Silvers Rayleigh adalah sosok legendaris yang tentunya dikenal oleh semua orang di dunia One Piece. Tidak ada yang tidak mengenal sosok Roger, bahkan bajak laut generasi baru pun sangat mengenal sosok Roger. Rayleigh sendiri dulunya merupakan salah satu kru dari kelompok bajak laut Roger, dia adalah tangan kanan dari Roger, sosok yang dipercaya oleh Roger.

Menjadi sosok legendaris tentunya Rayleigh dikenal juga memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Semuanya berkat kemampuan untuk mengendalikan ketiga jenis Haki, dan juga bagaimana keahliannya dalam berpedang. Meskipun menjadi sosok legendaris, nyatanya ada beberapa hal yang mungkin tidak banyak fans ketahui. Apa saja?

Kemunculan Pertamanya

Kemunculan pertama dari sosok Silvers Rayleigh terjadi di arc pulau Sabaody. Saat itu Rayleigh ditahan di pelelangan manusia, karena tidak mampu membayar hutang judinya. Hal ini diperlihatkan di chapter 500, yang berjudul “The Embers of History.” Namun, sebenarnya, sosok Rayleigh sudah pernah muncul jauh sebelum itu tepatnya di chapter 19, dalam flashback Buggy di arc Orange Town. Saat itu, Rayleigh hanya muncul dalam satu panel kecil saja. Rayleigh nampak masih muda dan dia sedang menghentikan perkelahian antara Shanks dan Buggy tentang harta karun.

Kekuatannya Luar Biasa

Menjadi anggota dari kelompok raja bajak laut, apalagi dia adalah wakil kapten, maka tidak heran jika Rayleigh adalah sosok yang sangat kuat. Setelah Roger, Rayleigh adalah kru terkuat kedua di kelompok tersebut, karena itulah dia kemudian menjadi wakil dari Roger. Menurut penuturan dari Garp dalam arc Sabady, dia adalah sosok legendaris yang bahkan Kizaru pun tidak akan mudah menangkapnya, tanpa ada bantuan dari kekuatan besar angkatan laut. Butuh persiapan panjang dan rumit untuk menangkap atau mengalahkan Rayleigh, sama seperti rencana untuk mengalahkan Whitebeard.

Bukan Lagi Bajak Laut

Setelah mereka berhasil menuju Laugh Tale – dan bisa dibilang “kurang beruntung” karena mereka terlalu cepat tiba di Laugh Tale – semua kru dari bajak laut Roger berpisah dan dibubarkan. Masing-masing mereka bebas memilih jalannya. Ada yang kembali menjadi bajak laut, seperti Shanks dan Buggy, tapi ada juga yang memilih jalan lain tentunya.

Jika Roger memutuskan untuk ditangkap oleh angkatan laut, Rayleigh memilih untuk hidup dengan tenang di Sabaody. Dia bekerja sebagai tukang cat kapal. Dia akan melapisi kapal-kapal yang akan pergi ke pulau duyung, dengan sebuah gelembung khusus agar mereka bisa selamat sampai ke pulau tersebut. Hal ini juga dilakukan oleh Rayleigh kepada Sunny, sebelum kru Topi Jerami menjalani time-skip.

Memiliki Dua Nama Julukan

Silvers Rayleigh adalah salah satu dari sedikit bajak laut dahsyat dan legendaris di dunia One Piece yang memiliki dua nama julukan. Pertama adalah “Tangan Kanan Sang Raja Bajak Laut,” yang diambil dari peran atau posisinya di kru Roger sebagai wakil dari sang kapten. Julukan yang kedua dan paling epik adalah “Sang Raja Kegelapan.” Julukan ini lebih sering melekat pada diri Rayleigh dibandingkan yang sebelumnya. Masih belum diketahui sampai sekarang mengapa Rayleigh mendapatkan julukan tersebut. Apakah karena kekuatannya? Perilakunya?

Sosok Bajak Laut Legendaris Tertua

Dari sekian banyak bajak laut legendaris yang ada di cerita One Piece, Silvers Rayleigh adalah yang paling tua diantara mereka. Sosok seperti Whitebeard, Roger dan Rayleigh sendiri usianya tidak jauh berbeda. Rayleigh sendiri diketahui saat ini berusia 78 tahun, dan Roger sendiri jika masih hidup maka usianya adalah 77 tahun. Whitebeard sendiri tewas di usia yang ke 72 tahun saat peristiwa di Marineford, menjadikannya bajak laut “termuda” diantara ketiga legendaris ini. Shiki, salah satu bajak laut legendaris lainnya, masih hidup sampai saat ini namun tidak diketahui berapa usianya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.