Susanoo adalah salah satu kemampuan terkuat yang dikuasai oleh para klan Uchiha yang berhasil membangkitkan Mangekyou Sharingan. Dikenal sebagai jutsu pertahanan terbaik, tidak sembarang orang bisa menggunakan Susanoo. Seiring berjalannya waktu, kita kemudian melihat bahwa ada beberapa karakter yang mampu menggunakan atau memiliki kekuatan ini. Lalu, diantara mereka, siapa saja pengguna Susanoo terkuat?

4Kakashi Hatake

Meskipun Kakashi bukanlah keturunan klan Uchiha, dia sudah memiliki mata Sharingan bahkan sebelum seriesnya dimulai. Bertahun-tahun yang lalu, ketika perang besar ninja ketiga, Obito memberikan salah satu matanya kepada Kakashi ketika dia sedang sekarat. Semenjak saat itu, Kakashi memililiki julukan Kakashi si pengguna Sharingan.

Dalam cerita awal di series Naruto Shippuden, Kakashi diperlihatkan mampu mengakses Mangekyou Sharingan, dan seiring berjalannya waktu Kakashi akhirnya mampu mengendalikan kemampuan ini. Setelah perang besar ninja keempat, Kakashi diberikan satu matanya lagi oleh Obito, beserta chakra Six Paths yang tersisa. Dengan mengkombinasikan kedua kekuatan itu, Kakashi berhasil membangkitkan Susanoo dalam bentk penuh untuk bertarung melawan Kaguya. Sayangnya, kekuatannya ini hanya bersifat sementara.

3Sasuke Uchiha

Anggota klan Uchiha terkuat, Sasuke bangkit dari hanya seorang Uchiha biasa menjadi orang yang memiliki separuh kekuatan dari Hagoromo Otsutsuki. Saat perang besar ninja keempat, Sasuke berhasil mendapatkan akses untuk menggunakan Eternal Mangkeyou Sharingan setelah mentransplantasi mata milik Itachi.

Dengan kekuatan Eternal Mangkekyou Sharingan, Sasuke kemudian berhasil membangkitkan Susanoo dalam bentuk penuh, juga chakra Six Paths, seperti Indra. Untuk lebih memperkuat lagi, Sasuke kemudian menguras habis chakra bijuu dan menggunakannya kepada Susanoo miliknya. Hal itu membuat Sasuke berhasil membangkitkan ‘Indra Susanoo’.  Bahkan, Susanoo ini mampu menyaingi Kyuubi Naruto.

2Shishui Uchiha

Shishui merupakan salah satu penerus klan Uchiha yang sangat populer, dan dia juga merupakan seorang jonin Konoga dengan talenta dan skill yang luar biasa. Pada suatu saat ketika perang besar Ninja ketiga, Shishui menyaksikan seseorang yang dekat dengannya tewas, yang mana hal tersebut justru membangkitkan Mangekyoy Sharingan di dalam dirinya.

Karena Shishui memiliki Mangekyou Sharingan di kedua matanya, dia juga memiliki kemampuan untuk menggunakan Susanoo. Dalam Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution, diungkapkan origin story dari seorang Shishui, dimana dia mampu menggunakan Susanoo. Meskipun Susanoo versinya bukanlah versi yang sempurna, karena kemungkinan salah satu matanya dicuri oleh Danzo, Shishui dan Susanoo miliknya tetap mampu menghadapi pasukan shinobi musuh.

1Itachi Uchiha

Dikenal sebagai pembunuh klannya, Itachi Uchiha merupakan anak tertua dari Fugaku Uchiha, yang menghancurkan seluruh klan Uchiha dengan membantai seluruh anggotanya hanya dalam satu malam. Itachi juga merupakan karakter yang dikenal akan kemampuan Mangekyou Sharingan miliknya, yang dibangkitkan setelah dia melihat Shishui Uchiha bunuh diri di hadapannya.

Dengan Itachi yang mampu menggunakan Mangekyou Sharingan artinya dia juga memiliki kemampuan untuk mengakses Susanoo. Selain itu, Mangekyou Sharingan miliknya membuat Itach mampu menggunakan teknik genjutsu Tsukoyoumi dan juga Amaterasu. Susanoo sendiri diperkenalkan ketika dia bertarung melawan Sasuke. Meskipun Susanoo miliknya tidak dalam bentuk penuh, tapi Susanoo miliknya memiliki dua senjata yang membuatnya sukar untuk dikalahkan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2