanya dilawan oleh puluhan pasukan udara Marley, yang rasanya tidak akan ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kekuatan dari Wall Titan.

Featured image: duniagames.co.id

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.