Apakah teaser trailer dari film The Batman kemarin juga memperkenalkan sosok villain The Penguin? Itulah yang menjadi pertanyaan para fans sejak kemarin, menanggapi dirilisnya footage pertama dari film ini. The Penguin merupakan salah satu dari tiga villain yang dijanjikan oleh Matt Reeves yang akan muncul di filmnya, selain Catwoman dan juga The Riddler.

Karakter the Penguin sendiri akan diperankan oleh aktor Collin Farrel. Pertanyaan mengenai The Penguin sebenarnya sama menariknya dengan The Riddler. Apakah pria bertopeng yang menjadi sorotan utama dalam teasernya merupakan The Riddler. Beberapa bukti kemudian memperkuat dugaan bahwa memang sosok tersebut adalah The Riddler.

Para fans di sosial media pertama kali memunculkan diskusi apakah sosok misterius yang ada di trailernya merupakan The Penguin. Sosok yang dimaksud para fans adalah seorang pria dengan wajah bulat dan memiliki sedikit rambut, dan sosok ini diperlihatkan saat adegan hujan dengan kamera yang bergerak maju (close-up) ke arah wajahnya.

Mereka berpendapat bahwa sosok tersebut adalah The Penguin dalam balutan prostethic atau kostum dan riasan yang membuat sosok Collin Farrel tampak berbeda jauh. Dari bentuk wajah dan penampilannya, pria tersebut memang cocok dengan gambaran karakter Penguin (ditambah menurut Reeves sosok tersebut tidak senang dengan panggilan “Penguin” karena dianggap menghina).

Jika memang itu adalah Collin Farrel, maka dia benar-benar tidak bisa dikenali, dan itu menjadi pujian bagi tim produksi. Sebelumnya, internet juga sempat gaduh dengan foto bocoran dari set lokasi pengambilan gambar, dimana salah sosok yang diperlihatkan dalam foto bocoran tersebut dikabarkan adalah Penguin, dan bentuk serta penampilannya sesuai dengan apa yang diperlihatkan di trailernya.

Namun, sayangnya tidak ada konfirmasi terkait foto bocoran tersebut dan bisa jadi ada perubahan besar dalam proses pasca produksi atau mungkin Reeves sengaja memberikan perubahan bentuk wajah, khusus untuk teaser tersebut. Hal ini tentunya bukan hal baru, seperti sebelumnya Marvel Studios “menipu” para fans dengan kemunculan Hulk yang mana pada versi aslinya Hulk sama sekali tidak muncul.

Perlu diingat ya Geeks bahwa proses produksi film The Batman, seperti diungkapkan Matt Reeves kemarin, baru berjalan 25-30% saja. Artinya, apa yang ditampilkan di teaser tersebut baru sedikit dari keseluruhan cerita yang ada. Mungkin, jika semua proses produksi sudah kembali berjalan seperti biasa dan semuanya sudah kembali normal, kita akan segera mendapatkan trailer penuh untuk filmnya dan kita akan mendapatkan lebih banyak informasi mengenai sosok Penguin.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.