Loki adalah karakter dari Marvel Comics yang memiliki banyak julukan, Prince of Lies, God of Mischief, Son of Secrets, dan di filmnya diperankan oleh Tom Hiddleston. Tidak banyak orang yang tahu mengenai karakter sang Dewa Penipu ini, selain penggemar komik dan mitologi Norse tentunya. Berkat kehadirannya di MCU ia kini dikenal sebagai saudara angkat Thor yang licik, namun disukai banyak orang, dan hampir menguasai Kota New York dan Asgard. Namun, tahukah Geeks kalau Loki sebenarnya sangat suka menyamar menjadi perempuan, seorang panseksual, dan hampir menjadi Jim Carrey?

Loki seringkali bermain sebagai supervillain yang selalu berencana untuk menggulingkan Asgard dan membuat saudara angkatnya terlihat bodoh. Hal inilah yang ditampilkan di dalam film Thor pertama pada tahun 2011. Namun, sebenarnya ia sudah sering melakukan hal ini semenjak kehadirannya di komik pada tahun 1962, lewat Journey into Mystery #85. Di dalam artikel ini akan diungkap 15 hal tersembunyi mengenai Loki, yang bahkan tidak diketahui oleh penghuni Asgard. Simak terus artikel ini untuk mengetahuinya!


15. Aslinya Memiliki Rambut Merah dan Bukan Saudara Thor


Sebelumnya sudah diberitahukan kalau versi modern Loki muncul di dalam Journey into the Mystery #85, di mana ia terungkap sebagai saudara tiri Thor. Tindakan usilnya nanti akan membuatnya terkenal, sama seperti di MCU, yakni membuat para superhero Marvel membentuk tim Avengers. Namun, penampilan Loki sebenarnya telah lama muncul, bahkan sebelum nama Marvel terbentuk.

Dengan rambut merah dan kostum merah muda, Dewa Penipu ini telah hadir pada tahun 1949 di dalam komik Venus #6. Komik ini dipublikasikan oleh Timely Comics, nama sebelum Marvel Comics, dan menceritakan kisah Venus dari mitologi Yunani. Loki sendiri mengisi peran Hades, Dewa Kematian dari mitologi Yunani, sehingga melepaskannya dari mitologi Norse dan Asgard. Loki kemudian dibuat ulang oleh Stan Lee dan Jack Kirby sebagai Dewa Penipu yang kini kita kenal.


14. Ayahnya Ternyata adalah Ibunya


Kemampuan Loki yang dapat merubah gender ternyata diwarisi dari ayahnya, atau bisa dibilang sebagai ibunya. Meski diadopsi oleh Odin, Loki Laufeyson bukanlah orang asli dari Asgard. Seperti nama belakangnya, ayah Loki adalah Laufey. Namun, menurut mitologi Norse Laufey teryata adalah seorang wanita dan ibu dari Loki.

Yang semakin mencengagkan para penggemar, Marvel rupanya juga merubah gender dari ibu asli loki. Di dalam komik Marvel ibu Loki bernama Farbauti, namun di dalam mitologi Norse “ibunya” ini sebenarnya adalah ayah Loki yang bernama Farbauti.


13. Frost Giant dengan Ukuran Kecil


Film Thor pertama pada tahun 2011 menceritakan mengenai ras asli Loki, yakni Raksasa Es dari Jotunheim. Manusia raksasa dengan kulit biru dan tinggi sekitar 25 kaki inilah ras ayahnya Laufey dan ibunya Farbauti. Mengingat kedua orangtuanya adalah raksasa es, Loki seharusnya terlihat seperti mereka.

Namun, rupanya Loki terlahir dengan tubuh kecil. Hal inilah yang membuat kedua orangtuanya kecewa dengan kelahiran Loki. Ia kemudia dikurung dan disembunyikan, hingga Odin menyerang Jotunheim dan menemukan Loki kecil untuk diadopsi.


12. Pernah Menjadi Wanita


Salah satu kemampuan Loki yang menarik adalah kemampuannya untuk berubah bentuk. Kemampuannya ini hampir tidak memiliki batas. Namun, sepanjang sejarah ia menggunakan kemampuannya ini, tidak ada yang paling edan selain ketika ia berubah menjadi seorang wanita utuh! Di dalam mitologi Norse sendiri Loki pernah menjadi wanita pemerah susu dan melahirkan beberapa anak.

Marvel kemudian memutuskan untuk mengadaptasi mitologi ini dalam beberapa cerita. Sebagai contoh di dalam komik Loki: Agent of Asgard di tahun 2014, ia seringkali merubah wujudnya menjadi laki-laki dan wanita untuk menipu orang-orang di sekitarnya. Ia juga pernah menyamar menjadi Scarlet Witch di dalam komik Might Avengers. Lebih gila lagi Loki pernah merasuki tubuh Lady Sif, yang saat itu tengah menjalin hubungan romantis dengan Thor. Untuk merebut Asgard, sang Dewa Penipu ini kemudian menipu Thor untuk tidur dengannya, meski ia merasuki tubuh Lady Shif!


11. Pernah Mati


 

Setiap karakter superhero atau supervillain pastinya pernah mati. Begitu pula dengan Loki. Hal ini sebelum terjadi di dalam film MCU, terjadi pada tahun 2010 di dalam komik Siege. Pada waktu itu Loki menipu para karakter Marvel untuk menyerang Asgard, yang pada saat itu berada di dalam Amerika Serikat.

Di dalam komik, Sentry yang bertugas menjaga Asgard, berubah menjadi alter-egonya yang gila dan jahat bernama Void. Ia menghancurkan Asgard dan merobek Loki menjadi dua. Dengan napas terakhirnya ia meminta maaf kepada Thor, atas tindakan yang ia lakukan selama ini. Tentu saja karena ini adalah komik, Loki akan terlahir kembali. Namun, Loki yang terlahir kembali berbeda dengan Loki yang sebelumnya, karena sudah dikonfirmasi kalau Loki yang sebelumnya telah mati.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2