Beberapa waktu lalu dalam anime Boruto: Naruto Next Generations, kita diperlihatkan saat Boruto menciptakan Rasengan baru bernama Rasengan Fuuton. Rasengan Fuuoton dapat Boruto ciptakan setelah mempelajarinya dari Kakashi. Tapi nih Geeks, Rasengan Fuuton Boruto sepertinya tidak akan sekuat dibandingkan Rasengan Fuuton milik Naruto.

Pasalnya, jumlah chakra yang berada di Rasengan Fuuton Naruto sangatlah besar, dibandingkan dengan jumlah chakra di Rasengan Fuuton Boruto. Hal itu sudah terbukti saat Naruto berhadapan dengan Madara. Madara bahkan sempat mengatakan bahwa Rasengan Fuuton Naruto memiliki kekuatan yang sangatlah besar.

Memang sangat wajar jika Naruto dapat mengeluarkan chakra yang lebih besar untuk Rasengan Fuuton karena ada Kurama dalam dirinya. Kurama sendiri adalah biiju yang chakranya bertipe angin. Oleh sebab itu elemen angin Naruto sangat kuat. Selain itu, elemen angin Boruto masih berada di level yang paling bawah, sehingga ia juga tidak bisa menciptakan Rasengan Shurikan. Karena chakra Boruto tidak sebesar Naruto, ukuran Rasengan Fuuton milik Boruto juga sangatlah kecil.

Tapi ada beberapa fans yang berpendapat bahwa ukuran bukan menjadi masalah yang terlalu penting, karena Rasengan Kieru juga memiliki ukuran yang kecil, namun memiliki dampak yang menghancurkan. Tetapi walau tidak sebaik sang ayahnya, Boruto juga memiliki kelebihan yang sangat mencolok.

Diusianya yang masih sangat muda, Boruto sudah dapat mengeluarkan jurus yang sangat mematikan tersebut, lain halnya dengan Naruto yang harus mempelajari jurus Rasengan Fuuton dengan susah payah. Boruto malahan lebih singkat untuk mempelajarinya. Rasengan Fuuton juga menjadi pondasi awal dari jurus Rasengan baru Boruto yang nantinya akan kita lihat.

Rasengan Fuuton yang diperlihatkan kemungkinan adalah bentuk dasar dari Rasengan Fuuton, yang artinya tidak ada evolusi atau apapun. Namun, ada hal menarik dari Fuuton Rasengan Boruto ini, dimana warnanya mirip dengan Rasengan yang pernah ditampilkan oleh Minato dalam film Naruto Shippuden The Movie: The Lost Tower. Walau film tersebut bukan bagian dari cerita utama Naruto, tetapi hal itu menunjukkan bahwa Boruto mewarisi kecerdasan dari Minato Namikaze.

Terlepas dari itu, wajar jika Rasengan Fuuton milik Boruto masih lemah, karena tekniknya masih belum sempurna. Dengan usianya yang masih sangat muda, Boruto memiliki banyak waktu untuk memperkuat teknik tersebut. Mungkin kedepannya kita akan melihat salah satu teknik rasengan terkuat di dunia, yang ia ciptakan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/