Rumah produksi Walt Disney dikenal karena imajinasinya yang kaya, terutama dalam hal mengisahkan ulang dongeng atau cerita rakyat yang populer. Contohnya adalah Aladdin, Pocahontas, atau Mulan. Tapi, selain cerita yang menawan, elemen yang menarik lainnya dari berbagai film produksi Disney adalah para Disney Princess atau para putri dari cerita Disney.

Meskipun dikenal akan kecantikan dan kepribadian mereka yang kuat, para putri Disney tersebut juga ternyata memiliki kemampuan manusia super yang secara fisik membuat mereka cukup kuat. Contohnya adalah kemampuan sihir es milik Elsa, sampai kekuatan rambut yang sangat luar biasa dari Rapunzel. Bahkan, dengan kekuatan ini banyak orang-orang yang membandingkan para puteri Disney tersebut dengan tim Avengers.

Belle Menjadi Yang Terkuat?

Diantara para puteri tersebut siapa yang memiliki kekuatan paling kuat? Mulan dengan kemampuan berpedang dan bertarungnya? Untuk masalah pertarungan, memang Mulan yang paling handal tapi untuk masalah kekuatan, Belle dari cerita Beauty and the Beast adalah juaranya. Ada dua momen atau adegan yang menjadi kunci mengapa Belle yang paling kuat.

Setelah Belle setuju untuk menggantikan posisi ayahnya sebagai tawanan bagi Beasts, Belle kemudian menyelinap ke kamar Beast dan menemukan bunga mawar yang erat kaitannya dengan kutukan Beast. Mengetahui hal itu, Beast kemudian mengusir Belle dari tempatnya dan di luar dia justru dikejar-kejar oleh sekawanan serigala lapar.

Beruntung, Beast tiba tepat waktu dan berhasil menyelamatkan Belle dan Beast pun terluka. Belle yang melihat momen itu tidak begitu saja pergi, justru dia malah menyelamatkan Beast. Kita diperlihatkan Beast yang menaiki kuda milik Belle dan keduanya kemudian kembali ke dalam istana. Hal ini menjadi menarik karena pada saat itu tidak ada orang lain selain Belle dan Beast, sedangkan Beast dalam keadaan terluka. Sehingga bisa diasumsikan bahwa Belle yang memberikan “dorongan” kepada Beast untuk bisa naik ke punggung kuda.

Logikanya bagaimana hal itu terjadi jika Belle tidak memiliki kekuatan super, karena ukuran tubuh Beast dan Belle jauh berbeda. Bobot Beast mungkin lebih berat dari seekor gorilla dewasa. Kemudian momen lainnya adalah ketika Beast bertarung melawan Gaston, di akhir ceritanya. Gaston menusuk bagian dada Beast, saat dia mencoba untuk menyelamatkan Belle.

Akibat hal itu, Beast hampir terjatuh dari atas menara tapi beruntung ada Belle yang kemudian menarik tangannya. Kembali, bagaimana hal itu bisa terjadi bila Belle tidak memiliki kemampuan super atau kemampuan tertentu. Yang menariknya juga adalah ketika Belle dalam keadaan tenang ketika dia berada di dua momen tersebut. Yang artinya dia tidak membutuhkan adrenalin untuk menambah tenaga, seperti manusia pada umumnya.

Kenapa Belle Sangat Kuat?

Bagaimana Belle mendapatkan kekuatannya? Meskipun terdengar konyol dan tidak masuk akal, kemungkinan Belle merupakan Bionic Women atau manusia bionik versi Disney. Hal ini diketahui karena ayah Belle merupakan pencipta alat-alat yang membantu pekerjaan berat, seperti menciptakan alat pemotong kayu atau benda lainnya. Ayahnya, Maurice, kemungkinan menciptakan sebuah alat tambahan (misalnya lengah robot) yang dipasangkan di tubuhnya.

Kemungkinan lainnya adalah Belle mewarisi kekuatan ibunya. Sampai saat ini tidak diceritakan bagaimana ibunya meninggal, meskipun dalam versi live-actionnya diceritakan bahwa ibunya meninggal akibat wabah. Karena tidak ada informasi pasti, para fans tentunya bisa bebas berspekulasi. Misalnya Maurice sebenarnya menikahi wanita dari ras tertentu, yang memiliki kekuatan seperti para suku Amazon dalam cerita DC Comics, dimana para wanitanya sangat kuat.

Kemungkinan ketiga adalah Belle medapatkan kekuatan tersebut dari semacam kekuatan sihir. Dalam cerita Beauty & the Beast, sihir memang ada. Bahkan penyebab pangeran tersebut berubah menjadi buruk rupa seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, adalah akibat adanya kutukan dari kekuatan sihir.

Apakah Belle Tahu Jika Dia Kuat?

Setelah penjelasan diatas, pertanyaan yang selanjutnya adalah apakah Belle tahu bahwa dia sebenarnya kuat? Di satu sisi, Belle mungkin tahu jika dia memiliki kekuatan. Dia selalu dalam keadaan sadar dalam setiap keputusan yang dia ambil. Misalnya dia tahu apa resiko yang terjadi bila dia gagal menyelamatkan Beast yang akan terjatuh dari atas menara.

Tapi, jika memang begitu, mengapa Belle tidak sedari awal menghancurkan bagian istana Beast dan kemudian kabur dari sana? Kemungkinan kekuatan Belle tersebut tidak bisa digunakan untuk menghancurkan sesuatu. Contohnya ketika Belle dikejar oleh para serigala, insting yang muncul adalah kabur. Dia berusaha melindungi dirinya dan juga kudanya dengan mengayunkan ranting, namun gagal.

Kemudian ketika dia dan ayahnya dikurung oleh Gaston, Belle tidak bisa berbuat banyak. Dia harus diselamatkan oleh Chip si cangkir teh untuk bisa kabur, meskipun sebelumnya dia berusaha untuk membuka kuncinya dari dalam. Mungkin itulah kenapa kekuatannya muncul ketika menyelamatkan Beast, tapi tidak ketika dia harus melukai makhluk lain atau menghancurkan sesuatu.

Belle sadar jika dia menggunakan kekuatannya, dia akan melukai orang lain. Mungkin itulah alasan mengapa Belle tidak pernah menggunakan kekuatan tersebut dalam ceritanya, kecuali untuk menolong Beast. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan teori ini?