Tidak Ada yang Tewas – Captain America: Civil War

Ketika sebuah film memiliki kata “Civil War” atau perang saudara, rasanya wajar jika kemudian para penonton atau para fans berharap adanya korban yang jatuh dalam pertempuran tersebut. Namun untuk film Captain America ketiga ini, sayangnya tidak ada korban yang jatuh atau tewas akibat peperangan tersebut. Memang ada sebagian karakter yang tewas seperti Crossbones, T’Chaka, dan Peggy Carter.

Namun, jika melihat kepada para superhero, hampir tidak ada dari mereka yang tewas. Mungkin Rhodes adalah yang paling dekat untuk masalah hal ini, dimana dia menjadi lumpuh setelah terkena serangan Vision – yang mencoba untuk mengenai Falcon. Dengan adanya setidaknya satu korban dari pihak pahlawan, maka hal tersebut akan mengokohkan plot line filmnya. Dengan tidak adanya korban yang jatuh dari pihak pahlawan, membuat sebagian fans beranggapan bahwa “permusuhan” yang dialami oleh Cap dan Iron Man hanya “berpura-pura saja”.

Ucapan Selamat Tinggal Steve Kepada Bucky – Avengers: Endgame

Bukan masalah Steve yang berpisah dengan Bucky Barnes yang menjadi inti dari pembahasan ini. Tapi, tidak adanya momen kedekatakan diantara kedua karakter ini sebelum Cap mengembalikan Infinity Stones ke timeline aslinya membuat para fans kecewa. Yang ditampilkan hanyalah sebuah kalimat singkat yang merupakan callback dari film pertama Captain America.

Yang lebih parahnya lagi, Cap kembali sebagai orang tua. Bucky tetap diam di tempatnya, sedangkan Sam mencoba untuk mendekati sosok tersebut dan berbicara dengannya. Joe Russo kemudian mengkonfirmasi bahwa Bucky tahu bahwa Cap tidak akan kembali. Namun, hal itu dianggap “merusak” momen persahabatan dan kedekatan antara Bucky dan Cap.

Tentang Sosok Mandarin – Iron Man 3

Penampilan Mandarin di film Iron man 3 adalah salah satu kekecewaan terbesar para fans terhadap MCU. Bagaimana tidak, para penonton sudah “dijanjikan” akan melihat pertarungan seru antara Tony Stark dan Mandarin, salah satu villain populer di Marvel Comics yang akhirnya “muncul” di MCU. Sayangnya, para penonton tidak mendapatkan Mandarin yang mereka inginkan.

Di filmnya kemudian terungkap bahwa sosok yang mengaku menjadi Mandarin adalah seorang aktor bernama Trevor Slattery, yang dibayar oleh Aldrich Killian. Fakta ini benar-benar membuat para fans murka. Marvel langsung bergerak cepat dengan menghadirkan sebuah film pendek yang menjelaskan bahwa Mandarin yang asli nyatanya masih hidup dan tidak senang jika namanya dijadikan bahan lelucon. Mandarin sendiri dijadwalkan hadir dalam film Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings.

Kematian Black Widow – Avengers: Engame

Setelah sekian lama, Black Widow akhirnya akan mendapatkan film solonya sebagai bagian dari pembukaan Phase 4 MCU. Namun, film tersebut sepertinya tidak benar-benar menjadi pembuka karena pada dasarnya film itu merupakan “prekuel” dari cerita Natasha sebelum Endgame. Dan yang cukup banyak menyita perhatian para fans juga adalah keputusan Marvel yang merilis filmnya pasca kematian Black Widow di Vormir dalam film Endgame.

Black Widow mengorbankan dirinya demi bisa mendapatkan Soul stone. Meskipun momen kematian Black Widow di Vormir tidak begitu buruk, para fans sendiri beranggapan bahwa adegan “pengorbanan diri” di Vormir sudah menjadi “milik” Thanos ketika dia mengorbankan Gamora. Kematian Black Widow di Vormir nyatanya tidak memberikan dampak signifikan seperti yang diharapkan oleh kedua sutradara.

Penjelasan Mengenai Mata Nick Fury – Captain Marvel

Selama lebih dari satu dekade, salah satu misteri terbesar yang menyelimuti MCU adalah insiden yang menyebabkan Nick Fury harus kehilangan sebagian matanya sehingga dia harus menggunakan penutup mata. Dalam film Winter Soldier, Nick Fury menjelaskan kepada Cap mengenai matanya. “Terakhir kali aku percaya terhadap seseorang, aku kehilangan sebelah mataku.”

Banyak yang berspekulasi bahwa Nick Fury mungkin terlibat pertarungan atau ternyata dikhianati oleh seseorang yang penting dalam hidupnya. Namun, kemudian fakta sebenarnya muncul di film Captain Marvel dimana rusaknya sebagian mata Nick Fury ternyata diakibatkan oleh cakaran Goose, alien dari ras Flerken yang menyamar menjadi kucing Carol Denvers. Adegan tersebut seolah menghancurkan ekspektasi tinggi para fans tentang apa yang terjadi kepada mata Nick Fury tersebut.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.