Armament Haki adalah salah satu dari tiga jenis Haki dan juga jenis Haki yang paling banyak dipergunakan dalam seri One Piece. Armament Haki akan membuat penggunanya mampu mengalirkan semangat dalam diri mereka untuk digunakan sebagai senjata ataupun sebagai pertahanan terhadap serangan yang datang.

Sama seperti Observation Haki, Haki jenis ini bisa dibangkitkan atau bisa dipelajari oleh siapa saja, tentunya butuh latihan yang keras dan tekun jika benar-benar ingin menguasainya. Armament Haki juga merupakan salah satu Haki yang memiliki beragam “jenis” dan memiliki banyak penggunanya. Lalu, apa saja jenis dari Armament Haki? Dan siapa saja pengguna terbaik Haki ini?

Kozuki Oden

Kozuki Oden merupakan seseorang yang sangat ahli dan juga tangguh dalam penggunaan Ryou. Ryou sendiri adalah sebutan untuk Armament Haki bagi para penduduk Wano. Meskipun tidak jauh berbeda, sebenarnya ada satu hal penting yang membedakan Ryou dengan Armament Haki biasa. Ryou “memaksa” penggunanya untuk membiarkan Haki milik mereka mengalir dari satu titik ke titik lain dan tidak menyia-nyiakannya untuk sesuatu yang tidak penting.

Haki jenis ini sebenarnya banyak juga digunakan oleh karakter lain, seperti Sentomaru atau Boa bersaudara. Tapi, sampai saat ini Oden masih menjadi pengguna yang terbaik. Dia mengalirkannya ke kedua pedang miliknya dan mampu melukai Kaido.

Monkey D. Luffy/Silvers Rayleigh

Advanced Ryou merupakan teknik tingkat atas/tingkat selanjutnya setelah kita mampu mempelajari atau menguasai Ryou. Pada dasarnya Advanced Ryou sama dengan Ryou, mengalirkan Haki ke tubuh penggunanya. Bedanya, dengan teknik ini penggunanya bisa menghancurkan benda dari dalam. Meskipun penduduk Wano banyak yang memiliki kemampuan Ryou, tidak semua mampu menguasai Advanced Ryou.

Luffy dan Rayleigh adalah salah satu contoh nyata dari pengguna terbaik Advanced Ryou. Dibanding Luffy, Rayleigh sudah jauh lebih berpengalaman dengan haki ini. Salah satu buktinya adalah ketika Rayleigh berhasil melepaskan kalung Camie. Luffy, yang meskipun baru terhadap kemampuan ini, sudah menunjukan perkembangan yang signifikan. Meskipun pada awalnya dia tidak sengaja mampu melepaskan gelang peledak milik Hyougoro, tapi saat Luffy melepaskan gelang milik Yamato dia sudah bisa melakukannya dengan mahir.

Shimotsuki Ryuma

Meskipun biasanya Armament Haki diaplikasikan ke bagian tubuh penggunanya, namun Haki ini bisa juga dialirkan atau diaplikasikan ke benda atau senjata tertentu, misalnya pedang. Dan ketika pedang tersebut sudah “menyatu” dengan Haki, maka pedang tersebut akan berubah menjadi hitam menandakan bahwa pedangnya sangat kuat dan memiliki kemampuan yang dahsyat – serta memiliki koneksi yang kuat dengan pemiliknya.

Ketika sebuah pedang berubah menjadi hitam, artinya grade atau tingkatan pedangnya sudah meningkat. Menurut Tenguyama, Enma bisa berubah menjadi pedang hitam di tangan Zoro. Namun, Zoro untuk saat ini masih belum menjadi pengguna terbaik Blackening. Shimotsuki Ryumalah pengguna terbaik teknik ini. Sang penjaga Wano dan samurai terkuat di wilayah tersebut, juga pemilik asli dari pedang Meito Shusui, tidak diragukan lagi Ryuma merupakan yang terbaik.

Monkey D. Luffy

Haki adalah salah satu kekuatan dahsyat dalam cerita One Piece, yang banyak digunakan karakter hebat. Buah iblis pun sama dengan Haki, menjadi salah satu kekuatan dahsyat dalam cerita ini. Menggabungkan kedua sumber kekuatan tersebut tentunya akan membuat seorang karakter menjadi luar biasa, yang artinya kekuatan mereka meningkat beberapa kali lipat.

Ketika penggunanya mengaplikasikan kemampuan ini, maka bagian tubuhnya akan mengeras. Meskipun begitu, efek dari buah iblisnya tetap bisa dirasakan. Monkey D. Luffy adalah pengguna terbaik dari teknik ini. Meskipun tubuh Luffy berubah menjadi keras – akibat hardening – namun, dia masih tetap merasakan efek buah iblis Gomu Gomu. Kemampuan ini bisa dilihat saat Luffy mengakses kekuatan Gear 4.

Edward Newgate/Gol D. Roger

Ketika seseorang sudah menguasai level paling tinggi dari Armament Haki, maka mereka akan bisa melakukan apa yang disebut para fans sebagai ‘Advanced Emission of Haki”. Sejauh ini, kemampuna Advanced Emission baru bisa dilakukan ketika penggunanya menggunakan pedang – atau senjata. Saking dahsyatnya serangan dari jenis Armament Haki ini, penggunanya akan mengeluarkan petir saat menyerang.

Sayangnya penjelasan yang lebih jelas untuk jenis Haki ini masih belum ada dan sejauh ini baru ada satu adegan yang memperlihatkan Advanced Emission of Haki. Adegan tersebut adalah ketika Whitebeard dan Roger bertarung di sebuah pulau. Oden, yang dikenal memiliki Armament Haki kuat, pun merasa kaget dengan kemampuan Haki dari Whitebeard dan Roger. Saking dahsyatnya serangan mereka, baik Murakumogiri maupun pedang Roger tidak saling bersentuhan, dan atmosfer di sekitarnya terlihat retak.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.