Nama Aaron Sorkin berhasil menjalani debutnya sebagai seorang sutradara pada 2017 lalu dengan film Molly’s Game. Tapi dia tetap dikenal di dunia film sebagai seorang penulis film yang luar biasa. Salah satu karyanya yang paling dikenang adalah film The Social Network. Film yang mengisahkan masa lalu situs media sosial terbesar, Facebook, dan pendirinya, Mark Zuckerberg, yang dirilis pada 2010 silam.

Banyak yang terjadi dengan situs Facebook sejak film tersebut dirilis pada hampir satu dekade lalu. Sorkin pun berpikir bahwa sudah waktunya saat ini untuk membuat sebuah sekuel film tersebut yang menceritakan lebih dalam tentang perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut.

Pertama-tama, aku lebih banyak tahu tentang Facebook pada 2015 dibandingkan pada tahun 2018, tapi aku juga cukup tahu harus ada sebuah sekuel.

Meskipun film The Social Network diadaptasi dari buku The Accidental Billionaires yang ditulis oleh Brad Mezrich pada 2009 alu, Aaron melakukan banyak sekali riset tersendiri tentang Facebook. Hal tersebut dilakukan karena Sorkin mengerjakan naskah skripnya ketika Mezrich menyelesaikan bukunya. Meskipun saat ini masih hanya menjadi bahan diskusi, alasan Aaron untuk membuat sekuelnya adalah karena sudah cukup banyak materi tentang Facebook selama sembilan tahun terakhir ini, untuk bisa diangkat ke layar lebar.

Dan ternyata, bukan hanya Sorkin yang tertarik untuk membuat film The Social Network 2. Saat melanjutkan wawancaranya dengan AP Entertainment, Sorkin mengatakan:

Banyak hal yang sangat menarik dan dramatis terjadi sejak filmnya berakhir dengan penyelesaian masalah hukum dengan Winklevoss bersaudara dan Eduardo Saverin. Dan Scott Rudin, yang memproduseri The Social Network, aku menerima lebih dari satu email darinya dengan sebuah artikel yang ditautkan sambil mengatakan, ‘bukankah ini waktunya untuk sebuah sekuel?’

BACA JUGA: 15 Fakta Mengenai Loki, God of Mischief!

Memang sudah banyak yang terjadi dengan Facebook dalam beberapa tahun belakangan ini. Salah satunya adalah bocornya data jutaan pengguna Facebook, yang diduga dilakukan oleh sebuah perusahaan yang bekerja sama dengan Facebook. Yang paling penting dari filmnya adalah kembalinya Jesse Eisenberg dalam memerankan Mark Zuckerberg.