Salah satu hal menarik yang muncul di chapter 998 kemarin adalah bagaimana salah satu dari Flying Six, yaitu Who’s Who, mengenal sosok Jinbe. Bagaimana dia bisa mengenal Jinbei? Siapa dia sebenarnya? Apakah mereka pernah bertemu sebelumnya? Hal inilah yang kemudian menjadi pertanyaan para fans yang masih belum terjawab sampai sekarang.

Who’s Who sendiri mengatakan bahwa dia mengenal sosok Jinbei saat dia masih menjadi salah satu anggota dari Shichibukai. Jinbei sendiri tidak mengenal sosok Who’s Who, dan memintanya untuk melepas topengnya yang mana hal itu jelas ditolak oleh Who’s Who. Dan seperti biasa, dengan adanya misteri seperti ini para fans akan melemparkan berbagai teori dan spekulasi yang menarik.

Terdapat salah satu teori yang bisa dibilang cukup masuk akal mengenai identitas dari Who’s Who. Menurut teorinya, sosok Who’s Who sebenarnya adalah sosok yang familiar khususnya untuk Ace. Dia diduga adalah rekan dan sahabat dari Ace, yaitu Masked Deuce. Masked Deuce sendiri menurut informasinya adalah wakil kapten dari kelompok bajak laut Spades.

Buat Geeks yang belum tahu, Spades adalah kelompok bajak laut yang dipimpin oleh Ace di awal petualangannya sebagai seorang bajak laut. Sayangnya, kelompok bajak laut ini kemudian bubar dan krunya pun berpisah. Ace sendiri kemudian berlayar sendiri, sampai kemudian dia bertemu dengan Whitebeard dan bergabung di kelompok tersebut dengan menduduki posisi ketua divisi 2.

Sosok Masked Deuce sendiri memang tidak memiliki nama dan identitas. Saat dia memperkenalkan diri kepada Ace pun dia tidak menyebutkan namanya. Dia hanya mengatakan untuk memanggilnya Deuce atau Masked Deuce. Buat Geeks yang penasaran dengan sosok Masked Deuce bisa membaca novel Ace’s Story Chapter 1 yang digambar oleh Boichi.

Deuce juga mengenakan topeng, sesuai dengan namanya, yang sekaligus semakin memperkuat citranya sebagai sosok yang misterius. Lalu, bagaimana Deuce bisa mengenal Jinbe? Berdasarkan informasi yang ada, besar kemungkinan Deus pernah bertarung melawan Jinbe saat dia masih bersama Ace dan masih menjadi bagian dari kelompok Spades.

Selain dari informasi tersebut, belum diketahui lagi apa yang terjadi kepada Deuce dan sebagainya karena memang baik di manga ataupun di novelnya tidak lagi dibahas atau diungkapkan. Jika melihat pola dari Eiichiro Oda terhadap berbagai karakter penting, rasanya Deuce tidak akan dilupakan begitu saja – hanya muncul sekilas di novelnya. Karena itulah bisa jadi Who’s Who adalah Deuce.

Lagipula, ada beberapa hal yang juga sama dari Who’s Who dan Deuce. Pertama identitas yang misterius. Kemudian, sama-sama menutup wajah mereka dengan topeng (meskipun berbeda) dan sama-sama memiliki nama yang misterius. Lalu, bagaimana Deuce bisa berada di Onigashima? Bisa jadi setelah Ace tewas, Deuce, yang juga bergabung ke kelompok Whitebeard, kemudian memutuskan untuk pergi.

Dia kemudian membangun kru bajak lautnya sendiri dan memulai petualangannya sendiri, sampai kemudian dia bertemu dengan Kaido dan akhirnya kalah. Namun, Kaido mengakui kekuatan Deuce dan memintanya beserta krunya untuk bergabung dengan kelompok Beasts. Hal ini juga terjadi kepada Apoo dan Hawkins. Mengingat Ace menjadi salah satu sosok yang relevan di Wano saat ini, maka mungkin wajar jika ada orang terdekatnya yang juga terlibat dalam cerita di arc Wanokuni ini. Kita nantikan saja ya Geeks fakta sebenarnya dari hal ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.