Pertempuran besar demi pembebasan Wano sudah semakin dekat dan di anime One Piece episode 954, kita melihat Zoro kembali berfokus dengan tujuannya untuk mendapatkan pedang Shusui. Setelah tidak sengaja membantu Hiyori kembali bertemu dengan Kawamatsu, dan juga menemukan sebuah lokasi suplai senjata untuk para samurai yang ikut berperang ke Onigashima, Zoro berusaha mengambil kembali Shusui dari tangan Gyukimaru.

Namun, Hiyori kemudian meminta Zoro merelakan pedang Shusuinya dan mengembalikannya ke tempat semula agar “kutukan” di Wano bisa hilang. Sebagai gantinya Hiyori memberikan Zoro penawaran yang tidak bisa dia tolak. Sebuah pedang legendaris, yang dulu pernah digunakan oleh ayahnya, Kozuki Oden, dan salah satu pedang yang pernah melukai Kaido yaitu Enma.

Seperti yang diketahui, Enma merupakan salah satu dari dua pedang yang digunakan oleh Oden dalam berbagai pertempuran, termasuk saat bertarung melawan Kaido. Selain Enma, pedang milik Kozuki Oden yang lainnya adalah Ame no Habakiri. Namun, pedang tersebut ada di tangan Momonosuke. Pedang Enma tentunya menjadi pengganti yang sangat sepadang dari Shusui.

Shusui Adalah Milik Wano

Bersama dengan Wado Ichimonji dan Sandai Kitetsu, pedang Shusui sudah menemani berbagai petualangan Zoro selama ini setelah dia mendapatkan pedangnya di Thriller Bark. Saat itu, Zoro mendapatkan pedangnya dari zombie Ryuma. Shusui sendiri merupakan salah satu dari Black Blades atau pedang hitam, yang terkonfirmasi di cerita One Piece selain Yoru milik Dracule Mihawk.

Zoro sendiri pada awalnya menganggap bahwa apa yang dilakukan oleh Gyukimaru adalah hal yang salah karena sudah “mencuri” pedang tersebut darinya. Gyukimaru sendiri tidak percaya bahwa Zoro mendapatkannya dari sosok Ryuma – yang memang memberikannya secara langsung. Tapi, Hiyori kemudian menjelaskan bahwa Shusui bukan hanya sekedar pedang, melainkan juga harta luar biasa milik Wano. Karena itulah Hiyori meminta Zoro untuk meninggalkannya di Wano.

Hiyori sadar bahwa Zoro tidak akan begitu saja mau memberikan atau menyerahkannya, karena itulah dia memberikan penawaran kepada Zoro untuk menukarkan pedang Shusui dengan Enma. Dan setelah mendengar kisahnya, akhirnya Zoro pun setuju dan tertarik untuk kemudian menukarkan Shusui dengan Enma.

Pertukaran yang Pas

Sejauh ini, masih belum banyak hal yang diungkapkan di animenya tentang Enma selain pernah digunakan oleh Oden dan pernah digunakan untuk melukai Kaido. Mendapatkan sebuah pedang yang populer, seperti Shusui, dan juga kuat merupakan sebuah hal yang langka. Sebuah keberuntungan bagi Zoro saat itu bisa bertemu dengan zombie Ryuma dan mendapatkan Shusui.

Namun, Zoro kini mendapatkan penggatinya yang pas dan tidak kalah kuat ataupun tangguh dari Shusui. Para fans tentunya akan penasaran seperti apa peningkatan kekuatan Zoro dengan pedang Enma tersebut. Apakah Zoro akan mampu menghancurkan Kaido atau membuka kembali luka yang dulu pernah dibuat oleh Oden di tubuhnya? Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.