Selain Luffy, kru Topi Jerami, Kidd, Law, serta Kaido, sosok Momonosuke juga menjadi salah satu karakter utama yang muncul di arc Wanokuni. Seperti yang kita tahu, Momonosuke merupakan anak dari pasangan Kozuki Oden dan juga Kozuki Toki. Saat Oden tewas karena eksekusi Kaido, usia Momo pada saat itu sekitar 5-7 tahun.

Toki kemudian mengirimkan Momonosuke beserta beberapa anggota Red Scabbards seperti Kinemon dan Kanjuro pergi ke masa depan, tepatnya ke 20 tahun yang akan datang. Hal itu sesuai dengan apa yang menjadi ramalan Oden, dimana akan ada sebuah kekuatan besar yang bisa mengalahkan Kaido beserta Orochi. Tapi, perjalanan waktu tersebut memiliki konsekuensi.

Ketika sang adik, Kozuki Hiyori, tumbuh dengan normal sebagai seorang gadis cantik lain halnya dengan Momonosuke. Karena ketika dia melakukan perjalanan waktu usianya masih kecil, saat dia kembali ke Wano pun usianya masih sekitar 5-7 tahun. Dilihat dari segi mental pun, Momo memang masih seperti anak kecil layaknya Coby. Hal ini memunculkan sebuah pertanyaan, apakah Momonosuke akan tetap  berada dalam situasi dan kondisi seperti itu sampai akhir chapter? Atau sampai akhir cerita One Piece?

Saat ini Momonosuke sedang berada dalam sebuah pertempuran besar bersama Luffy dan yang lainnya. Momo jelas tidak bisa apa-apa, karena tidak memiliki cukup kekuatan untuk sekedar mengayunkan pedang andalannya Ame no Habakiri. Padahal pedang tersebut merupakan salah satu pedang legendaris yang pernah melukai tubuh Kaido. Karena masalah usia jugalah banyak para fans yang menganggap Momo tidak lebih dari sekedar simbol saja tanpa ada kontribusi apapun.

Kembali ke pertanyaan awal, apakah Momo akan tetap seperti ini untuk jangka waktu yang lama? Atau ada cara lain untuk menyesuaikan usia Momo? Jika harus menunggu selama 20 tahun lagi, agar tubuhnya bisa sesuai, maka artinya usianya sudah 40 tahun meskipun badannya berusia 20 tahun. Satu-satunya cara untuk “menormalkan” sosok Momo adalah dengan bantuan dari kekuatan buah iblis Jewelry Bonney.

Seperti yang kita tahu, Bonney memiliki kemampuan untuk mengendalikan usia. Misalnya dia bisa membuat orang dewasa kembali menjadi anak-anak atau justru berubah menjadi sosok tua. Sosok Bonney sendiri saat ini memang tidak diketahui keberadaannya, setelah terakhir kali dia mencoba untuk membantu menyelamatkan Kuma di Mary Geoise. Bonney juga sangat kecil untuk datang ke Wano.

Lalu, bagaimana caranya Momo (dan Luffy) bertemu dengan Bonney? Bisa jadi mereka memang sengaja bertemu di suatu tempat atau secara tidak sengaja. Oleh karena itulah, Momo kemungkinan akan ikut bersama Luffy untuk berpetualang dan tidak menjadi Shogun Wano. Selain untuk menambah pengalamannnya, petualangan tersebut juga menjadi salah satu upaya Momo untuk mencari sosok Bonney dan meminta bantuannya untuk mengembalikan tubuh Momonosuke.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.