Pebasket profesional, LeBron James, akan menjadi bintang utama dalam film reboot dari Space Jam, yaitu Space Jam 2. Film pertamanya sendiri dirilis pada 1996, meskipun mendapatkan ulasan yang beragam filmnya tetap sukses masuk jajaran box office bahkan menjadi salah satu film ikonik di tahun 1990an. Pada saat itu, bintang basket NBA yang berperan di filmnya adalah Michael Jordan.

Michael Jordan tidak memilih untuk bermain di sekuelnya, namun lebih memilih untuk kembali terjun di dunia NBA. Sekarang, franchisenya melakukan reboot film ini dengan judul baru yaitu Space Jam: A New Legacy dan memilih LeBron James sebagai pengganti dari James. Proses produksi filmnya sendiri cukup memakan waktu yang lumayan panjang, sejak pertama kali LeBron mengumumkan keterlibatannya pada proyek ini di tahun 2014.

Berbagai penundaan sempat terjadi, juga seluruh jadwal harus mengikuti jadwal NBA. Setelah semuanya selesai, akhirnya film ini dijadwalkan akan dirilis pada 16 Juli 2021 mendatang. Meskipun sampai saat ini belum ada teaser ataupun trailer tentang filmnya, tapi jersey yang akan dipakai oleh LeBron dan dan para karater Looney Tunes sudah diperlihatkan.

Perbedaan mencolok jelas terlihat dari desain warna, yang sebelumnya hanya putih polos dengan logo Looney Tunes di bagian tengahnya. Sedangkan desain barunya berwarna biru dengan logo Looney Tunes berukuran besar di bagian samping atas jerseynya serta pada bagian celana yang digunakan. Desain ini sengaja dibuat agar lebih relate dengan NBA di era sekarang.

Namun, perbedaan yang juga tidak kalah menarik adalah nomor punggung yang dikenakan LeBron. Dibandingkan dengan menggunakan nomor punggungnya di L.A. Lakers yaitu nomor 23, LeBron lebih memilih menggunakan nomor punggung 6. Mengapa dia memilih angka tersebut? angka 6 merupakan nomor punggung James ketika dia masih berada di tim Miami Heat.

Di tim tersebut, James mendapatkan dua prestasi besar dalam hidupnya yaitu menang beberapa kali dalam kejuaraan NBA, dan membawanya untuk masuk tim nasional basket Amerika. Dia membantu tim basket Amerika mendapatkan dua medali emas. Dan angka ini masih dia gunakan dalam jersey latihan Lakers. Juga, James masih menjadi pemain Miami Hear ketika dia menandatangani kontrak kerja sama untuk produksi filmnya.

Jadi, dengan kata lain, penggunaan nomor punggung 6 pada baju Space Jam milik James merupakan sebuah penghormatan terhadap karirnya dulu, yang membuatnya menjadi seorang pebasket yang sukses. Selain kemungkinan untuk mengenang kembali karirnya, angka 6 sengaja dipilih untuk membedakan dirinya dengan Michael Jordan.

Angka 23 sudah banyak digunakan oleh pebasket lainnya, termasuk James sebagai bentuk penghormatan terhadap idolanya tersebut. Tapi, James sendiri sadar bahwa angka itu tidak bisa lepas dari sosok Michael Jordan. Ada kemungkinan juga di universe Space Jam, angka itu juga sudah dipensiunkan demi menghormati sosok Jordan. Sesuai dengan judul filmnya, warisan baru Space Jam akan dimulai dan hal ini dimulai dengan nomor punggung yang dikenakan oleh sang bintang utama, LeBron James. Jika berhasil, mungkin angka ini juga akan menjadi angka yang “keramat” bagi filmnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.