Franchise Thor memang telah berubah secara signifikan setelah film Thor: Ragnarok. Bukan hanya perubahan dari sisi tone filmnya tetapi juga dari segi ceritanya. Thor diperlihatkan mendapat nasib menyedihkan di mana ia kehilangan Asgard dan Mjolnirnya. Pasca kehilangan Mjolnir, ia kemudian membuat senjata baru bernama Strombreaker yang kemudian diperlihatkan dalam film Infinity Wars dan Endgame. Setelah kedua film tersebut, Thor juga akan membawa Strombreaker ke petualangan berikutnya dalam film Thor: Love and Thunder alias Thor 4 yang akan memperluas kisah dari Thor itu sendiri.

Marvel Studios sendiri telah menghadirkan beberapa karakter yang beken dan berkaitan dengan franchise Thor seperti Lady Sif, Warriors Three, Valkyrie. Beberapa di antara karakter beken yang belum pernah dimunculkan adalah Hercules, Enchantress, Balder the Brave, dan Beta Ray Bill. Padahal dalam komiknya, keempat karakter tersebut sangat berkaitan erat dengan cerita Thor. Bahkan sosok Beta Ray Bill lah di antara semuanya yang paling mungkin dapat segera bergabung ke MCU, karena ia sebenarnya adalah pemilik dari Strombreaker.

Beta Ray Bill & Strombreaker di Marvel Comics

Pada tahun 1983, Beta Ray Bill lahir dari imajinasi penulis Thor yaitu Walt Simonson, yang ingin mengeksplorasi ide tentang seseorang yang mungkin layak menggunakan Mjolnir selain Thor. Oleh sebab itu Simonson menciptakan Beta Ray Bill, seorang anggota ras alien Korbinites. Suatu ketika, sebuah pertemuan di luar angkasa menyebabkan Thor dan Beta Ray Bill saling bertarung. Namun setelah sebuah insiden yang menyebabkan Thor kembali ke kepribadian manusianya yang bernama Donald Blake, Beta Ray Bill lantas mengambil alih sementara Mjolnir dan mendapatkan kekuatan serta armor ikonik Thor.

Beta Ray Bill beranggapan bahwa Mjolnir dapat menjadi penyelamat bagi rasnya. Ia lantas mengklaim pemilik dari palu tersebut, tetapi akhirnya Thor datang dan menolak klaim tersebut. Thor kemudian membawa masalah ini ke Odin, dan Odin memutuskan bahwa satu-satunya cara untuk menyelesaikan sengketa kepemilikan Mjolnir adalah dengan bertarung hingga mati di Skartheim, sebuah planet panas yang memiliki banyak api di dalamnya. Beta Ray Bill dapat berhasil memenangkan pertarungan, tetapi ia memenangkan pertarungan tersebut karena tahan terhadap panas yang ada di planet tersebut.

Walau memenangkan pertarungan, tetapi Beta Ray Bill memilih untuk tidak membunuh Thor. Ia kemudian menanyakan kepada Odin bagaimana nasibnya sekarang, tetapi Odin memutuskan bahwa Thor harus tetap menjaga Mjolnir, dan Beta Ray Bill harus diberi senjata dengan kekuatan yang sama seperti Mjolnir. Kemudian Odin memerintahkan Beta Ray Bill untuk membuat kapak yang diberi nama Strombreaker untuk digunakannya. Sejak itu Beta Ray Bill telah menggunakan Strombreaker untuk melindungi galaksi dari berbagai ancaman, dan kadang-kadang ia kembali ke Bumi untuk bekerja sama dengan Thor.

Bagaimana Beta Ray Bill Dapat Masuk di Thor 4

Pintu memang terbuka bagi Beta Ray Bill untuk muncul di MCU. Beta Ray Bill sendiri memang pernah diperlihatkan di Thor: Ragnarok di mana saat itu diperlihatkan salah satu patung dari Beta Ray Bill di Sakaar. Awalnya, Beta Ray Bill memang akan dimasukan dalam film Thor: Ragnarok, tetapi Kevin Feige memutuskan untuk memotong bagian tersebut. Ini menunjukkan bahwa Marvel memang ingin menggunakan karakter Beta Ray Bill dan hanya masalah waktu saja sebelum karakter itu muncul.

Film Thor: Love and Thunder sendiri akan menceritakan tentang petualangan kosmik. Hal itu terungkap lewat kabar yang menyebutkan bahwa villain Thor: Love and Tunder yang diperankan oleh Christian Bale akan menjadi karakter “intergalaksi”. Apa pun pertempuran yang akan dilakukan oleh Thor, Valkyrie, dan Janes Foster jelas akan membawa mereka ke luar angkasa. Ending film Avengers: Endgame pun telah memperlihatkan saat Thor pergi bersama Guardians of the Galaxy ke luar angkasa. Jadi sangat mungkin sekali jika Thor: Love and Thunder akan memperlihatkan pertarungan di luar angkasa. Mungkin saja saat Thor dan teman-temannya di luar angkasa, mereka menemukan salah seorang prajurit Korbinite, dan itu adalah Beta Ray Bill.

Bagaimana Beta Ray Bill bisa mendapatkan Strombreaker?

Bisa jadi Beta Ray Bill akan diberikan Strombreaker, tetapi apakah Thor akan menyerahkan senjatanya yang kuat tersebut begitu saja? Mungkin saja Thor: Love and Thunder akan menceritakan perjalanan terakhir bagi Thor versi Chris Hemsworth. Kita tahu bahwa Thor memiliki franchise terpanjang di MCU, dan rasanya sudah saatnya Marvel terus bergerak dengan pahlawan baru.

Jika Marvel benar-benar akan menyelesaikan Thor versi Chris Hemsworth di MCU, Marvel bisa menceritakan saat Thor ingin untuk memenuhi keinginan ayahnya dan berkomitmen penuh untuk menjadi raja Asgard (memimpin Asgard baru di Bumi). Begitu ia menjadi raja di Asgard, Thor bisa beristirahat untuk menggunakan palunya dan membiarkan orang lain yang mengambil alih peran sebagai God of Thunder. Jane Foster dipastikan menjadi Mighty Thor di Love: and Thunder, tetapi begitu pula dengan Beta Ray Bill yang merupakan pemilik sah dari Strombreaker di Marvel Comics. Bisa jadi bahwa Jane Foster dan Beta Ray Bill akan bersamaan menjadi penerus Thor di MCU.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/