Produser film Avatar 2 yaitu Jon Landau memberikan beberapa detail cerita menyangkut dua karakter utamanya yaitu Jake dan Neytiri. Landau mengungkapkan bahwa filmnya nanti akan menceritakan kisah keluarga dan apa yang dilakukan seseorang untuk menjaga keluarga mereka agar tetap bersama. Landau kemudian menambahkan:

“Jake dan Neytiri memiliki keluarga dalam film ini, mereka terpaksa meninggalkan rumah mereka, dan pergi keluar dan menjelajahi berbagai wilayah Pandora, termasuk menghabiskan sedikit waktu di air. Saya pikir, mengapa orang beralih ke hiburan saat ini, dan lebih dari sebelumnya? Saya pikir itu dilakukan untuk melarikan diri dari dunia tempat kita berada, untuk melarikan diri dari tekanan yang dimiliki dalam hidup mereka… Saya pikir dengan Avatar, kita memiliki kesempatan untuk memungkinkan orang melarikan diri ke dunia yang luar biasa dengan karakter yang mereka inginkan, dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh Peter Jackson untuk Lord of the Rings, jadi itulah yang kami harapkan untuk dilakukan.” Ungkap Landau.

Film Avatar 2 kabarnya akan menyelam lebih dalam ke dunia Pandora. Menurut James Cameron, akan ada banyak adegan di lautan dalam filmnya nanti. Cameron bahkan sempat melakukan beberapa syuting di dalam air dan memilih tidak menggunakan banyak CGI untuk adegan tersebut. Menurutnya, teknologi yang diperlukan untuk melakukan syuting di bawah air adalah salah satu alasan terbesar mengapa proses pengerjaan Avatar 2 menjadi sangat lama. Mereka pun tentunya membutuhkan alat-alat khusus untuk dapat melakukan itu semua.

Film Avatar 2 dinilai memiliki jarak yang sangat panjang antara film pertama dan keduanya nanti. Ada kekhawatiran di antara beberapa orang bahwa audiens mungkin tidak berharap lagi akan adanya sekuel Avatar, karena jarak yang sangat panjang tersebut. Mudah-mudahan saja dengan fokus filmnya pada sosok Jake dan Neytiri, film Avatar 2 akan menjadi film yang dinantikan kembali oleh para penggamar.