Monkey D. Luffy merupakan protagonis utama dalam seri One Piece, karya Eiichiro Oda. Luffy selalu bercita-cita untuk menjadi seorang raja bajak laut, dan pergi ke pulau terakhir untuk menemukan One Piece. Namun, untuk bisa mewujudkan mimpinya Luffy harus menghadapi berbagai rintangan. Seperti melawan bajak laut lain, angkatan laut, bahkan Yonko.

Beruntung, Luffy memiliki kekuatan yang tangguh serta kemampuan buah iblis Gomu Gomu, dimana berkat buah iblis tersebut Luffy bisa memiliki badan dan anggota tubuh yang sangat lentur seperti karet. Tapi, akan lebih baik tentunya jika kru Topi Jerami lain juga memiliki kekuatan buah iblis. Sejauh ini baru Nico Robin, Chopper, dan Luffy saja yang memiliki kekuatan buah iblis. Ada beberapa buah iblis yang dianggap pas untuk para Nakama. Apa saja?

Neko Neko no Mi, Model Tiger/Panther

Zoro dikenal sangat menjunjung tinggi kekuatan fisik, dimana hampir setiap ada waktu luang, Zoro selalu melatih fisiknya seperti mengangkat beban dan sebagainya. Dan semua latihan tersebut terbukti dalam pertarungan dimana Zoro selalu memiliki daya tahan yang luar biasa dan stamina yang ekstra, misalnya ketika dia menghadapi Kaku dari CP-9.

Sabo vs Rob Lucci - YouTubeBerbicara mengenai CP-9, buah iblis yang dianggap pas untuk Zoro adalah buah iblis Zoan karnivora atau pemakan daging seperti Neko Neko no Mi, Model Tiger. Buah iblis Zoan ini dimiliki oleh Rob Lucci dari CP-0. Dengan berubah menjadi Zoan hal itu tidak akan merubah gaya bertarungnya. Justru, kecepatannya dan juga kekuatan fisiknya akan bertambah.

Goro Goro no Mi

Buah iblis ini dikonsumsi oleh penguasa wilayah Skypiea yaitu Enel. Dengan mengkonsumsi buah iblis ini, dia mampu merubah dirinya menjadi seorang manusia petir. Enel menggunakan kekuatan buah iblis tersebut untuk menjadi dewa Skypiea atau penguasa di wilayah tersebut. Selain magma dan api, buah iblis ini juga bisa menyebabkan kehancuran yang dahsyat.

Buah iblis ini akan cocok digunakan oleh Nami. Nami sendiri sebenarnya sudah memiliki beberapa kemampuan yang berkaitan dengan petir, contohnya adalah Cloud Tempo. Memang, kemampuan Cloud Tempo milik Nami sangatlah dahsyat. Tapi, tentunya akan jauh lebih dahsyat lagi jika kemudian Nami memiliki kemampuan dari buah iblis Rumble Rumble ini.

Giro Giro no Mi

Buah iblis Giro Giro no Mi adalah buah iblis berjenis Paramecia yang memiliki kekuatan untuk bisa membaca pikiran lawan ataupun melihat apapun dengan menggunakan penglihatan sinar X. Buah iblis ini dimiliki oleh Viola/Violet dan kemampuannya diperlihatkan saat arc Dressrosa. Viola menggunakan kemampuannya tersebut untuk memeriksa tubuh Sanji.

Giro Giro no Mi | Anime, Anime boy, MangaBuah iblis ini akan cocok dimakan oleh Usopp, sang raja penembak ulung. Dengan menggunakan buah iblis ini, Usopp bisa dengan mudah melihat dimanapun posisi lawan, dan juga membaca pikiran lawannya apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Buah iblis ini akan mampu menambah kemampuan Usopp dalam menembak tepat karena akan bisa menemukan posisi lawan.

Netsu Netsu no Mi

Buah iblis ini dimiliki oleh Charlotte Oven, salah satu anak dari Big Mom. Buah iblis tersebut memberikan kemampuan yang mirip dengan Mera Mera no Mi, dimana tubuh pengguna akan menjadi sangat panas dan akan membakar siapapun yang menyentuh atau melakukan kontak fisik dengan penggunanya. Selain itu, penggunanya juga bisa memindahkan panas yang ada di tubuhnya ke objek yang ada di sekitarnya.

Mengapa buah iblis ini cocok untuk Sanji, karena Sanji erat kaitannya dengan panas, dalam hal ini kekuatan andalannya adalah Diable Jump. Dalam arc Ennies Lobby kita melihat bagaimana semakin lama Sanji bertarung, semakin panas pula serangan Diable Jump, dan semakin kuat serangannya. Hal ini tentunya membuat Sanji menjadi salah satu karakter berbahaya.

Buah Iblis Eustass Kidd

Eustass Kidd merupakan salah satu anggota dari Worst Generation dan juga salah satu Supernova. Kidd memiliki kekuatan yang unik dan misterius, dimana tubuhnya bisa menjadi medan magnet dengan mengumpulkan besi dan logam lainnya untuk dijadikan senjata olehnya. Namun, sampai sekarang tidak diketahui apa nama buah iblis Kidd tersebut.

Buah iblis ini dirasa cocok untuk Franky, yang dikenal merupakan engineer dari kelompok Topi Jerami. Franky tentunya bisa membangun apapun dengan berbagai “sampah” yang dia temukan dengan menggunakan magnet di tubuhnya. Dibandingkan digunakan oleh Kidd, yang hanya menarik benda-bendanya saja dan kemudian menggunakannya untuk menghabisi lawan, Franky bisa mengolahnya menjadi sesuatu. Mirip seperti buah iblis Douglass Bullet, dalam cerita One Piece: Stampede.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.