Setelah menghadirkan kemampuan penuh dari form baru Jaw Titan dan bagaimana peperangan besar yang epik terjadi di episode awal musim terakhir seri anime Attack on Titan, serinya akhirnya mengungkapkan nama dan dimana lokasi Titan terakhir dari sembilan Titan Ymir. Dan hal ini menjadi kabar buruk bagi para penduduk Paradis Island, karena War Hammer Titan sendiri ada di tangan bangsa Marley.

Pengungkapan ini diperlihatkan menjelang akhir episode dua kemarin. Eldian Warrior Unit – Zeke sang Beast Titan, Reiner sang Armored Titan, Galliard sang Jaw Titan, dan Pieck sang Cart Titan – mengadakan sebuah perkumpulan kecil, setelah mereka kembali ke Liberio dari pertempuran hebat di Timur-Tengah.  Mereka berkumpul untuk mendiskusikan langkah mereka selanjutnya terkait konflik di Paradis Island.

Meskipun aliansi Marley dan Eldian berhasil memenangkan aliansi negara-negara Timur-Tengah di Fort Slava, seperti diperlihatkan di episode pertama, nampaknya hal itu tidak membuat Calvi, sang jendral perang bangsa Marley senang. Hal ini diketahui dari bagaimana media massa luar memberitakan pertempuran tersebut, dimana mereka justru “memuji” teknologi senjata mutahir aliansi Timur-Tengah yang mampu menghancurkan para Titan.

Dengan tidak puasnya Calvi dengan apa yang diberitakan di media massa, hal tersebut membuat beberapa penduduk Eldian khawatir tentang apa yang akan terjadi kepada mereka selanjutnya. Seperti yang diungkapkan oleh Zeke kepada pasukannya, Marley membutuhkan kekuatan dari kesembilan Titan Ymir, tapi yang paling penting adalah mereka membutuhkan kekuatan dari Founding Titan, dan saat ini kekuatan Founding Titan ada di Paradis Island.

Untuk mendapatkan Titan dengan kekuatan paling dahsyat tersebut, mereka harus kembali ke Paradis dan menyelesaikan apa yang Zeke, Reiner, Bertolt, dan Annie mulai sembilan tahun yang lalu. Namun, bukan hanya itu saja. Zeke juga mengusulkan untuk mengikut sertakan keluarga Tybur dalam rencana mereka, karena mereka adalah pemilik (atau penjaga) dari War Hammer Titan.

Dengan sudah diperkenalkannya Colossal Titan, Armored Titan, Attack Titan, Female Titan, Jaw Titan, Beast Titan, dan juga Cart Titans di sepanjang tiga seri sebelumnya, War Hammer Titan adalah Titan terakhir dari sembilan Titan legendaris. Masing-masing dari kesembilan Titan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun founding Titan sendiri adalah Titan yang paling kuat diantara mereka.

Tidak terlalu banyak informasi yang diketahui tentang War Hammer Titan sampai sejauh ini, selain informasi tentang keluarga Tybur yang kaya raya dan juga memilih untuk tidak bergaul dengan dunia luar. Mereka memilih untuk tidak ikut campur dalam peperangan bangsa Marley, yang mana hal ini menunjukan sisi netral mereka – atau mungkin sisi egois mereka.

Terlepas dari semua informasi tentang keluarga Tybur tersebut, Zeke percaya diri bahwa dia mampu membujuk keluarga tersebut untuk ikut serta dalam rencana yang sudah dia buat. Buat Geeks penggemar seri animenya yang mungkin penasaran dengan sosok Titan bertopeng putih dengan sebuah tombak muncul di trailer resminya kemarin, itulah sedikit bocoran dari penampilan sosok War Hammer Titan.

Tentunya menjadi sebuah hal yang sangat signifikan ketika bangsa Marley kemudian memiliki akses terhadap War Hammer Titan. Jika mereka berhasil membujuk keluarga Tybur untuk bergabung, maka ini akan menjadi kemenangan besar bagi bangsa Marley. Namun, Paradis Island masih memiliki senjata terakhir mereka yaitu Eren Jaeger, yang memiliki kekuatan Founding Titan. Saat ini Eren sedang menjadi ancaman yang berbahaya bagi semua orang. Apa tindakan Zeke dan Marley selanjutnya? Kita nantikan saja kelanjutannya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.