Haki merupakan salah satu kekuatan terbesar dalam cerita One Piece selain buah iblis. Mereka yang memiliki kemampuan Haki, biasanya bisa menandingi orang-orang yang memilki kemampuan buah iblis. Contohnya adalah dalam pertarungan Rayleigh melawan Kizaru. Rayleigh merupakan salah satu karakter yang memiliki kemampuan Haki, dan dia bisa menahan serangan bentuk asli dari Kizaru yang merupakan pengguna Logia.

Mungkin sebagian besar fans One Piece ada yang sudah mengetahui bahwa selain Luffy, ada dua orang karakter lainnya di kru Topi Jerami yang memiliki kemampuan Haki. Mereka adalah Zoro dan Luffy. Untuk zoro, sebenarnya dia sudah lama memiliki kemampuan ini, tapi baru pasca time-skip Zoro bisa menggunakan kemampuan Haki Senjata miliknya untuk digunakan kepada pedangnya.

Sama hal nya dengan Zoro, Sanji pun sama. Baru pasca time-skip para fans mengetahui bahwa Sanji memiliki Haki Penglihatan, meskipun sebenarnya para fans sudah menduga sejak lama. Dan informasi mengenai kemampuan Haki ketiga karakter ini kemudian dikonfirmasi oleh Eiichiro Oda, selaku kreator dari series One Piece.

Dalam sebuah SBS, Oda Sensei mendapatkan pertanyaan mengenai siapa saja di kru Topi Jerami yang memiliki kemampuan Haki. Dan seperti yang sudah diduga, trio monster tersebut yang menjadi jawaban dari Oda Sensei. Menurutnya, Luffy memiliki kemampuan Haki Penguasa, Zoro Haki Senjata, dan Sanji adalah Haki Penglihatan.

Tapi, tentunya meskipun sudah diketahui mereka bertiga memiliki kemampuan Haki, bukan berarti mereka tidak akan meningkatkan kemampuan Haki mereka. Apalagi, setelah kita melihat bagaimana Luffy mengalami peningkatan untuk Haki Penglihatannya setelah melawan Katakuri. Seperti yang kita ketahui, pertarungan melawan Katakuri adalah pertarungan terberat yang pernah Luffy alami untuk saat ini.

Bukan tanpa alasan, Katakuri memiliki kemampuan untuk melihat ke masa depan, melihat apa gerakan Luffy selanjutnya. Hal ini jelas membuat Luffy kerepotan. Tapi, setelah mengalami tekanan yang cukup berat, pada akhirnya Luffy berhasil membuka kemampuan tersebut dan Luffy memiliki kemampuan yang sama – namun lebih baik – dibandingkan Katakuri.

Karena itulah, Zoro dan Sanji pun akan mengalami hal serupa. Zoro akan menguasai Haki Senjata dengan sangat baik. Zoro akan berada di tingkatan yang sama dengan Mihawk dan yang lainnya, dimana dia bisa mengubah pedang menjadi sebuah senjata mematikan yang bisa menghancurkan apapun. Sama halnya seperti Yoru yang dimiliki oleh Mihawk.

Sedangkan Sanji, akan menguasai kemampuan penglihatan sampai pada tingkatan yang lebih lanjut. Mungkin, Sanji juga akan bisa melihat ke masa depan seperti Luffy dan melihat apa yang akan dilakukan oleh musuhnya. Lalu, bagaimana dengan Luffy? Sama seperti kedua rekannya, Luffy juga kemungkinan akan semakin meningkatkan Haki Penguasanya.

Sampai saat ini, memang kita belum mengetahui bagaimana bentuk kekuatan lanjutan dari Haki Penguasa selain bisa membuat orang tidak sadarkan diri. Bisa jadi level selanjutnya adalah kemampuan Haki Penguasa milik Luffy akan sama seperti Haki Penguasa milik Shanks, dimana Haki Penguasa miliknya bisa merusak sebuah benda seperti kapal Moby Dick milik Whitebeard. Kita nantikan saja ya Geeks peningkatan kekuatan yang dialami oleh ketiga kru Topi Jerami tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.